fbpx

Mengulas Development Studies di Sussex University Lebih Jauh

Kalau ada hal yang menjadi kebanggaan dari Sussex University, maka itu adalah peringkat dari jurusan Development Studies mereka yang berada pada posisi pertama. Hal ini didasarkan oleh pemeringkatan QS World University Rankings by Subject 2019. Otomatis, hal ini menempatkan Sussex University berada di atas Harvard dan juga Oxford.

Tentang Development Studies, University of Sussex

Development Studies - Sussex University
Sussex University. Sumber: marshallservices.it

Studi Pembangunan di Sussex University berada di bawah naungan School of Global Studies. School of Global Studies sendiri merupakan penghubung dunia global di jantung Sussex University.

Dalam penelitian dan juga pengajarannya, fakultas ini berupaya untuk membahas isu-isu kritis yang berpengaruh secara global, seperti ketidaksetaraan dan keadilan global, perubahan iklim dan lingkungan, perang dan damai, kesehatan global dan krisis finansial, intoleransi, dan juga diskriminasi.

Misi utama dari School of Global Studies dari Sussex University adalah untuk menggali pengetahuan serta pemahaman akan perbedaan untuk menciptakan dunia yang lebih adil, aman, berkelanjutan, dan inklusif.

Apa saja program yang ditawarkan?

Terdapat tiga jenjang yang ditawarkan, yakni program sarjana, magister, dan juga doktoral. Pada masing-masing jenjang, ternyata kamu bisa memilih sejumlah program yang disediakan.

Untuk program sarjana sendiri, berikut program yang ditawarkan:

  • Anthropology and International Development
  • Economics and International Development
  • Geography and International Development
  • International Development
  • International Development with a Language
  • International Relations and Development
  • Social Sciences
  • Sociology and International Development

Kalau untuk program magister, program yang ditawarkan lebih beragam. Mulai dari kajian soal lingkungan, gender, energi, maupun pangan. Kalau kamu ingin tahu lebih lanjut soal program yang ditawarkan, kamu bisa mengunjungi tautan berikut ini.

Apa keuntungan kuliah Development Studies di Sussex University?

Development Studies - Sussex University
School of Global Studies, Sussex University. Sumber: sussex.ac.uk

Dengan berkuliah di jurusan ini, maka kamu bisa mendapatkan perkuliahan yang sangat multidisiplin. Kamu akan diajar oleh para peneliti dan pengajar dari berbagai disiplin ilmu, mulai dari antropologi, geografi, hubungan internasional, ekonomi, sosiologi, dan sejarah.

Selain menyediakan proses perkuliahan yang sangat inklusif, Development Studies di Sussex University juga menyediakan jalan bagi prospek karirmu ke depan. Kuliah-kuliah yang disediakan di jurusan ini akan menyiapkan kamu untuk dapat bekerja di lembaga pembangunan internasional seperti:

  • Badan-badan yang berada di bawah naungan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB)
  • Non-governmental Organization (NGOs) internasional seperti Oxfam dan Amnesty International.
  • Badan pemerintah.

Pada nyatanya, memahami isu pembangunan telah menjadi suatu hal yang peting sekarang ini. Dengan fakta bahwa banyak sekali upaya untuk menerapkan suatu konsep pembangunan berkelanjutan, tak heran apabila Development Studies menjadi salah satu jurusan yang diminat.

Baca juga kisah Natasaha yang menempuh jurusan Food Technology di Wageningen University, Belanda berikut ini sebagai sumber inspirasimu kuliah di luar negeri.

Ingin mengetahui cerita lain di Brighton?