fbpx

Mengenal Jurusan Arsitektur yang Menggabungkan Teknik dan Seni

Jurusan arsitektur adalah jurusan yang mengajak kamu untuk membayangkan, mendesain, dan mengonstruksi jalanan dan banunan masa depan. Terminologi dari arsitektur digunakan untuk menggambarkan struktur fisik, seperti bangunan. Akan tetapi, terminologi tersebut juga digunakan untuk menjelaskan teknik dalam mendesain suatu bangunan, maupun metode konstruksi.

Mempelajari arsitektur memang tidaklah mudah, bahkan bisa dibilang cukup menantang. Biasanya, perkuliahan arsitektur akan memakan waktu selama tiga sampai tujuh tahun. Untuk bisa menjadi seorang arsitek, kamu tidak hanya harus menjalani perkuliahan, tapi juga menjalani kerja praktik.

Apa yang bisa dipelajari di jurusan arsitektur?

Jurusan arsitektur adalah jurusan yang menggabungkan teknik dan seni
Sumber: sidleearchitecture.com

Pada dasarnya, jurusan arsitektur termasuk pilihan yang populer dan juga kompetitif. Mempelajari jurusan arsitektur di universitas akan membutuhkan serangkaian kemampuan yang dikombinasikan dengan pengasahan dua bagian otak, yakni sisi kreatif dan logis.

Seperti yang telah disinggung, jurusan arsitektur adalah jurusan yang menggabungkan bidang teknik dan seni. Ketika kamu menjalani kuliah arsitektur, maka kamu akan mempelajari teknik dan matematika sembari mengasah kreativitas. Tak lupa, kamu juga harus bisa memahami teknologi modern dan tren kebudayaan.

Setiap universitas memiliki pendekatan masing-masing untuk menyediakan perkuliahan arsitektur. Banyak dari mereka yang mengajarkan jurusan ini di kelas, ada juga yang menggabungkannya dengan studi lapangan.

Sejumlah mata kuliah kunci yang biasanya didapatkan oleh pelajar jurusan arsitektur adalah teknik struktural, sejarah arsitektur, prinsip-prinsip lingkungan dari desain dan bangunan serta ilmu material.

Apa yang bisa saya lakukan setelah lulus?

Tentu profesi utama yang disasar oleh para lulusan arsitektur adalah menjadi seorang arsitek. Akan tetapi, banyak sekali alternatif karir yang bisa kamu pilih. Kamu bisa menggunakan kemampuan yang telah kamu kembangkan selama kuliah untuk berkarir di industri lainnya. Sebagai contoh, kamu bisa mengambil peran dalam desain grafis, industri film, kebijakan perumahan, maupun kerja lingkungan.

Bahkan, kamu bisa menjadi peneliti dan akademisi yang berfokus pada arsitektur maupun industri konstruksi secara general.

Jurusan-jurusan arsitektur terbaik di dunia

Jurusan arsitektur terbaik di dunia ada di MIT
Massachusetts Institute of Technology (MIT). Sumber: http://www.redbubble.com

Apabila kamu tertarik untuk mendalami jurusan arsitektur, maka berikut merupakan daftar universitas yang menawarkan jurusan arsitektur terbaik di dunia berdasarkan QS World University Rankings by Subject 2020:

  1. Massachusetts Institute of Technology (MIT), Amerika Serikat
  2. Delft University of Technology, Belanda
  3. University College London, Inggris
  4. ETH Zurich, Swiss
  5. Politecnico di Milano, Italia
  6. Tsinghua University, China
  7. National University of Singapore (NUS), Singapura
  8. University of Hong Kong, Hong Kong
  9. University of Tokyo, Jepang
  10. University of Melbourne, Australia

Jurusan arsitektur memang merupakan jurusan yang unik. Tidak hanya belajar tentang teknik dan perhitungan matematika, tapi juga mengasah kreativitas dan imajinasi. Dengan demikian, dapat dikatakan jurusan satu ini merupakan jurusan yang kaya dan penuh tantangan. Apakah kamu tertarik untuk memilih jurusan arsitektur, Kawan Rantau?

Baca juga ulasan mengenai daftar 5 sekolah arsitektur terbaik di dunia.

For Your Information

Apa itu jurusan arsitektur?

Jurusan arsitektur adalah jurusan yang mengajak kamu untuk membayangkan, mendesain, dan mengonstruksi jalanan dan banunan masa depan. Terminologi dari arsitektur digunakan untuk menggambarkan struktur fisik, seperti bangunan. Akan tetapi, terminologi tersebut juga digunakan untuk menjelaskan teknik dalam mendesain suatu bangunan, maupun metode konstruksi.

Apa yang akan saya pelajari di jurusan arsitektur?

Kamu bisa mempelajari banyak hal, Kawan Rantau. Kamu bisa belajar dari teknik dan matematika hingga seni dan sejarah.

Apa yang bisa saya lakukan setelah lulus dari jurusan arsitektur?

Temukan jawaban lengkapnya di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Beijing?