Mengupas Rekomendasi Kuliah Kebidanan di Australia

Salah satu profesi di bidang kesehatan yang banyak menjadi incaran adalah bidan. Dengan demikian, banyak pula para pelajar dari Indonesia yang ingin melanjutkan studi di bidang ini di luar negeri. Lalu, kira-kira universitas mana sajakah di Australia yang menawarkan program kuliah kebidanan yang menjadi rekomendasi terbaik?

Sebetulnya, ada banyak sekali program kebidanan yang ditawarkan oleh universitas-universitas yang ada di Australia. Mulai dari program sarjana hingga pasca sarjana. Berikut beberapa rekomendasinya untukmu.

The University of Queensland

Rekomendasi kuliah kebidanan Australia - The University of Queensland
University of Queensland. Sumber: change.org

Menempati posisi ke 47 dalam QS World University Rankings 2020, The University of Queensland juga menawarkan program kebidanan favorit di Australia.

Program kebidanan dari the University of Queensland telah mendapatkan akreditasi dari the Australian Nursing and Midwifery Accreditation Council. Hal ini memungkinkan lulusannya bisa mendapatkan kerja selepas kuliah.

Untuk program sarjana, kamu diharuskan menjalani masa perkuliahan selama 3 tahun. Selain itu, kamu juga bisa mengambil program dual degree ketika menjalani program ini. Nantinya, kamu bisa mendapatkan gelar kebidanan dan keperawatan sekaligus.

Monash University

Rekomendasi kuliah kebidanan Australia - Monash University
Monash University. SUmber: timeshighereducation.com

Berbeda dengan The University of Queensland yang menawarkan program perkuliahan selama tiga tahun, program kebidanan Monash University akan menghabiskan waktu empat tahun.

Ketika kamu menjalani perkuliahan di program ini, maka kamu akan banyak mendapatkan pengetahuan tentang biosainds, konteks sosiokultural dari kesehatan dan penyakit, teori dan praktis kebidanan, serta praktik secara profesional.

Dengan menjadi siswa dari program kebidanan Monash University, kamu juga bisa mendapatkan pengalaman klinis di sejumlah pusat kesehatan terkemuka di Victoria, seperti Monash Medical Centre, The Alfred, Peninsula Health, dan lainnya. Kamu juga berkesempatan untuk ditempatkan di Swedia maupun Inggris sebagai bentuk program pertukaran pelajar.

University of Newcastle Australia

Rekomendasi kuliah kebidanan Australia - The University of Newcastle
University of Newcastle. Sumber: www. newcastle.edu.au

Di University of Newcastle Australia, selain program sarjana, mereka juga menyediakan program pasca sarjana. Dengan menjadi mahasiswa kebidanan dari universitas ini, kamu akan mendapatkan pemahaman mendalam mengenai teori dan praktis kebidanan kontemporer.

Untuk program sarjana, kamu akan membutuhkan waktu 3 tahun untuk menyelesaikannya. Sedangkan, untuk program pasca sarjana, kamu akan membutuhkan waktu 1 tahun untuk program full time dan hingga 4 tahun untuk program part time.

Berita baiknya, program kebidanan dari University of Newcastle ini juga telah mendapatkan akreditasi dari the Nursing and Midwifery Board of Australia.

Itulah sejumlah rekomendasi kuliah kebidanan di Australia yang patut kamu pertimbangkan. Selain itu, ada juga Victoria University, Charles Darwing University, dan juga Griffith University juga menjadi universitas pilihan yang menawarkan program ini.

Kalau kamu sendiri? Manakah yang menjadi favoritmu? Jangan lupa juga untuk membaca program Keperawatan dari University of Pennsylvania, program Keperawatan terbaik di dunia.

Apakah saya bisa kuliah kebidanan di luar negeri?

Kebidanan sebagai salah satu program studi di bidang kesehatan menjadi salah satu program favorit. Tentu, ada banyak kesempatan bagimu untuk kuliah jurusan ini di luar negeri.

Apakah ada program S2 kebidanan di luar negeri?

Melanjutkan studi S2 di bidang kebidanan tentu menjadi impian para lulusan kebidanan di Indonesia. Berita baiknya, banyak sekali program S2 kebidanan yang ditawarkan.

Di mana saya bisa kuliah kebidanan di Australia?

Ada sejumlah universitas di Australia yang menawarkan program kebidanan. Untuk mengetahui lebih lanjut, kamu bisa membaca rekomendasi kami melalui artikel berikut ini.