fbpx

Mengupas Beasiswa Tuition Fee di KTH Royal Institute of Technology, Swedia

KTH Royal Institute of Technology (KTH) merupakan universitas negeri yang berada di Stockholm, Swedia. Sesuai dengan namanya, KTH memang merupakan universitas yang berfokus pada bidang teknik dan teknologi. Kali ini, kami akan membahas lebih lanjut mengenai KTH Scholarship, skema beasiswa tuition fee yang ada di KTH, Swedia. 

Penasaran bagaimana pembahasan selanjutnya? Mari simak paparan kami berikut ini.

Tentang KTH Scholarship, beasiswa S2 di KTH, Swedia

Beasiswa S2 di KTH, Swedia
Sumber: kth.se

KTH Scholarship melingkupi pembebasan biaya perkuliahan selama satu hingga dua tahun pada saat menjalani program S2 di KTH. Setiap tahunnya, akan ada 30 orang pelajar yang mendapatkan beasiswa ini.

Tujuan dari KTH Scholarship adalah menghasilkan pelajar yang berbakat secara akademis dan berfokus pada pembangunan berkelanjutan. Tentunya, KTH mengharapkan supaya para penerima beasiswa mampu berkontribusi lebih pada masyarakat yang berkelanjutan.

Periode pendaftaran untuk beasiswa ini biasanya jatuh pada bulan Desember dan berakhir pada bulan Januari setiap tahunnya. Jadi, kamu bisa mengunjungi situs resmi KTH untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Apa yang bisa saya dapatkan?

Beasiswa S2 di KTH, Swedia
Sumber: kth.se

Sesuai dengan judulnya, beasiswa KTH ini akan mencakup pembebasan biaya perkuliahan di KTH untuk tahun pertama dan kedua. Untuk tahun kedua, pelajar bisa terus mendapatkan beasiswa apabila hasil studi mereka memuaskan.

Perlu digarisbawahi bahwa beasiswa ini tidak termasuk biaya hidup.

Apa saja persyaratan yang harus saya penuhi?

Untuk bisa mendapatkan beasiswa ini, maka kamu harus merupakan fee-paying student dan telah mendaftar di program S2 yang ada di KTH. Beasiswa ini tidak berlaku bagi pendaftar beasiswa Erasmus Mundus dan EIT Programmes.

Selama kamu berkuliah di KTH, maka kamu diharapkan kamu berkontribusi terhadap masyarakat, khususnya dalam bidang pembangunan berkelanjutan. Dengan demikian, kamu diharapkan mampu menggambarkan bagaimana kontribusi yang bisa kamu berikan untuk pembangunan berkelanjutan.

Sejumlah program S2 yang bisa kamu temukan di KTH adalah sebagai berikut:

  1. Arsitektur dan lingkungan binaan
  2. Teknik elektro dan ilmu komputer
  3. Ilmu teknik
  4. Ilmu sains dalam kimia, bioteknologi, dan kesehatan
  5. Teknik industri dan manajemen

Bagaimana proses seleksi yang berjalan?

Beasiswa ini diberikan berdasarkan pada pencapaian akademis dari pendaftar. Kemudian, proses seleksi akan berjalans secara paralel dengan proses penerimaan. Hanya pendaftar yang telah melengkapi persyaratan pendaftaran di program yang dituju yang akan dipertimbangkan.

Setelah pendaftar, para peserta akan dinilai berdasarkan kriteria berikut:

  1. IPK
  2. Peringkat universitas dari pendaftar
  3. Motivasi, pengalaman kerja, dan kegiatan ekstrakurikuler dari pendaftar
  4. Motivasi pelajar dalam bagaimana mereka akan berkontribusi terhadap tujuan pembangunan global dengan gelar S2 dari KTH

Nah, demikianlah pembahasan kami mengenai beasiswa tuition fee di KTH, Swedia, Kawan Rantau. Tentunya, beasiswa ini menjadi salah satu beasiswa yang dapat kamu daftar karena memang dikhususkan bagi pelajar dari luar Uni Eropa.

Baca juga Swedia masih menjadi favorit pelajar meskipun COVID-19 melanda.

For Your Information

Dimana KTH berada?

KTH Royal Institute of Technology (KTH) merupakan universitas negeri yang berada di Stockholm, Swedia. Sesuai dengan namanya, KTH memang merupakan universitas yang berfokus pada bidang teknik dan teknologi.

Apakah ada beasiswa untuk berkuliah di KTH?

Ada, Kawan Rantau. Salah satunya beasiswa yang dibahas dalam artikel ini.

Bagaimana cara mendaftar beasiswa di KTH?

Temukan jawaban lengkapnya di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Stockholm?