fbpx

Mengenal 5 Universitas Terbaik di Inggris untuk Jurusan Psikologi

Psikologi merupakan salah satu jurusan yang banyak diminati tapi kurang terserap di industri kesehatan mental. Padahal, menurut WHO, sekarang ini dunia sedang darurat kesehatan mental. Maka dari itu, para lulusan psikologi menjadi dibutuhkan. Inggris merupakan salah satu negara terbaik untuk kuliah psikologi karena standarnya yang terjamin. Lalu, kira-kira mana saja universitas terbaik di Inggris untuk jurusan psikologi?

Berikut merupakan pembahasan kami mengenai universitas terbaik di Inggris untuk jurusan Psikologi.

1. University of Cambridge

Sumber: studyinternational.com

Berdasarkan pemeringkatan QS World University Rankings by Subject 2020, jurusan psikologi dari University of Cambridge berhasil menduduki peringkat ketiga dunia. Hal ini mengakibatkan University of Cambridge menjadi universitas yang menawarkan jurusan psikologi terbaik di Inggris.

Di Cambridge, jurusan psikologi dapat dikaji melalui lensa Natural Science maupun Psychological and Behavioural Science. Kedua program tersebut pada dasarnya telah diakreditasi oleh British Psychological Society.

Pembelajaran di Oxford nantinya akan disampaikan oleh staf pengajar dan juga para pemimpin dunia di bidang terkait. Kemudian, mekanisme pembelajarannya pun bisa berupa perkuliahan biasa, seminar, hingga kelas praktik.

2. University of Oxford

Sumber: ox.ac.uk

Psikologi telah didefinisikan sebagai ilmu kesehatan mental dan melingkupi berbagai isu. Di Oxford, Psikologi merupakan disiplin ilmiah yang melibatkan berbagai percobaan dan pengamatan yang sistematik.

Dalam pemeringkatan QS, Oxford terpaut satu tingkat dari Cambridge, yakni di peringkat keempat. Tentunya, hal ini mengantarkan Oxford menjadi universitas terbaik kedua di Inggris untuk jurusan Psikologi.

Durasi perkuliahan psikologi untuk jenjang S1 memakan waktu selama 3 tahun. Selama kamu berkuliah di universitas ini, kamu akan menemui berbagai pilihan proyek penelitian, mulai dari proyek dari pihak departemen, maupun dari luar universitas.

Experimental Psychology dari University of Oxford memiliki fasilitas yang baik dan juga hubungan dekat dengan neurosains, termasuk neurofisiologi dan neurologi. Kemudian, Oxford juga dikenal sebagai pusat penelitian psikologi paling aktif di Inggris.

3. University College London

Sumber: collegelah.com

Jurusan psikologi di UCL menawarkan jumlah peneliti yang besari Inggris. Kemudian, penelitian yang ada di UCL akan terdiri dari lintas disiplin, mulai dari kepemimpinan, hingga psikologi perkembangan.

Psikologi UCL merupakan salah satu yang terbaik di Inggris maupun Eropa. Kualitas pengajaran di UCL sangatlah baik dan mampu mengakomodasi berbagai jenis penelitian di bidang psikologi.

Ketika kamu berkuliah di UCL, maka kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk terlibat langsung dalam sejumlah penelitian di UCL. Salah satu bidang psikologi yang menjadi unggulan di UCL adalah cognitive neuroscience.

Berdasarkan pemeringkatan QS, UCL menduduki peringkat ke-7 dan berhasil mengungguli Yale University dan Massachusetts Institute of Technology (MIT) yang ada di Amerika Serikat.

4. King’s College London

Sumber: kcl.ac.uk

Selain UCL, kamu juga bisa memilih King’s College London sebagai universitas tujuanmu. Berdasarkan pemeringkatan QS, King’s berhasil menduduki peringkat ke-20 untuk jurusan psikologi. Hal ini membuat King’s resmi menjadi universitas terbaik keempat di Inggris untuk jurusan yang dekat dengan kesehatan mental ini.

Memilih untuk belajar psikologi di King’s berarti bergabung dengan pusat penelitian dan pembelajaran psikologi terbesar di Eropa. Kemudian, kamu juga akan dikenalkan dengan berbagai pendekatan yang dapat kamu gunakan untuk menerapkan ilmu psikologi dalam kehidupan sehari-hari. 

Salah satu kelebihan dari King’s adalah, mereka memiliki kemitraan dengan South London & Maudsley Hospital (SLaM). Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk melakukan magang atau kegiatan volunteer di rumah sakit tersebut.

Durasi perkuliahan psikologi di King’s biasanya memakan waktu selama tiga tahun. Akan tetapi apabila kamu ingin sekaligus mendapatkan pendidikan profesi, kamu bisa menghabiskan waktu di King’s selama empat tahun.

5. University of Edinburgh

Sumber: theguardian.com

Universitas terakhir yang termasuk ke dalam daftar ini adalah University of Edinburgh. Terpaut empat posisi dari King’s College London, Edinburgh berhasil menduduki peringkat ke-24 dalam pemeringkatan QS.

Departemen Psikologi dari University of Edinburgh telah berdiri sejak tahun 1906. Sejak tahun 2003, departemen satu ini termasuk ke dalam School of Philosophy, Psychology, & Language Sciences. Setidaknya, sekarang terdapat 40 pengajar akademis untuk seluruh bidang psikologi, mulai dari kognisi, perkembangan, perbedaan individu, neurosains, dan psikologi sosial.

University of Edinburgh terkenal dengan upayanya dalam mendukung kesadaran akan kesetaraan dan keberagaman. Maka dari itu, universitas ini terbuka bagi siapa saja meskipun berbeda latar belakang.

Departemen Psikologi dari University of Edinburgh memiliki reputasi yang sangat baik di bidang penelitian dan pengajaran. Tak hanya itu, universitas ini juga selalu mendukung kesejahteraan mahasiswa.

Selain kelima universitas di atas, kamu juga bisa memilih London School of Economics and Political Science (LSE), University of Manchester, dan Cardiff University sebagai pilihan. Bagaimana menurut kamu, Kawan Rantau? Apakah kamu tertarik untuk mempelajari psikologi di Inggris?

Baca juga rekomendasi universitas di Amerika untuk jurusan psikologi terbaik.

For Your Information

Mengapa penting untuk mengambil jurusan psikologi?

Psikologi merupakan salah satu jurusan yang banyak diminati tapi kurang terserap di industri kesehatan mental. Padahal, menurut WHO, sekarang ini dunia sedang darurat kesehatan mental. Maka dari itu, para lulusan psikologi menjadi dibutuhkan.

Dimana universitas terbaik di Inggris untuk jurusan psikologi?

Baca pembahasan lengkap kami di artikel ini, Kawan Rantau.

Ingin mengetahui cerita lain di Cambridge?