fbpx

Mengupas Beasiswa PhD Sejarah di Maastricht University, Belanda

Melanjutkan studi sampai jenjang PhD menjadi impian bagi sejumlah orang. Apabila kamu termasuk orang yang sedang mencari beasiswa PhD, khususnya di bidang sejarah, maka tepat sekali kamu mengunjungi artikel ini, Kawan Rantau. Kali ini, kami akan mengupas lebih jauh beasiswa PhD yang ditawarkan oleh Maastricht University, Belanda.

Tentang beasiswa PhD di Maastricht University

Sumber: linkedin.com

Pada dasarnya, beasiswa PhD ini merupakan hasil kerja sama antara Centre for the Social History of Limburg (SHCL) dan Centre for the Regional History of Limburg (RHCL), dengan Departemen Sejarah di Faculty of Arts and Social Sciences. Proyek ini ditujukan bagi para peneliti muda yang tertarik untuk mengambil PhD di bidang sejarah kontemporer.

Isu yang diangkat dalam bidang sejarah kontemporer kai ini adalah mengenai sejarang pertambangan transnasional. Isu perubahan iklim dan peralihan energi telah meningkatkan ketertarikan para peneliti mengenai sejarah dan pertambangan batu baru.

Pada titik ini, para peneliti ingin meneliti lebih jauh mengenai sejarah perubahan sosial, budaya, ekonomi, teknis, dan lingkungan yang terdampak dari eksploitasi sumber daya energi yang masif.

Siapa yang bisa mendaftar?

Apabila kamu tertarik mendaftar beasiswa ini, maka kamu haruslah memiliki gelar S2 (research) di bidang sejarah atau bidang terkait lainnya. Kemudian, kamu juga harus memiliki kecakapan berbahasa Belanda dan Jerman. Meskipun pasif tidak masalah, kok. Kecakapan tersebut berguna karena bahasa utama dari sumber sejarah yang akan kamu gunakan ke depannya adalah kedua bahasa tersebut.

Lalu, sebagai calon kandidat mahasiswa PhD, tentu kamu harus memiliki kemampuan menulis yang baik. Terakhir, sanggup bekerja secara mandiri maupun bagian dari tim.

Bagaimana cara saya mendaftar?

Sumber: maastrichtuniversity.nl

Untuk mendaftar beasiswa ini maka kamu harus menyerahkan berkas pendaftaran lengkap melalui surel. Seluruh dokumen diharapkan menggunakan bahasa Inggris.

Detail dari masing-masing dokumen yang harus kamu kumpulkan adalah sebagai berikut:

  • Formulir pendaftaran yang berisi detail personal dan proposal penelitian. Linimasa proyek pun juga harus dilampirkan. Maksimal 1.000 kata untuk menuliskan bagian ini. Silakan unduh form pendaftarannya melalui tautan berikut ini.
  • Surat motivasi yang mendeskripsikan kuliafikasimu dan alasan mengapa kamu tertarik mendaftar.
  • Curriculum Vitae yang mencamtumkan pengalaman kerja yang relevan dan luaran penelitian (apabila ada).
  • Ethic self-assesment, berdasarkan prinsip penelitian etis standar. Template untuk penilaian dapat kamu unduh melalui tautan berikut.
  • Salinan ijazah S1 dan S2 bersama dengan transkrip nilai yang mencantumkan IPK.
  • Bukti kecakapan berbahasa Inggris. Skor minimal untuk mendaftar adalah, IELTS minimal 7.0 secara keseluruhan dan maksimal 6.5 untuk aspek writing, dan TOEFL miminal 100 secara keseluruhan dengan minimal 25 untuk writing.
    Apabila kamu ingin mempersiapkan diri dalam mengambil tes TOEFL, kamu bisa mengikuti kelas daring yang disediakan oleh Cakap.
  • Satu teks akademis berupa makalah, draf tesis, atau publikasi akademis lainnya.
  • Dua kontak referensi.

Setelah selesai mempersiapkan seluruh dokumen, kamu bisa mengirimkan berkas pendaftaranmu melalui surel ke limes@maastrichtuniversity.nl. Silakan kumpulkan berkasmu sebelum 23 Agustus 2020.

Nantinya, seluruh pendaftar akan diberitahu dua minggu setelah pendaftaran berakhir. Apabila lolos, maka pendaftar akan mengikuti seleksi wawancara yang akan dilakukan secara daring.

Dengan mendapat beasiswa ini, maka kamu akan mendapatkan renumerasi berdasarkan tingkat pendapatan standar untuk mahasiswa PhD, yakni mulai dari €2.325 per bulannya. Proyek akan dimulai sekitar November-Desember 2020. Tergantung dari krisis COVID-19.

Pada dasarnya, mempelajari ilmu sejarah tidak akan ada akhirya. Bidang yang satu ini dapat membantu kita menganalisis peristiwa-peristiwa yang ada di sekitar kita. Tentunya, hal ini akan sangat berguna di masa depan.

Baca juga seluk-beluk mengenai ujian Inburgering untuk bisa melanjutkan kuliah di Belanda.

For Your Information

Apakah bisa mendapat beasiswa untuk PhD?

Bisa, Kawan Rantau. Banyak universitas yang menawarkan kesempatan beasiswa untuk jenjang PhD. Salah satunya adalah Maastricht University?

Apa program yang ditawarkan untuk beasiswa PhD di Maastricht University?

Kali ini, program yang ditawarkan adalah program Sejarah. Khususnya sejarah kontemporer mengenai sejarah pertambangan transnasional.

Bagaimana cara mendaftar beasiswa PhD di Maastricht University?

Bacalah artikel ini untuk mengetahui jawabannya.

Ingin mengetahui cerita lain di Amsterdam?