fbpx

Mengenal Jurusan Biologi: Ilmu Tentang Makhluk Hidup yang Luas

Ilmu biologi merupakan salah satu jurusan yang sangat luas untuk dipelajari. Ilmu satu ini akan membahas seluruh hal dalam prses kehidupan, mulai dari molekul hingga komunitas makhluk hidup. Sebagai salah satu cabang dalam ilmu sains, otomatis jurusan biologi bisa menjadi pilihan apabila kamu tidak tertarik untuk bertemu dengan matematika.

Apa itu biologi?

Sumber: pexels.com

Biologi secara harfiah dapat diartikan sebagai ilmu kehidupan. Melalui jurusan ini, kamu akan mempelajari struktur, fungsi, pertumbuhan, hingga evolusi dari makhluk hidup.

Setidaknya, ada sembilan sub bidang yang dapat kamu pelajari dalam biologi, yakni biokimia, botani, biologi seluler, ekologi, biologi evolusi, genetika, biologi molekuler, fisiologi, dan zoologi.

Meskipun demikian, pada dasarnya seluruh sub bidang tersebut saling bersinggungan. Jadi, kamu bisa mempelajarinya dalam biologi secara keseluruhan.

Apa yang bisa saya lakukan setelah lulus?

Pada dasarnya, karir untuk para lulusan biologi sangatlah beragam. Selain bisa menjadi peneliti, kamu juga bisa berkarir di industri maupun pemerintahan. Ilmu ini sangatlah luas, jadi sangat memungkinkan pengetahuan yang kamu miliki berguna di berbagai bidang.

Akan tetapi, tak jarang pula para lulusan biologi memilih untuk melanjutkan studi dengan penjurusan yang lebih spesifik. Hal ini akan mengerucutkan minatmu dalam bidang karir tertentu. Meskipun demikian, melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi tak menjadi kewajiban.

Jurusan-jurusan biologi terbaik di dunia

Sumber: mcb.harvard.edu

Berdasarkan QS World University Rankings by Subject 2020, kamu bisa menemukan jurusan biologi terbaik di dunia di universitas berikut ini:

  1. Harvard University, Amerika Serikat
  2. University of Cambridge, Inggris
  3. ETH Zurich, Swiss
  4. University of Toronto, Kanada
  5. University of Tokyo, Jepang
  6. National University of Singapore, Singapura
  7. University of Copenghagen, Denmark
  8. Ludwig-Maximilians-Universitat Munchen, Jerman
  9. Tsinghua University, China
  10. Karolinska Institutet, Swedia

Demikianlah pembahasan mengenai jurusan ilmu Biologi, Kawan Rantau. Pada dasarnya, ilmu satu ini bukan sekadari tentang kehidupan makhluk hidup. Akan tetapi, jauh lebih luas dari itu. Apakah kamu tertarik untuk melanjutkan studi di jurusan biologi?

Baca juga alasan mengapa kamu harus kuliah Sustainability Studies di Swedia.

For Your Information

Apa itu jurusan biologi?

Biologi secara harfiah dapat diartikan sebagai ilmu kehidupan. Melalui jurusan ini, kamu akan mempelajari struktur, fungsi, pertumbuhan, hingga evolusi dari makhluk hidup.

Apa yang bisa saya lakukan setelah lulus dari jurusan biologi?

Baca pembahasannya di artikel berikut ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Beijing?