fbpx

Mengenal Wageningen University: Universitas Paling Hijau di Dunia

Apabila QS World University Rankings mengukur reputasi akademik dari suatu universits, maka UI GreenMetric World University Ranking mengukur “kehijauan” dari suatu universitas. UI GreenMetric sendiri merupakan inisiatif yang diluncurkan oleh Universitas Indonesia sejak tahun 2010. Pada tahun 2019, Wageningen University berhasil menjadi universitas paling hijau sedunia.

Tentang Wageningen University

Wageinen University. Sumber: wur.nl

Wageningen University merupakan salah satu universitas yang unik di Belanda. Mengapa demikian? Karena universitas ini merupakan satu-satunya universitas di Belanda yang secara khusus berfokus pada topik “pangan sehat dan lingkungan”.

Penelitian serta proses pengajaran di Wageningen menggunakan pendekatan ilmiah dan juga praktik secara langsung. Dengan demikian, suatu kolaborasi para ahli dari disiplin ilmu yang berbeda dapat tercapai. Beberapa topik yang menjadi fokus dari Wageningen adalah, perubahan iklim, gaya hidup sehat, dan juga kesejahteraan hewan.

Wageningen University sebagai universitas paling hijau di dunia

Sistem penilaian UI GreenMetric World University Ranking didasarkan pada semangan pentingnya suatu universitas memberikan perhatian pada aspek keberlanjutan. Hal ini termasuk dengan sejauh mana ketersediaan ruang terbuka hijau, konsumsi listrik yang berhubungan dengan carbon footprint, serta berbagai infrastuktur yang ramah lingkungan.

Berdasarkan perankingan tahun 2019, Wageningen University berhasil mendapatkan skor 9.075, mengungguli University of Oxford dan University of California, Davis. Dalam beberapa indikator, seperti Energy & Climate Change, Waste, Water, Transportation, dan Education & Research, universitas ini mendapat skor sempurna.

Yang ditawarkan oleh Wageningen University

Sumber: aeorostockphoto.com

Wageningen University memiliki banyak sekali fasilitas yang mendukung proses penelitian. Mulai dari pusat laboratroum dan invoasi, penelitian bersama, bahkan pusat Data Wageningen yang tentunya akan sangat berguna dalam pengembangan pendidikan dan penelitian di universitas ini. Tak heran bukan apabila Wageningen mendapatkan nilai sempurna di indikator Education & Research.

Salah satu yang menarik dari Wageningen University adalah, ia memiliki Green Office Wageningen. Kantor ini bertujuan untuk meningkatkan keberlanjutan dalam Wageningen University. Konsep ini telah dikembangkan pada tahun 2010 dan pada dasarnya diimplementasikan pertama kalinya oleh University of Maastricht. Secara remis, kantor hijau ini diluncurkan pada 10 Oktober 2012.

Green Office Wageningen memainkan peran utama dalam mendukung dan menghubungkan para pelajar dan pengajar dalam proyek keberlanjutan. Hal inilah yang mendukung semangat keberlanjutan di Wageningen University.

Demikianlah informasi dari universitas paling hijau di dunia, Wageningen University. Sebagai universitas yang berfokus pada pangan sehat, agrikultur, dan lingkungan, Wageningen memang pantas mendapatkannya.

Baca juga kisah Natasha yang menempuh kuliah di jurusan Food Technology di Wageningen University.

Ingin mengetahui cerita lain di Amsterdam?