fbpx

Mengupas Jurusan-jurusan Favorit di Korea Selatan

Selain Jepang dan China, Korea Selatan juga menjadi salah satu negara tujuan para pelajar Indonesia untuk melanjutkan kuliah di kawasan Asia Timur. Berdasarkan data yang dihimpun oleh National Institute for International Education pada tahun 2017, jumlah mahasiswa Indonesia di Korea mencapai 1,334 orang. Tentu angka yang tidak sedikit. Lalu, kira-kira jurusan apa sih yang menjadi favorit di Korea ini?

Teknik

Jurusan favorit di Korea Selatan - Teknik
Sumber: nature.com

Apabila kamu ingin mendalami jurusan teknik, maka Korea Selatan bisa menjadi negara pilihanmu. Sejumlah universitas ternama di Korea Selatan seperti Korea Advance Institute of Science and Technology (KAIST) dan Seoul National University adalah universitas terbaik yang menawarkan jurusan teknik. Selain kedua universitas di atas, kamu juga bisa memilih universitas berikut ini:

  1. Korea University
  2. Sungkyunkwan University
  3. Pohang University of Science and Technology (POSTECH)
  4. Yonsei University
  5. Hanyang University

Ada berbagai topik yang diangkat dalam bidang teknik di Korea, termasuk teknik mesin, elektro, dan juga sipil. Semua bidang tersebut menggunakan matematika dan juga sains sebagai landasan untuk menyelesaikan permasalahan yang ada.

Sains

Jurusan favorit di Korea Selatan - Sains
Sumber: studyinkorea.go.kr

Jurusan sains dapat memberikan para mahasiswa kemampuan yang baik dalam penelitian. Hal inilah yang menjadi salah satu kualifikasi yang dicari oleh pihak perusahaan.

Apabila kamu ingin melanjutkan kuliah jurusan sains di Korea Selatan, berikut universitas yang tawarkan jurusan sains terbaik:

  1. Seoul National University
  2. KAIST
  3. Korea University
  4. Sungkyunkwan University
  5. Yonsei University

Humaniora

Sumber: uic.yonsei.ac.kr

Mempelajari ilmu humaniora di Korea Selatan dapat memberikan kamu berbagai sudut pandang, mulai dari sudut pandang historis hingga politis dari negara ini. Kemudian, kamu juga akan memiliki kemampuan untuk berpikir kritis dan menyusun penelitian.

Yonsei University dan Korea University menjadi universitas terbaik di Korea yang tawarkan jurusan humaniora. Universitas lainnya yang tak kalah popularitasnya adalah sebagai berikut:

  1. Seoul National University
  2. Sungkyunkwan University
  3. KAIST
  4. Hanyang University
  5. Hankuk University of Foreign Studies (HUFS)

Jurusan bisnis dan bahasa dan kebudayaan Korea ternyata juga menjadi jurusan favorit di Korea bagi para pelajar Indonesia. Untuk bahasa Korea sendiri, mau tidak mau kamu juga harus mempelajarinya. Meskipun bahasa pengantar perkuliahan di beberapa universitas sudah menggunakan bahasa Inggris, akan lebih baik kamu bisa menguasai bahasa Korea secara mandiri.

Lalu, apabila kamu ingin kuliah gratis di Korea, kamu bisa menyimak kiat-kiat supaya lolos beasiswa KGSP/GKS 2020 untuk jenjang S1 dan diploma berikut ini.

For Your Information

Negara mana sajakah yang jadi tujuan favorit pelajar Indonesia di Asia Timur?

Selain Jepang dan China, Korea Selatan telah menjadi salah satu negara tujuan favorit para pelajar Indonesia untuk melanjutkan kuliah.

Di mana saja universitas terbaik di Korea?

Selain SKY (Seoul National University, Korea University, dan Yonsei University), universitas lain di Korea seperti KAIST dan Sungkyunkwan University bisa kamu pertimbangkan untuk jadi universitas tujuanmu.

Apa saja jurusan favorit pelajar Indonesia di Korea?

Coba baca artikel ini untuk tahu jurusan apa yang menjadi favorit para pelajar Indonesia di Korea Selatan.

Ingin mengetahui cerita lain di Seoul?