fbpx

Mengupas Tips Hidup Hemat Selama Tinggal dan Kuliah di Hong Kong

Well, banyak yang merasa bahwa melanjutkan studi di Kawasan Asia TImur bisa memakan biaya yang cukup mahal, meski tergolong murah bila dibandingkan dengan kuliah di Kawasan Eropa. Akan tetapi, bukan berarti kamu tidak bisa hidup sederhana. Kali ini, kami akan membahas lebih lanjut mengenai tips hidup hemat yang bisa kamu manfaatkan selama kuliah di Hong Kong.

Pada dasarnya, Hong Kong dikenal sebagai salah satu pusat pendidikan tinggi di Kawasan Asia TImur. Sejumlah universitas terkemuka di dunia berada di Hong Kong. Kamu bisa menemukan daftar lengkapnya di tautan berikut ini. Biaya perkuliahan di universitas-universitas tersebut biasanya berkisar pada US $11.500 hingga US $34.000 per tahunnya (Rp170-500 juta).

Akan tetapi, tenang saja, Kawan Rantau. Akan ada banyak jalan menuju Roma. Jadi, jangan heran apabila akan ada banyak tips supaya kamu bisa hidup hemat di Hong Kong. Berikut merupakan sejumlah hal yang dapat kamu lakukan dan manfaatkan:

Manfaatkan asrama kampus

Tips hidup hemat di Hong Kong - tinggal di asrma kampus
Sumber: eduhk.hk

Pada dasarnya, ketika kamu memilih akomodasi dalam kampus, alias asrama, kamu bisa menikmatinya dengan biaya yang lebih murah. Iya, biaya asrama kampus tentu akan jauh lebih murah dibandingkan dengan akomodasi luar kampus.

Kemudian, biasanya keadaan asrama akan jauh lebih bersih dan nyaman, kecuali kalau teman sekamarmu bukan orang yang cinta kebersihan. Selain itu, sejumlah hal yang bisa menjadi keistimewaan dari tinggal di asrama adalah, jarak asrama dengan kampus yang relatif dekat serta banyaknya kegiatan sosial yang bisa kamu hadiri. Otomatis, kamu tidak akan merasa sendirian dan kekurangan teman.

Gunakan transportasi umum

Tips hidup hemat di Hong Kong - manfaatkan transportasi umum
Sumber: geoexpat.com

Ketika kamu butuh bepergian di dalam Hong Kong, maka kamu bisa memanfaatkan transportasi umum yang tersedia di negara tersebut. Pada dasarnya, sistem transportasi Hong Kong dikenal sebagai salah satu sistem transportasi paling efektif di dunia. Jadi, kamu tidak perlu khawatir dengan kualitas dari transportasi yang ada.

Terkadang, kamu bisa melakukan perjalanan di Hong Kong dari ujung ke ujung dengan biaya yang lebih murah dari segelas kopi. Pilihan yang sangat menguntungkan, bukan?

Memilih tempat makan

Sumber: scr.hku.hk

Tinggal dan kuliah di Hong Kong bukan berarti membuatmu harus makan di restoran terkemuka. Bahkan, inilah saatnya bagimu menjadi “warga lokal” Hong Kong. Pada dasarnya, banyak sekali pilihan kuliner yang ramah kantong mahasiswa. 

Maka dari itu, kamu bisa bertanya dengan kawan karibmu di perkuliahan. Pastinya, mereka akan membantumu mendapatkan makanan yang enak dan murah.

Tentunya, salah satu tips hidup hemat yang tidak dapat dipisahkan adalah masak secara mandiri. Iya, biasanya, ketika memasak sendiri, kamu bisa menghemat lebih banyak uang makan ketika berada di Hong Kong.

Memaksimalkan penggunaan diskon mahasiswa

Tips hidup hemat di Hong Kong - Manfatkan diskon pelajar
Sumber: thankgoditsglutenfree.wordpress.com

Sebagai seorang pelajar, kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat saat berwisata di Hong Kong. Dengan memiliki kartu pelajar, kamu bisa mendapatkan sejumlah diskon dari museum, bioskop, perusahaan transportasi, restoran, atau bahkan ritel-ritel tertentu. Jadi, tentu kamu bisa mendapatkan banyak hal di Hong Kong dengan harga di bawah pasaran. 

Demikianlah sejumlah tips hidup hemat bagi kamu yang ingin kuliah di Hong Kong. Apakah kamu tips lainnya, Kawan Rantau? Kalau iya, jangan lupa untuk mengupayakan hidup hemat sehingga kamu tidak merana di tengah jalan.

Baca juga kisah orang Indonesia yang hadapi COVID-19 saat berada di Hong Kong.

For Your Information

Apakah biaya hidup termasuk terjangkau?

Pada dasarnya, apabila dibandingkan dengan biaya hidup di Amerika dan Eropa, tentu hidup di Hong Kong akan relatif lebih terjangkau.

Apa yang bisa saya lakukan untuk bisa hidup hemat di Hong Kong?

Ada banyak cara, Kawan Rantau. Temukan jawaban lengkapnya di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Hong Kong?