fbpx

Mengenal Konferensi Model United Nations (MUN) Lebih Jauh

Dear, Kawan Rantau! Apakah kamu pernah mendengar tentang Model United Nations? Biasanya, anak-anak yang tertarik pada jurusan hubungan internasional lebih sering mendengar istilah ini. Akan tetapi, bukan berarti konferensi Model United Nations hanyalah untuk anak HI. Penasaran lebih lanjut mengenai kegiatan ekstrakurikuler satu ini? Berikut pembahasan lengkap kami.

Apa itu Model United Nations?

Sumber: internationalglobalnetwork.com

Model United Nations (MUN) atau yang juga disebut sebagai Model UN merupakan kegiatan ekstrakurikuler berupa simulasi sidang Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). Para peserta MUN akan berperan sebagai delegasi dari negara atau organisasi yang telah ditentukan.

Biasanya, konferensi ini diadakan oleh klub MUN di sekolah menegah maupun kampus. Pada akhir konferensi, delegasi yang paling menonjol bisa mendapatkan penghargaan.

Manfaat mengikuti MUN

Dengan mengikuti MUN, maka kamu akan mendapatkan banyak manfaat. Kamu akan diajari dasar-dasar melakukan riset, kemampuan berbicara di depan umum, berdebat, hingga kemampuan menulis. Kemudian, kemampuan berpikir kritis, kerja sama, dan kepemimpinan juga akan diasah melalui simulasi ini.

Kemudian, kamu juga bisa memperluas pengetahuanmu di luar materi yang kamu dapatkan di kelas. Sebagai contoh, tema dari MUN terkadang sangatlah khusus, seperti kebijakan lingkungan terkait perubahan iklim dan lainnya.

Tema-tema khusus ini terkadang tidak dibahas secara keseluruhan di kelas. Sedangkan, sebagai delegasi, kamu harus menguasai mengenai topik tersebut dan stand point dari negara yang kamu wakili.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, meskipun konferensi ini dekat dengan dunia anak HI, kamu tak wajib harus berasal dari jurusan HI untuk mengikuti konferensi ini. Bahkan, anak jurusan teknik atau kedokteran saja juga bisa mengikutinya asalkan kemampuannya mumpuni.

Lalu, tentu saja dengan mengikuti MUN, kamu bisa memperluas jejaring. Terkadang, dengan mengikuti MUN, kamu bisa bertemu dengan banyak delegasi dari berbagai universitas, bahkan dari berbagai negara.

Terakhir tentu saja mengenai kemampuan berdiplomasi. Mengikuti MUN dapat membantu kamu melatuh kemampuan untuk bernegosiasi secara profesional. Apakah kamu ingin menjadi diplomat? Maka MUN bisa menjadi salah satu wadah bagimu untuk berlatih menjadi diplomat yang sesungguhnya.

Konferensi MUN bergengsi di dunia

Sumber: bestdelegates.com

Konferensi MUN di dunia sangatlah beragam. Beberapa di antaranya memiliki reputasi bergengsi dan diminati oleh seluruh pelajar di seluruh dunia. Salah satu konferesi MUN paling bergengsi di dunia adalah Harvard National Model United Nations (HNMUN). Konferensi merupakan salah satu konferensi MUN terbesar dan tertua di dunia.

HNMUN pertama kali diadakan pada tahun 1954 dan terus dilaksanakan setiap bulan Februari di Boston Park Plaza Hotel, Boston, Massachusetts. Sekarang ini, HNMUN menampung lebih dari 2.500 peserta tiap tahunnya.

Selain HNMUN, ada juga The European International Model United Nations (TEIMUN). Konferensi satu ini diadakan setiap musim panas di The Hague, Belanda. TEIMUN merupakan konferensi MUN tertua di Kawasan Eropa, yakni dimulai sejak tahun 1986.

Sayangnya, menyusul menyebarnya pandemi COVID-19, pelaksanaan dari TEIMUN 2020 harus dibatalkan. Berdasarkan hasil diskusi dari penyelenggara, konferensi yang sejatinya akan dilaksanakan pada bulan Juli ini terpaksa dibatalkan menimbang berbagai concern yang ada.

Namun demikian, mengikuti kompetisi MUN akan memberikan banyak sekali manfaat, Kawan Rantau. Jadi, apabila tertarik untuk mengikutinya, carilah wadah yang tepat untuk mempelajari konferensi satu ini.

Baca juga perbedaan dari jurusan ilmu hubungan internasional dan ilmu politik.

For Your Information

Apa itu Model United Nations?

Model United Nations (MUN) atau yang juga disebut sebagai Model UN merupakan kegiatan ekstrakurikuler berupa simulasi sidang Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). Para peserta MUN akan berperan sebagai delegasi dari negara atau organisasi yang telah ditentukan.

Apa manfaat mengikuti konferensi MUN?

Baca pembahasan lengkap kami melalui artikel berikut ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Boston?