fbpx

Mengenal Jstor: Perpustakaan Digital Sumber Jurnal-jurnal Tua

Mengerjakan paper dan esai sudah menjadi makanan sehari-hari para mahasiswa. Terkadang, banyak yang kesulitan yang dialami oleh para mahasiswa ketika mengerjakannya. Salah satunya adalah keterbatasan referensi yang mereka miliki. Maka dari itu, inilah saatnya kamu mengenal Jstor (Jstor.org), perpustakaan digital sumber jurnal-jurnal tua.

Tentang Jstor

Jstor-perpustakaan-digi
Sumber: about.jstor.org

Pada dasarnya, Jstor merupakan sebuah perpustakaan digital yang didirikan pada tahun 1995. Awalnya, perpustakaan ini berisikan berbagai jurnal akademik dalam format digital. Lambat laun, koleksi dari perpustakaan ini mulai merambah buku dan lainnya.

Sampai sekarang, Jstor telah menyediakan lebih dari 12 juta artikel jurnal akademik, buku, serta sumber primer lainnya untuk 75 disiplin ilmu.

Awal Mula Jstor

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, William G. Bowen sebagai rektor Princeton University periode 1972-1988, mulai mendirikan Jstor pada tahun 1995. Alasan pendiriannya sederhana. Ia melihat bahwa perpustakaan fisik sekarang sedangan mengalami permasalahan yang cukup serius. Dalam artian, tidak ada cukup ruang untuk menyimpan hasil penelitian yang terus meningkat tiap tahunnya.

Maka dari itu, Bowen merasa ketika artikel jurnal dan lembar akademik lainnya dibuatkan bentuk digitalnya, maka akan bisa bertahan untuk jangka lebih lama. Apalagi, akan membuatnya lebih mudah diases.

Sejak pertama kali berdiri, Jstor didanai oleh Andrew W. Mellon Foundation. Hingga Januari 2009, Jstor masih beroperasi secara independen dengan kantor yang ada di New York dan Ann Arbor, Michingan. Barulah kemudian, Jstor bergabung dengan sebuah organisasi non profit Ithaka Harbors, Inc..

Bagaimana saya bisa mengakses Jstor?

Jstor perpustakaan digital
Sumbe: store.hp.com

Untuk dapat mengakses seluruh isi Jstor secara keseluruhan, maka kamu diharuskan memiliki akun. Ada beberapa pilihan langganan yang bisa kamu pilih. Mulai dari USD 19.50 per bulannya atau USD 199 per tahunnya.

Akan tetapi, kabar baik bagimu apabila kampus tempatmu bernaung sudah memasukkan langganan penyedia jurnal sebagai salah satu fasilitas yang disediakan. Jadi, kamu bisa mengakses Jstor secara gratis.

Dengan mengakses Jstor secara gratis, maka kamu akan jauh lebih mudah mencari referensi untuk tugas perkuliahanmu. Apalagi, semua jurnal yang berada di Jstor merupakan jurnal-jurnal yang terpercaya. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, manfaatkan perpustakaan digital yang tak lekang oleh waktu ini.

Kamu juga harus cari tahu aplikasi luar negeri terbaik yang bisa membantu belajarmu jadi lebih gampang.

For Your Information

Di manakah saya bisa mencari sumber referensi yang lengkap?

Kamu bisa mendapatkan sumber referensi yang lengkap secara digital melalui Jstor.

Apakah saya bisa men-download jurnal internasional secara gratis?

Bisa. Asalkan kampusmu memang melanggan penyedia jurnal tersebut.

Apa itu Jstor?

Jstor adalah perpustakaan digital penyedia jurnal-jurnal internasional. Informasi lebih lanjut silakan baca artikel ini.