fbpx

Mengupas Cara Mengenali Program Kuliah Daring Palsu

Mengambil program kuliah daring telah menjadi alternatif di tengah pandemi COVID-19. Apalagi, melalui program ini, kamu tetap bisa mendapatkan gelar dan tak perlu menghadiri kelas secara tatap muka. Akan tetapi, ternyata program kuliah daring palsu mulai bermunculan di mana-mana.

Dilansir dari Business Insider, ada lebih dari 350 situs yang mengaku sebagai universitas terkemuka di dunia dan menawarkan lebih dari 200.000 program kuliah daring palsu. Memang agak sulit untuk mengenali situs palsu mereka, akan tetapi, berikut sejumlah hal yang bisa kamu jadikan panduan untuk mengenali keaslian institusi tersebut.

Akreditasi

Sumber: lancaster.ac.uk

Pertama hal yang harus kamu perhatikan sebelum mendaftar adalah pastikan akreditasi dari universitas tersebut. Akreditasi yang dimaksud merupakan akreditasi yang didapatkan oleh universitas dari Kementerian Pendidikan atau badan pemerintah setempat.

Universitas biasanya menampilkan akreditasi yang dimiliki di situs mereka. Apabila kamu merasa bahwa satu universitas menampilkan akreditasi palsu, maka telitilah lebih jauh lagi. Kamu juga bisa melakukan pencarian terkait akreditasi universitas ini di  Accreditation.orrg.

Nama

Kerap kali, banyak penyedia program kuliah daring palsu menggunakan modifikasi nama-nama universitas terkemuka di dunia. Hal ini ditujukan untuk menipu pendaftar untuk mengira bahwa institusi tersebut berasosiasi dengan universitas yang dimaksud.

Sebagai contoh, kamu bisa saja menemukan nama Oxford Technological University. Padahal, intitusi tersebut tidak pernah betu-betul ada.

Tidak ada narahubung yang jelas

Sumber: hilltopviewsonline.com

Apakah kamu kesulitan menemukan narahubung yang bisa kamu hubungi? Apakah kamu merasa alamat surel yang digunakan mencurigakan?

Tidak memiliki informasi narahubung yang jelas menjadi salah satu tanda bahwa institusi tersebut adalah institusi palsu. Bagaimanapun, universitas terkemuka memiliki berbagai macam jalur agar pendaftar bisa menghubungi mereka untuk bertanya lebih lanjut.

Proses pendaftaran dan mendapatkan gelar terlalu mudah

Apabila kamu menemukan proses pendaftaran yang terlalu mudah dan janji manis cepat diterima, maka kemungkinan itu adalah penipuan sangatlah besar. Terkadang, pihak institusi palsu ini hanya meminta resume atau surat rekomendasi tanpa menanyakan kualifikasi atau hasil ujianmu sebelumnya, maka wajar kalau kamu menaruh kecurigaan pada mereka.

Tak dapat dipungkiri bahwa tujuan dari penipuan ini adalah uang. Maka, mereka akan berusaha untuk merayu pendaftar segera mendaftar dan membayar biaya perkuliahan.

Demikianlah sejumlah tips mengenali program kuliah daring palsu. Hal lainnya yang harus kamu perhatikan adalah, jangan pernah bersedia membayarkan biaya perkuliahan sebelum kamu betul-betul diterima. Hal tersebut jelas merupakan cara yang digunakan oleh para penipu untuk mendapatkan uang dari korbannya.

Baca juga ulasan kami tentang perbedaan kursus daring dan kuliah daring.

For Your Information

Apa keuntungan mengambil program kuliah secara daring?

Salah satunya, kamu bisa tetap mendapatkan gelar tanpa menghadiri perkuliahan tatap muka.

Bagaimana cara mengenali program kuliah daring palsu?

Perhatikan akreditasi dan nama dari institusi penyedia. Selengkapnya bisa kamu baca di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?