fbpx

Mengupas 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Kuliah di Belgia

Banyak negara yang dijuluki sebagai jantung Eropa, akan tetapi Belgia lah yang dekat dengan kenyataan. Negara kecil yang kosmopolitan ini pada dasarnya memainkan peran penting dalam pembentukan Eropa hingga saat ini. Dengan ibu kotanya Brussel, Belgia menjadi Pusat Pemerintahan Uni Eropa. Berikut ini, kami akan mengupas 5 alasan mengapa kamu harus kuliah di Belgia.

Well, negara dengan tiga bahasa ini tentu akan selalu menarik perhatian para pelajar internasional.

Kualitas hidup yang tinggi

Sumber: worldnomads.com

Belgia dikenal sebagai negara dengan kualitas hidup yang tinggi. Di negara satu ini, kamu bisa menemukan sistem kesehatan yang baik, jaringan transportasi umum yang efisien, dan juga pusat kebudayaan yang mudah diakses.

Kemudian, kehidupan para pelajar di Belgia tidak hanya tentang bidang akademis saja. Selain sebagai tempat belajar, Belgia juga menawarkan berbagai fasilitas penunjang seperti olahraga, budaya, maupun sekadar hiburan. Dengan demikian, kamu tidak akan merasa bosan saat tinggal di negara ini.

Masyarakat yang terbuka dan multikultural

Bertahun-tahun, Belgia selalu menempati posisi 3 besar dalam daftar negara paling ter-globalisasi di dunia menurut pemeringkatan Swiss Economic Institute (Kof).

Hal ini juga ditunjukkan oleh ada tiga bahasa nasional yang diakui oleh Belgia, yakni Perancis, Belanda, dan juga Jerman. Otomatis, kehidupan sosial di Belgia akan sangat beragam.

Reputasi Belgia sebagai negara yang terbuka terhadap kedatangan pelajar internasional membuat negara ini memiliki daya tarik tersendiri.

Kualitas pendidikan yang mumpuni

Sumber: nieuws.kuleuven.be

Universitas-universitas di Belgia banyak yang telah masuk dalam pemeringkatan QS World Rankings. Selain itu, sejumlah program yang ditawarkan pun telah diakui oleh lingkaran saintifik maupun bisnis di Eropa dan tingkat internasional.

Pengakuan dari para profesional ini membuat universitas Belgia patut untuk dipertimbangkan. Para lulusan dari universitas di Belgia juga dijamin prospek karirnya.

Program yang beragam dan biaya terjangkau

Di Belgia, kamu bisa menemukan berbagai macam program pilihan, mulai dar filsafat, teologi, ekonomi, kedokteran gigi, hingga farmasi. Ada banyak sekali program yang bisa kamu pilih di negara ini.

Kemudian, untuk biaya perkuliahan sendiri cenderung lebih terjangkau. Hal ini didukung oleh Pemerintah Belgia yang menginginkan pendidikan tinggi di Belgia memiliki kualitas yang baik dan terjangkau bagi para pelajar Belgia maupun internasional.

Pusat berbagai bidang

Sumber: worldatlas.com

Belgia dikenal sebagai pusat berbagai bidang di Eropa. Terletak di jantung Eropa, membuat Belgia berfungsi sebagai pusat ekonomi dan perdagangan internasional. Kemudian, Belgia juga dikenal sebagai rumah dari berbagai institusi internasional.

Dengan demikian, universitas-universitas di Belgia juga menawarkan kesempatan berjejaring langsung dengan unsur-unsur vital yang ada di negara tersebut.

Itulah sejumlah alasan mengapa kamu harus kuliah di Belgia, Kawan Rantau. Yang pasti, kamu tidak akan menyesal ketika menempuh studi di negara ini. Banyak sekali hal baru yang dapat kamu temukan dan pastinya pengalaman yang tidak terlupakan.

Baca juga kota-kota yang wajib kamu kunjungi selain Brusel.

For Your Information

Apa ciri khas dari Belgia?

Banyak negara yang dijuluki sebagai jantung Eropa, akan tetapi Belgia lah yang dekat dengan kenyataan. Negara kecil yang kosmopolitan ini pada dasarnya memainkan peran penting dalam pembentukan Eropa hingga saat ini

Mengapa saya harus kuliah di Belgia?

Baca uraian alasannya di artikel berikut ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Brussels?