fbpx

Mengupas Keuntungan Apabila Kamu Mengambil Program Kuliah Daring

Universitas di berbagai belahan dunia sekarang menerapkan proses pembelajaran jarak jauh karena pandemi COVID-19. Bermodalkan laptop, akses internet, dan juga materi pembelajaran, pembelajaran jarak jauh bisa dilakukan tanpa perlu bertatap muka langsung. Apabila kamu ingin mendaftar di universitas untuk tahun ajaran ini, ada baiknya kamu pertimbangkan keuntungan untuk mengambil program kuliah daring berikut ini.

Bisa mendapatkan gelar di mana saja

Keuntungan kuliah daring - dapat gelar di mana saja
Sumber: pexels.com

Dengan mengambil program kuliah daring, keuntungan yang jelas akan kamu dapatkan adalah, kamu bisa mengikuti keseluruhan proses perkuliahan di mana saja. Kamu tidak perlu datang ke kampus untuk mendapatkan perkuliahan. Asalkan kamu memiliki akses internet, kamu bisa menyelesaikan perkuliahanmu.

Setidaknya, dengan mengambil program ini, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya akomodasi dan juga perjalanan. Menarik, bukan?

Program kuliah daring bisa lebih terjangkau

Sumber: pexels.com

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, dengan mengambil program kuliah daring, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk akomodasi dan juga transportasi. Kamu bisa menjalani perkuliahan dari rumah.

Akan tetapi, memang ada satu hal yang menjadi perhatian para pelajar untuk mengambil program ini, yakni biaya perkuliahan. Memang untuk para pelajar internasional, biaya perkuliahan untuk kuliah daring akan disamakan dengan mereka yang berkuliah penuh waktu.

Berita baiknya, ada juga universitas yang menyediakan beasiswa untuk program ini, sebagai contoh adalah Penn State World Campus Scholarship untuk program kuliah daring di Pennsylvania State University.

Disiplin terhadap diri sendiri

Keuntungan kuliah daring - latihan disiplin
Sumber: pexels.com

Untuk bisa menyelesaikan program perkuliahan secara daring, kamu harus menyadari bahwa kamu butuh disiplin terhadap diri kamu sendiri. Manajamen waktu sangatlah penting untuk menyelesaikan program ini. Maka dari itu, sikap inilah yang akan terlatih ketika kamu menjalani program kuliah daring.

Jauhkan berbagai macam godaan supaya kamu bisa tetap fokus akan perkuliahanmu.

Mendapatkan gelar yang terakdreditasi

Sumber: pexels.com

Meskipun program perkuliahan ini dilakukan secara daring, bukan berarti gelarmu tidak berguna. Gelar yang kamu dapatkan dari perkuliahan di institusi terkemuka di dunia telah diakdreditasi. Jadi, kamu tak perlu khawatir.

Dengan gelar yang kamu dapatkan tersebut, kamu bisa menempuh karir yang kamu mau.

Sistem yang jauh lebih fleksibel

Keuntungan kuliah daring - fleksibel
Sumber: pexels.com

Dengan mengambil program perkuliahan daring, kamu akan memiliki jadwal yang lebih fleksibel. Apalagi kalau kamu perlu melakukan kegiatan lain, maka mengambil program ini menjadi suatu hal yang bijak. Tentu pada satu waktu, kamu akan diminta untuk berkunjung ke kampus. Akan tetapi, bisa menjadi kunjungan tahunan.

Yang pasti, sistem perkuliahan secara daring akan berjalan jauh lebih fleksibel. Kamu bisa melakukan komunikasi dan interaksi dengan kawanmu melalui surel atau lainnya.

Jadi, di tingah krisis seperti, pembelajaran secara daring memang sangat memungkinkan untuk dilakukan. Tentu, program satu ini menjadi pilihan yang bijak. Apakah kamu setuju, Kawan Rantau?

Sign-up untuk info kehidupan di luar negeri lainnya!

* indicates required

Baca juga dampak COVID-19 terhadap status visa pelajar internasional.

For Your Information

Apa keuntungan mengambil program perkuliahan secara daring?

Baca artikel ini untuk tahu jawabannya lebih lanjut.

Bagaimana dengan gelar yang saya dapatkan?

Gelar yang kamu dapatkan dari program perkuliahan secara daring juga dapat diakui.

Bagaimana biaya perkuliahan secara daring?

Memang biaya perkuliahan yang dikeluarkan relatif sama dengan perkuliahan biasa. Akan tetapi, ada juga beasiswa yang diberikan.