fbpx

Mengupas 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Kuliah di Austria

Sebagai negara kecil, ternyata universitas-universitas di Austria telah dikenal reputasinya secara meluas. Pada tahun 2014/2015, terdapat 372.247 pelajar yang menempuh studi di Austria. Jumlah pelajar internasional pada tahun tersebut mencapai 86.862 siswa. Diperkirakan, jumlah tersebut akan terus meningkat setiap tahunnya karena institusi pendidikan tinggi di Austria mulai berfokus pada internasionalisasi. Berikut kami akan membahas 5 alasan mengapa kamu harus kuliah di Austria.

1. Kualitas hidup

Alasan kuliah di Austria - kualitas hidup yang baik
Sumber: telegraph.co.uk

Pada tahun 2019, Wina mendapatkan posisi teratas untuk kota dengan kualitas hidup yang baik menurut Agensi Mercer. Kabar baiknya, peringkat dari Wina ini telah mereka pertahankan selama sepuluh tahun terakhir.

Sejumlah indikator yang membuat Wina mengungguli kota-kota lainnya di dunia adalah, ketercukupan lahan terbuka hijau, transportasi umum yang murah dan efisien, serta rendahnya tingkat kriminalitas.

Kemudian, kota satu ini menjadi daya tarik bagi para pebisnis. Perekonomian lokal yang kuat serta lingkungannya yang berbudaya membuat kota satu ini menjadi menarik untuk ditinggali.

2. Bentang alam yang beragam

Meskipun Austria termasuk landlocked country, nyatanya negara satu ini menawarkan berbagai bentang alam yang dapat kamu nikmati. Di negara ini, kamu bisa mendapatkan akses ke salah satu danau terbesar di Eropa, yakni Danau Constance atau Bondense. Kemudian, sejumlah puncak tertinggi dari Pegunungan Alpen bisa kamu lihat dengan jelas.

Yang pasti, apabila kamu tinggal di Austria, kamu bisa menikmati berbagai bentang alam yang cantik sepanjang musim. Pastinya, kamu bisa menemukan bentang alam yang berbeda setiap musim.

3. Seni dan budaya

Sumber: annees-de-pelerinage.com

Budaya dan tradisi merupakan unsur yang selalu hidup di Austria. Mulai dari museum hingga bangunan arsitektur yang indah dapat kamu temui di Austria. Kamu bisa mempelajari musik dengan suasana yang tenang di Salzburg. Bagaimanapun, Salzburg merupakan kota kelahiran dari Wolfgang Amadeus Mozart. Di kota ini, kamu bisa menemukan berbagai bangunan gereja, kastil, dan juga istana.

Kemudian, mengunjungi surga makanan di Graz sembari menikmati keindahan pemandangan semenanjung Mediterania.

4. Kuliner melimpah

Di Austria, kamu bisa menemukan berbagai jenis makanan yang menjadi ciri khas dari Austria. Sejumlah makanan khas yang bisa kamu temukan, adalah: Wiener Schnitzel, Kasnocken, Kaiserschmarrn, Apfelstrudel, dan Shcetote.

Selain makanan, Austria juga dikenal dengan berbagai pilihan jenis minumannya. Apabila kamu tertarik untuk menikmati secangkir kopi, kamu bisa mengunjungi berbagai Viennese Coffee House. Kemudian, kamu bisa memesan Melange atau Kleiner Brauner. 

Kemudian, tentu saja Austria juga dikenal memiliki beer culture. Jadi, kamu juga bisa menemukan berbagai pilihan minuman keras seperti bir dan wine di Austria.

5. Arsitektur

Alasan kuliah di Austria - arsitektur yang unik
Sumber: worldalldetails.com

Austria memiliki berbagai bentang arsitektur yang menarik. Kamu bisa menemukan bangunan-bangunan imperial dengan gaya art-deco bersanding dengan arsitektur-arsitektur kontemporer. Sejumlah arsitektur asal Austria seperti Otto Wagner, Josef Hoffmann, Adolf Loos, dan lainnya telah memberikan dampak kepada seluruh arsitektur di Eropa. 

Sampai sekarang, Austria terus menjadi sumber inspirasi arsitektur yang relevan di seluruh dunia.

Nah, itulah sejumlah alasan mengapa kamu harus kuliah di Austria, Kawan Rantau. Tentu saja, kualitas pendidikan di Austria juga tidak kalah dengan negara-negara lainnya di Kawasan Eropa.

Sejumlah universitas terbaik yang ada di Austria adalah sebagai berikut:

  1. University of Vienna
  2. Vienna University of Technology
  3. Univerit├Ąt Innsbruck
  4. Graz University of Technology
  5. Johannes Kepler University Linz

Baca juga daftar kota-kota ramah pelajar yang ada di Eropa.

For Your Information

Apakah Austria menjadi tujuan pelajar internasional?

Pada tahun 2014/2015, terdapat 372.247 pelajar yang menempuh studi di Austria. Jumlah pelajar internasional pada tahun tersebut mencapai 86.862 siswa. Diperkirakan, jumlah tersebut akan terus meningkat setiap tahunnya karena institusi pendidikan tinggi di Austria mulai berfokus pada internasionalisasi

Mengapa saya harus kuliah di Austria?

Temukan jawaban lengkapnya di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Salzburg?