Mengenal 5 Universitas Terbaik di Kawasan Timur Tengah

Belajar di luar negeri merupakan kesempatan langka yang ditunggu oleh banyak pelajar. Terdapat aspek yang harus diperhatikan ketika memutuskan studi ke luar negeri, salah satunya yaitu ranking universitas melalui QS World University Rankings. Tidak ketinggalan dari Eropa, kawasan Timur Tengah juga memiliki kampus terbaik yang menjadi kebanggaan alumni dan pemerintahnya. Yuk, simak ulasannya di bawah ini! Barangkali kamu jadi berminat belajar di negeri padang pasir.

5. United Arab Emirates University (QS Global Word Ranking: 329)

Sumber: www.literegal.co.uk

Universitas yang satu ini merupakan kanpus tertua di kawasan United Arab Emirates (UAE). Kampus ini membuka program sarjana dan pascasarjana untuk jurusan Sains dan Sosial. Selain itu, universitas ini selalu beriniovasi demi memajukan peradaban, seperti pada November 2016, kampus ini mengadakan simposium pertamanya di bidang ilmu Biologi “Genomics & Bioinformatics”. Acara tersebut dihadiri oleh para ahli dari beragam negara.

4. King Saud University (QS Global Word Ranking: 281)

Sumber: ksu.edu.sa/en/colleges

Peringkat 4 ditempati oleh King Saud University (KSU) yang berlokasi di Riyadh, Arab Saudi. Jika kamu membayangkan bahwa kampus di Arab hanya memiliki jurusan kitab kuning, maka hal itu salah besar. Kampus tertua di Arab ini membuka beberapa fakultas yang fokus pada bidang Sains, Kesehatan, dan Humaniora.

Jika kamu ingin belajar di sana, maka pastikan mampu Bahasa Arab, setidaknya level dasar. Pasalnya, Bahasa Inggris digunakan sebagai pengantar untuk program sarjana kedokteran dan teknik, sedangkan Bahasa Arab digunakan untuk mata kuliah yang lain. Saking pentingnya bahasa, universitas unggul ini menekankan kepada pelamar internasional non-Arab untuk lulus ujian Bahasa Arab ketika mereka melamar melalui beasiswa.

3. King Abdulaziz University (KAU) (QS Global Word Ranking: 186)

Sumber: http://cubemetal.com

King Abdulaziz University (KAU) berlokasi di Jeddah, Mekkah, Arab Saudi. Hebatnya, kampus top timur tengah ini pernah menjadi peringkat 1 di Arab pada tahun 2016 versi Times Higher Education. Selain itu, kampus ini juga mencetak alumni hebat, seperti Sulaiman Abdul Aziz Al Rajhi yang merupakan miliarder Saudi sekaligus salah satu orang terkaya di dunia. Jika kamu ingin sukses dan rendah hati, di sinilah tempat yang cocok untuk menempa dirimu dengan ilmu-ilmu universal, seperti hukum, administrasi, dan lain sebagainya.

2. American University of Beirut (AUB) (QS Global Word Ranking: 244)

American University of Beirut

Kalau kamu merasa hanya Arab Saudi yang memiliki gudang ilmu pengetahuan di Timur Tengah, maka kita geser sedikit ke Lebanon. Kampus American University of Beirut (AUB) merupakan perguruan tinggi swasta yang didirikan pada tahun 1866. Perguruan tinggi favorit ini memiliki 800 fakultas instruksional dengan 120 program yang terdiri atas gelar sarjana (S1), master (S2), MD, dan PhD. Selain itu, fasilitas penunjangnya juga lengkap, jadi mahasiswa juga semangat menimba ilmu.

1. King Fahd University of Petroleum & Minerals ( QS Global Word Ranking: 200)

Sumber: https://d.newsweek.com/en/

King Fahd University of Petroleum & Minerals merupakan pentolan dan contoh untuk perguruan tinggi di Timur Tengah. Di Arab Saudi, universitas ini memiliki jurusan Sains dan Teknologi yang unggul dan maju peradabannya. Fakultas yang dibuka yaitu teknik perminyakan dan geosains, sains, manajemen industri, science computer and engineering dan lainnya. Alumninya berhasil menduduki posisi penting di perusahaan minyak dan mineral. Demi kesejahteraan mahasiswa, universitas ini juga menawarkan beasisea untuk studi S2 dan S3. Mantap, kan!

Itulah 5 universitas terbaik di kawasan Timur Tengah. Jadi, kata siapa kuliah di Arab dan Timur Tengah hanya belajar kitab kuning dan ilmu agama? Kamu juga bisa seimbang dengan belajar beragam ilmu universal di sana dan lulus dengan pengalaman terbaik. Jadi, apakah kamu sudah memiliki minat menimba ilmu di kawasan semenanjung Arab? Pantau terus informasinya supaya kamu tidak melewatkan informasi pendaftaran dan beasiswa.