fbpx

Mengenal UNAM dan ITESM, 2 Universitas Terbaik di Meksiko

Meksiko merupakan negara paling banyak dikunjungi di Amerika Latin. Hal ini disebabkan oleh peran Meksiko sebagai salah satu pusat budaya dan perekonomian di kawasan tersebut. Biaya hidup yang terjangkau dan warganya yang ramah membuat Meksiko menjadi favorit bagi sejumlah pelajar internasional. Kali ini, kami akan mengajak kamu untuk mengenal UNAM dan ITESM, dua universitas terbaik yang ada di Meksiko.

National Autonomous University of Mexico (UNAM)

Sumber: mexicanroutes.com

UNAM telah berdiri sejak tahun 1551. Hal ini menjadikan UNAM sebagai universitas tertua di Amerika Utara. Berdasarkan pemeringkatan QS World University Rankings 2021, UNAM merupakan satu-satunya universitas asal Meksiko yang masuk daftar 100 besar dunia. Maka dari itu, universitas ini resmi menjadi universitas terbaik di Meksiko.

Pada tahun 2019, UNAM memiliki lebih dari 269.000 mahasiswa, menjadikan UNAM sebagai salah satu universitas terbesar di dunia. UNAM sendiri memiliki sejumlah kampus yang berada di Mexico City dan lokasi lainnya di Meksiko. Kampus global yang dimiliki oleh UNAM terletak di San Antonia (Texas, Amerika Serikat), Chicago (Illinois, Amerika Serikat), dan Hull (Quebec, Kanada). 

Keistimewaan dari UNAM adalah, terdapat tiga lulusannya yang pernah mendapatkan penghargaan nobel, yakni: Alfonso Garcia Robles (perdamaian), Octavia Paz (sastra), dan Mario Molina (kimia).

Sejumlah jurusan unggulan yang ada di UNAM adalah sebagai berikut:

  1. Modern Languages
  2. Teknik pertambangan
  3. Teknik perminyakan
  4. Sosiologi
  5. Development Studies

Tecnológico de Monterrey (ITESM)

Sumber: tex.mx

Berdasarkan pemeringkatan QS, ITESM berhasil menduduki peringkat kedua dalam daftar universitas terbaik di Meksiko. Universitas ini memiliki nama Spanyol sebagai Instituto Tecnologico y de Estudios Superiores de Monterrey (ITESM). Universitas swasta ini berbasis di Monterrey, Meksiko.

Selama kamu berkuliah di ITESM, kamu akan diajarkan untuk mengembangkan potensimu secara profesional dan sebagai manusia melalui berbagai program yang ditawarkan.

Universitas yang telah berdiri sejak tahun 1943 ini sepenuhnya didukung oleh asosiasi masyarakat sipil yang terdiri dari banyak pemimpin yang luar biasa. Setiap tahunnya, anggota dewan asosiasi akan bertemu dan mendefinisikan tujuan dari ITESM untuk ikut membantu pembangunan nasional.

Sejumlah jurusan unggulan yang ada di ITESM adalah sebagai berikut:

  1. Bisnis dan manajemen
  2. Seni dan desain
  3. Teknik mesin
  4. Modern Languages
  5. Ilmu komputer dan sistem informasi

Pada akhirnya, kedua universitas di atas memang menjadi kebanggan dari Meksiko. Keduanya berupaya untuk terus memberikan pendidikan terbaik bagi warga Meksiko dan juga dunia. Apabila kamu berminat untuk berkuliah di Kawasan Amerika Latin, maka memilih UNAM atau ITESM bisa menjadi pilihan yang tepat.

Baca juga ulasan mengenai Antropologi UNAM yang resmi menjadi jurusan Antropologi terbaik di Amerika Latin.

For Your Information

Dimana universitas terbaik di Meksiko berada?

Setidaknya, ada dua universitas paling prestisius di Meksiko, yakni UNAM dan ITESM.

Apa keistimewaan dari UNAM dan ITESM?

Temukan jawaban lengkapnya di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Mexico City?