fbpx

Meninjau Negara Bagian di Amerika yang Rentan Terhadap Penurunan Pelajar Internasional

Universitas-universitas negeri yang berada di California, Florida, dan Maryland merupakan universitas yang paling rentan mengalami penurunan jumlah pelajar internasional di Amerika. Hal ini dihimpun melalui analisis data yang dilakukan oleh Times Higher Education.

Penelitian ini menggunakan perbandingan antara persentase biaya perkuliahan pelajar dalam dan luar negeri di universitas yang ada di Amerika. Bagaimanapun, jumlah perbedaan biaya perkuliahan tersebut dapat menunjukkan keuntungan yang didapat oleh setiap universitas.

Indikator kerentanan

California - negara bagian paling rentan terhadap penurunan pelajar internasional di Amerika
University of California. Sumber: thoughtco.com

Dalam penilaian ini, setiap negara bagian di Amerika diberikan nilai 1 sampai 5 untuk setiap pennilaian. Kemudian, nilai kerentanan keseluruhan berada pada rentang 1 sampai 10, dengan angka 10 menunjukkan tingkat kerentanan yang sangat tinggi.

Berdasarkan data tersebut, memang tidak ada negara bagian yang mendapatkan nilai 10. Akan tetapi, terdapat tiga negara bagian yang mendapatkan nilai 9, yakni California, Florida, dan Maryland.

Rata-rata biaya perkuliahan untuk pelajar internasional di Florida mencapai US $16.000 (Rp235.352.000,-). Jumlah tersebut setara dengan tiga kali lipat biaya perkuliahan pelajar lokal, yakni sekitar US $5.000 (Rp73.547.500,-). Otomatis, hal ini membuat Sunshine State menjadi negara bagian dengan perbedaan persentase biaya perkuliahan paling besar.

California dan Maryland secara relatif juga memiliki perbedaan yang cukup besar antara biaya perkuliahan pelajar internasional dan lokal. Akan tetapi, nilai kerentanan mereka lebih banyak disebabkan oleh persentase jumlah pelajar internasional yang ada.

Negara dengan tingkat kerentanan rendah

Alabama - negara bagian paling tidak rentan terhadap penurunan pelajar internasional di Amerika
Alabama State University. Sumber: alasu.edu

Di sisi lain, institusi negeri di Alabama, Louisiana, dan South Carolina menjadi paling tidak rentan terhadap penurunan pelajar internasional. Masing-masing negara bagian mendapatkan nilai 3. Untuk Louisiana dan South Carolina, keduanya termasuk negara bagian yang paling sedikit mengalami penurunan jumlah pelajar internasional pada tahun 2014 hingga 2018.

Pada dasarnya, sektor pendidikan tinggi di Amerika Serikat semakin mengkhawatirkan penurunan jumlah pelajar internasional akibat pandemi. Selain itu, sejumlah kebijakan imigrasi yang tidak menguntungkan pelajar internasional menjadi sejumlah hambatan yang dihadapi oleh Amerika Serikat.

Berdasarkan hasil studi awal dari National Student Clearinghouse Research Center yang diterbitkan pada September 2020, terungkap bahwa akan terdapat penurunan jumlah pelajar internasional sebesar 11% dalam pendaftaran universitas. Kemudian, berdasarkan survei yang dilakukan oleh Centre for Global Higher Education, hanya ada 1 dari 5 pelajar saja yang tertarik untuk melanjutkan studi di Amerika setelah COVID-19 berakhir.

Tingkat kerentanan dengan penanggulangan COVID-19

New York University. Sumber: poetsandqantsforexcs.com

Well, apabila kita membicarakan negara bagian yang paling atraktif bagi pelajar internasional, tentu saja California dan Florida menjadi jawaban. Adanya komunitas internasional yang sangat multikultur membuat kedua negara bagian ini menjadi favorit pelajar internasional. Akan tetapi, ternyata kedua negara bagian ini malah mendapatkan nilai kerentanan paling parah.

Diperkirakan, nilai tersebut berasal dari upaya penanggulangan COVID-19 yang tidak terlalu baik. Maka dari itu, pelajar internasional menjadi enggan menjadikan California dan Florida sebagai negara tujuan.

Di sisi lain, New York mendapatkan nilai kerentanan 7 karena biaya hidup yang lumayan tinggi dibandingkan negara bagian lainnya. Akan tetapi, negara bagian ini mendapatkan nilai yang tidak terlalu parah karena upaya mereka dalam menanggulangi COVID-19 patut diacungi jempol dan lebih baik bila dibandingkan dengan California dan Florida.

Baca juga bagaimana mahasiswa baru di Amerika Serikat dapat beradaptasi saat pandemi COVID-19.

For Your Information

Manakah negara bagian di Amerika yang paling rentan terhadap penurunan pelajar internasional?

Berdasarkan data yang ada, California, Florida, dan Maryland menjadi negara bagain paling rentan mengalami penurunan jumlah pelajar internasional.

Apa penyebab dari kerentanan tersebut?

Salah satu penyebab utamanya adalah, perbedaan biaya perkuliahan yang dicanangkan serta upaya dari negara bagian tersebut dalam menghadapi COVID-19.

Ingin mengetahui cerita lain di Alabama?