fbpx

Mengulas Sekolah Kedokteran Terbaik di Korea Selatan ala The World of the Married

The World of the Married telah tamat pada 16 Mei 2020. Akan tetapi, euforia dari drama korea ini masih terasa. Bagaimanapun, The World of Married berhasil memecahkan rekor yang fantastis. Salah satu hal yang menarik untuk diulas dari serial ini adalah latar belakang Ji Sun-woo. Ji Sun-woo muda mencoba untuk mengobati rasa kesepiannya pasca kedua orang tuanya meninggal dunia dengan belajar sedemikian rupa untuk masuk sekolah kedokteran di Seoul, Korea Selatan. Pada akhirnya, ia pun berkarir sebagai seorang dokter keluarga.

Well, pada dasarnya masyarakat Korea percaya bahwa pendidikan merupakan satu-satunya jalan untuk memperbaiki nasib. Maka dari itu, Ji Sun-woo mencoba untuk memperbaiki hidupnya dengan terus belajar dan masuk ke sekolah kedokteran yang ia impikan.

Maka dari itu, berikut akan kami bahas sejumlah sekolah kedokteran terbaik di Korea Selatan.

Korea University

Menduduki peringkat 101-150 dalam QS World University Rankings by Subject 2020, Korea University menjadi sekolah kedokteran tebaik ketiga di Korea Selatan.

sekolah kedokteran terbaik di Korea - korea university
Sumbr: study-abroad.international.com

Korea University College of Medicine hadir pertama kali untuk menyembuhkan penyakit seseorang. Kemudian, KU College of Medicine terus berkembang untuk menjadi salah satu institusi pendidikan kedokteran terbaik di Korea dengan menghasilkan para dokter berkualitas.

Di KU College of Medicine terdapat tiga departemen utama, yakni Medical Science, Clinical Science, dan Graduate School.

Sung Kyun Kwan University dan Yonsei University

sekolah kedokteran terbaik di Korea - Sungkyunkwan university
Sumber: konsultanpendidikan.com

Kedua universitas ini menduduki peringkat 51-100 dalam QS World University Rankings by Subject 2020. Alhasil, keduanya dapat dibilang menduduki peringkat kedua di Korea sebagai sekolah kedokteran terbaik.

Sung Kyun Kwan University (SKKU) School of Medicine telah berdiri sejak tahun 1997. Sekolah yang satu ini hadir utuk mendidik para ilmuwan kesehatan bertalenta. Bekerja sama dengan Samsung Medical Center, SKKU School of Medicine telah mulai diakui sebagai salah satu sekolah kedokteran terbaik di Korea.

Sumber: usnews.com

Sedangkan, untuk Yonsei University College of Medicine (YUCM) telah memiliki sejarah sejak abad ke-19. Pada tahun 1886, Dr. Horace N. Allen yang berhasil menyelematkan nyawa keponakan dari Ratu Min, mendapatkan rasa terima kasih untuk mendirikan sebuah sekolah kedokteran bernama Che Jung Won Medical School. Sekolah inilah yang menjadi salah satu cikal-bakal dari YUCM.

Tujuan dari YUCM pada dasarnya adalah untuk mendidik para ahli di bidang kedokteran dan lainnya untuk berkontribusi terhadap negara dan juga umat manusia secara keseluruhan.

Seoul National University

sekolah kedokteran terbaik di Korea - seoul national university
Sumber: archdaily.com

Menduduki peringkat ke-33 dalam pemeringkatan QS World University Rankings by Subject 2020, menjadikan Seoul National University sebagai sekolah kedokteran terbaik di Korea.

Seoul National University sendiri telah berdiri sejak tahun 1946 dan merupakan hasil merger dari sepuluh institusi pendidikan tinggi. Untuk Seoul National University College of Medicine (SNUCM), cikal bakal mereka telah ada sejak sebelum tahun 1889. Dapat dibilang bahwa cikal-bakal dari sekolah kedokteran modern berasal dari SNUCM.

Salah satu tujuan utama SNUCM adalah mendidik tenaga ahli di bidang kesehatan yang dapat berkontribusi kepada masyarakat. Ditambah pula dengan memberikan ruang kreativitas bagi seorang ilmuwan. Maka dari itu, SNUCM selalu hadir dengan terobosan baru di bidang kesehatan.

Di SNUCM, maka terdapat tiga departemen utama, yakni Premedical Course selama dua tahun, College of Medicine selama dua tahun, dan juga Graduate School.

Nah, demikianlah pembahasan kami mengenai sekolah kedokteran di Negeri Ginseng ini, Kawan Rantau. Apakah kamu tertarik untuk melanjutkan kuliah di Korea? Jangan lupa untuk belajar bahasa Korea untuk mempermudah kamu berkomunikasi selama kuliah di Korea.

For Your Information

Apa pekerjaan utama Ji Sun-woo dalam The World of the Married?

Ji Sun-woo merupakan seorang dokter. Ia mulai berupaya untuk masuk ke sekolah kedokteran setelah kedua orang tuanya meninggal dunia.

Di mana sekolah kedokteran terbaik di Korea berada?

Baca artikel ini untuk tahu ulasan lengkapnya.

Ingin mengetahui cerita lain di Busan?