fbpx

Mengenal LKCSP, Beasiswa S1 di SMU Singapura

Singapore Management University (SMU) menjadi salah satu universitas favorit di Singapura. Lebih menekankan pada tradisi akademik ala Amerika, SMU terus berkembang dan mampu bersaing dengan dua universitas terkemuka lainnya di Singapura, yakni National University of Singapore (NUS) dan Nanyang Technological University (NTU). Kali ini, kami akan membahas salah satu beasiswa S1 yang ditawarkan oleh SMU, yakni Lee Kong Chian Scholar’s Programme (LKCSP).

Silakan simak keterangannya di bawah ini ya, Kawan Rantau.

Tentang Lee Kong Chian Scholar’s Programme

beasiswa LKCSP SMU Singapura
Sumber: twitter.com

Beasiswa yang ditujukan untuk para mahasiswa S1 penuh waktu di SMU ini diberikan oleh Lee Foundation, salah satu yayasan amal terbesar di Singapura. Yayasan ini menyediakan bantuan untuk memajukan pendidikan, kesehatan, dan kegiatan kebudayaan.

Tiap tahunnya, ada 60 orang terpilih yang bisa mendapatkan beasiswa ini. Dengan mendapatkan beasiswa LKCSP, kamu akan terbebas dari biaya perkuliahan, mendapat tunjangan tiap tahun, dan kesempatan untuk mengikuti pertukaran pelajar atau internship di luar negeri.

Siapa yang bisa mendaftar?

beasiswa LKCSP SMU Singapura
Sumber: business.smu.edu.sg

Kabar baik bagimu karena beasiswa LKCSP ditujukan untuk seluruh mahasiswa S1 tahun pertama tanpa memandang kewarganegaraan. Otomatis, kamu berhak untuk mendaftar beasiswa yang satu ini.

Satu hal yang pasti, jurusan yang kamu ambil, baik untuk single degree maupun double degree, adalah SMU Lee Kong Chian School of Business. Kemudian, kamu bisa mengambil jurusan kedua di SMU School of Accountancy, School of Economics, School of Information Systems, School of Law, atau School of Social Sciences.

Lalu, untuk bisa menjadi penerima beasiswa ini, kamu harus menunjukkan bahwa kamu memiliki kemampuan memimpin dan berkomunikasi dengan baik. Tak lupa, kamu juga harus memiliki rekam jejak yang baik dalam kegiatan ko-kurikuler atau pengabdian masyarakat.

Apa saja yang bisa saya dapatkan?

Seperti yang telah dijelaskan di atas, banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapatkan apabila kamu menjadi penerima beasiswa LKCSP SMU Singapura. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Pembebasan biaya perkuliahan selama empat tahun.
  2. Mendapat tunjangan sebesar S$16.000 (Rp163.426.720,-) untuk melakukan kegiatan-kegiatan berikut ini:
    – Program pertukaran pelajar ke luar negeri
    – Karya wisata ke luar negeri yang diselenggarakan oleh Centre for Scholar’s Development
    – Proyek pengabdian masyarakat di luar negeri
    – Berpartisipasi dalam kompetisi atau konferensi di luar negeri
  3. Tunjangan hidup tahunan sebesar S$5.000 (Rp51.070.850,-)
  4. Tunjangan satu kali untuk laptop sebesar S$1.800 (Rp18.385.506,-)
  5. Mendapat kesempatan untuk ikut serta dalam pengembangan diri yang disusun oleh Centre for Scholar’s Development
  6. Tidak ada ikatan setelah masa beasiswa ini berakhir. Akan tetapi, bagi para pelajar internasional, kamu akan diminta untuk mendaftar tuition grant yang disediakan oleh Pemerintah Singapura. Di bawah sekma tersebut, kamu akan diminta bekerja di perusahaan yang ada di Singapura setelah kamu lulus kuliah

Bagaimana cara mendaftar beasiswa ini?

beasiswa LKCSP SMU Singapura
Sumber: admissions.smu.edu.sg

Untuk mendaftar beasiswa ini, kamu harus mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Apabila kamu ingin dipertimbangkan untuk beasiswa ini, kamu harus menyatakan ketertarikanmu dalam formulir pendaftaranmu. Tidak ada formulir terpisah untuk mendaftar beasiswa LKCSP. Untuk mendaftar di SMU, kamu bisa mengunjungi tautan berikut ini.
  • Setelah itu, kamu akan diminta untuk menyerahkan esai personal untuk beasiswa ini.
  • Surat rekomendasi merupakan opsi pilihan. Akan tetapi, akan lebih baik apabila kamu bisa memberikan rekomendasi tersebut sebagai pertimbangan bagi pihak panitia.
  • Para pendaftar akan disaring berdasarkan kualifikasi akandemik dan rekam jejak kegiatan non-akademik mereka.
  • Daftar pendek penerima beasiswa akan diundang ke SMU untuk melakukan wawancara panel.

Demikianlah informasi mengenai LKCSP, beasiswa S1 di SMU Singapura. Kalau kamu tertarik untuk mendaftar beasiswa ini, maka persiapkan esai terbaikmu ya, Kawan Rantau. Kalau kamu masih memiliki pertanyaan, kamu bisa langsung mengunjungi tautan resmi beasiswa ini untuk tahu informasinya lebih lanjut.

Kamu juga bisa membaca tentang CN Yang Scholars Programme, beasiswa untuk kuliah S1 di NTU.

For Your Information

Apakah saya bisa kuliah dengan beasiswa di Singapura?

Dewasa ini, banyak sekali universitas yang menyediakan beasiswa bagi para mahasiswanya. Salah satu contohnya adalah Lee Kong Chian Scholars’ Programme (LKCSP), skema beasiswa S1 di Singapore Management University (SMU), Singapura yang dibahas dalam artikel ini.

Saya orang Indonesia, apakah saya bisa mendaftar beasiswa LKCSP?

Beasiswa LKCSP tidak memandang kewarganegaraan. Jadi, siapa saja bisa mendaftar beasiswa ini.

Bagaimana cara saya mendaftar beasiswa LKCSP?

Untuk tahu detail dari beasiswa LKCSP, kamu bisa membaca langsung di artikel ini.