fbpx

Mengenal Program Pra Doktoral Sebelum Kuliah PhD di Belanda

Apakah kamu berencana untuk kuliah PhD di Belanda, Kawan Rantau? Kalau iya, sebaiknya kamu mengikuti program pra doktoral terlebih dahulu. Sebetulnya, apa itu program pra doktoral? Bagaimana cara mendaftarnya?

Berikut penjelasan lebih lengkapnya dari kami.

Tentang Program Pra Doktoral

Program pra doktoral
Sumber facebook.com

Program Pra Doktoral merupakan sebuah kursus yang ditujukan untuk para kandidat pelajar internasional tingkat doktoral. Kursus ini merupakan bentuk dukungan dan persiapan bagi para kandidat PhD yang ingin melanjutkan PhD di Belanda.

Setidaknya, ada 3 universitas Belanda ternama yang merumuskan program ini, yakni Leiden, Groningen, dan juga Vrije Universiteit Amsterdam. Nantinya, program intensif selama satu minggu ini akan diadakan di Erasmus Training Centre (ETC), Jakarta.

Tujuan Program

Program pra doktoral - tujuan
Sumber: unsplash.com

Dengan adanya pelatihan ini, kandidat PhD akan lebih mudah dalam mengembangkan kemampuan serta kompetensi penelitian mereka, memperbaiki kemampuan menulis dalam bahasa inggris, serta meningkatkan kemampuan presentasi. Hal ini tentu menjadi skill yang sangat berharga bagi seorang kandidat PhD

Nantinya, akan ada 4 modul yang diajarkan. Empat modul tersebut terdiri dari, kehidupan di Belanda, kebudayaan Belanda secara umum, serta sistem akademik yang berjalan di Belanda. Dengan adanya keempat modul tersebut, diharapkan nanti para kandidat akan lebih mudah beradaptasi di Belanda selama menjalani masa perkuliahan.

Apa persyaratan mengikuti program ini?

Berhubung keseluruhan program akan disampaikan menggunakan bahasa Inggris, maka para pendaftar harus memiliki nilai kecakapan Bahasa Inggris yang setara dengan nilai 6.5+ untuk IELTS. Tambahan, untuk writing, nilai yang disyaratkan juga harus mencapai 6.5.

Program pra doktoral
Sumber: unslash.com

Kemudian, calon kandidat harus memiliki gelar magister dan memiliki rancangan proposal penelitian sepanjang 800 kata. Curriculum Vitae (CV) terbaru dan lengkap juga harus dilampirkan sebagai persyaratan mengikuti proram ini.

Kapan program ini akan dijalankan?

Program pra doktoral terdekat yang akan dilakukan adalah pada 29 Juni-4 Juli 2020. Program ini akan berjalan mulai dari hari Senin-Sabtu dari pukul 08.00-17.00 (kecuai hari Sabtu haya sampai pukul 15.00).

Kandidat nantinya akan dikenakan biaya sebesar Rp4.500.000,- untuk mengikuti program ini. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi pihak ETC melalui surel info@erasmustrainingcentre.com atau WhatsApp langsung di sini.

Untuk pendaftarannya, kamu bisa melakukan pendaftaran langsung di situs resmi ETC atau melalui tautan berikut ini.

Jadi, demikian informasi mengenai program pra doktoral yang diadakan oleh ETC. Bagi kamu yang ingin memantapkan diri sebelum betul-betul terjun untuk berkuliah PhD di negeri Belanda, ada baiknya kamu mempertimbangkan mengikuti program yang satu ini.

Kamu juga bisa membaca tentang Orange Knowledge Program 2020, skema beasiswa short course dan S2 di Belanda.

For Your Information

Apa itu program pra doktoral?

Program pra doktoral merupakan program yang dibuat untuk mempersiapkan para kandidat PhD sebelum memulai perkuliahan yang sesungguhnya.

Siapa saja perumus program pra doktoral ke Belanda?

Setidaknya, ada 3 universitas Belanda ternama yang merumuskan program ini, yakni Leiden, Groningen, dan juga Vrije Universiteit Amsterdam.

Apa persyaratan untuk bisa mengikuti program pra doktoral?

Baca dan simak artikel ini untuk tahu jawabannya lebih lanjut.

Ingin mengetahui cerita lain di Rotterdam?