fbpx

Mengupas 3 Cara untuk Hindari Stres Selama Jalani Ujian Daring

Tahun 2020 merupakan tahun yang berat bagi para pelajar. Pelaksanaan perkuliahan yang dialihkan menjadi perkuliahan daring dan tidak dapat melakukan diskusi secara tatap muka telah menjadi keadaan normal baru bagi para mahasiswa. Salah satu permasalahan yang muncul adalah, banyak pelajar yang merasa stres karena harus menjalani ujian secara daring. Maka dari itu, berikut kami akan membahas 3 cara untuk hindari stres selama jalani ujian daring.

Terus terhubung

Sumber: depositphotos.com

Pada saat seperti sekarang ini, semua orang pasti mengalami tingkat stresnya masing-masing. Apalagi bagi para perantauan.

Maka dari itu, cobalah untuk tetap berhubungan dengan keluarga dan juga temanmu apabila kamu merasa sangat terpengaruh dengan keadaan yang sekarang.

Kemudian, apabila pada saat menjalani ujian kamu menemukan masalah, segera bicarakan hal tersebut kepada pengawasmu. Pastikan bahwa permasalahan teknis dari pelaksanaan ujian daring tidak akan mempengaruhi tingkat stresmu.

Lalu, kamu juga bisa mengutarakan kekhawatiran kamu kepada dosenmu secara langsung. Dengan menceritakan kekhawatiranmu, kamu setidaknya bisa sedikit terlepas dari tekanan yang ada.

Istirahat

Sumber: klearminds.com

Merasa stres saat belajar dan mempersiapkan diri untuk ujian daring? Jangan lupa untuk selalu mengambil jeda dan beristirahat barang sebentar.

Belajar di rumah pada dasarnya memang memiliki banyak tantangan seperti tidak adanya jadwal yang pasti ataupun tempat untuk belajar yang ideal. Terus belajar secara intens bisa membuat kamu merasa burnout.

Maka dari itu, kamu harus bisa menentukan jeda dari masing-masing aktivitas yang kamu lakukan.

Menonton film, berjalan-jalan di sekitar kompleks, memasak, atau sekadar bermain games bisa sedikit melepas rasa stresmu. Jangan terlalu memaksakan diri, Kawan Rantau.

Minta tambahan waktu

Sumber: english.com

Ujian berwaktu pada akhirnya bisa menambah stres bagi sebagian pelajar, apalagi kalau ada masalah jaringan. 

Maka dari itu, sampaikan permasalahanmu pada pengawas ujian secara langsung. Mintalah penambahan waktu apabila memungkinkan. Bagaimanapun, menjalani ujian secara daring secara lancar belum tentu dapat dilakukan semua orang.

Selain ketiga hal di atas, selalu menjaga kesehatan dengan tidur cukup dan makan teratur menjadi hal yang bisa kamu lakukan untuk hindari stres saat jalani ujian daring. Buat tubuh dan pikiranmu menjadi rileks, Kawan Rantau.

Semangat dan semoga berhasil!

For Your Information

Mengapa tahun 2020 berat bagi pelajar?

 Pelaksanaan perkuliahan yang dialihkan menjadi perkuliahan daring dan tidak dapat melakukan diskusi secara tatap muka telah menjadi keadaan normal baru bagi para mahasiswa. Salah satu permasalahan yang muncul adalah, banyak pelajar yang merasa stres karena harus menjalani ujian secara daring.

Apa yang bisa dilakukan untuk menghindari stres selama jalani ujian daring?

Bacalah tips dan trik di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?