fbpx

Mengenal 5 Universitas Terbaik di Belanda untuk Jurusan Hukum

Tidak dapat dipungkiri bahwa Belanda merupakan salah satu negara tujuan favorit pelajar Indonesia. Adanya kedekatan historis membuat Belanda menjadi menarik untuk dijadikan tempat melanjutkan studi. Salah satu jurusan yang paling diminati di negara ini adalah hukum. Tentu, banyak alasan mengapa kamu harus kuliah di jurusan hukum. Akan tetapi, kali ini kami akan lebih berfokus pada pembahasan daftar 5 universitas terbaik di Belanda untuk jurusan Hukum.

1. Leiden University

Sumber: annemariemiddleburg.com

Leiden University selalu menjadi favorit bagi para pelajar Indonesia. Tentu, universitas ini bisa dibilang menjadi universitas impian bagi para mahasiswa hukum. Berdasarkan pemeringkatan QS World University Rankings by Subject 2020, Leiden University berhasil menduduki peringkat ke-24 dunia. Hal ini menjadikan Leiden sebagai universitas terbaik di Belanda untuk jurusan hukum.

Leiden Law School merupakan salah dari tujuh fakultas di Leiden University. Setiap tahunnya, ada lebih dari 1.000 orang yang memilih untuk belajar hukum, kenotariatan, hukum perpajakan, ataupun kriminologi di Leiden. Pada akhirnya, banyak yang menyatakan bahwa “Leiden is the place for Law.” 

2. University of Amsterdam

Sumber: Youtube.com

University of Amsterdam juga menjadi salah satu favorit bagi para pelajar yang ingin melanjutkan studi hukum di Belanda. Berdasarkan pemeringkatan QS, universitas ini berhasil menduduki peringkat ke-34 dunia. Otomatis, Amsterdam Law School resmi menjadi universitas terbaik kedua di Belanda untuk jurusan hukum.

Pada dasarnya, Amsterdam Law School merupakan satu dari lima fakultas pertama yang berdiri di UvA pada tahun 1877. Sekarang ini, Amsterdam Law School terletak di Roeters Island. Di universitas ini, kamu bisa menemukan berbagai program studi, mulai untuk jenjang S1, S2, maupun PhD.

Untuk program S1, kamu bisa menemukan program Politics, Psychology, Law and Economics (PPLE), sebuah program S1 interdisiplin yang berdurasi tiga tahun. Program ini diajarkan sepenuhnya dalam bahasa Inggris. Tentunya, jurusan satu ini lumayan mirip dengan jurusan Philosophy, Politics & Economics (PPE).

3. Maastricht University

Sumber: maastrichtuniversity.nl

Posisi universitas terbaik ketiga untuk jurusan hukum di Belanda diraih oleh Maastricht University. Universitas ini berhasil menduduki peringkat ke 51-100 dalam pemeringkatan QS. 

Berbeda dengan Leiden dan UvA, pada dasarnya Maastricht University merupakan pioner dari kelas berukuran kecil. Fokus utama dari Maastricht University adalah aspek Eropa dan internasional dari hukum, hak asasi manusia, migrasi, dan unsur empiris lainnya.

Kemudian, Maastricht University merupakan universitas yang menawarkan program untuk seluruh jenjang, yakni untuk program S1, S2, dan juga PhD. Pada dasarnya, salah satu tujuan dari Maastricht University adalah mencetak para lulusan hukum yang mampu mengambil berbagai peran di masa depan. Yang pasti, Maastricht termasuk tempat yang spesial bagi para mahasiswa untuk mempelajari hukum.

4. Tilburg University

Sumber: flickr.com

Tilburg University merupakan universitas negeri yang berada di Tilburg. Universitas satu ini memiliki kekhususan di bidang ilmu sosial dan behavioral, ekonomi, hukum, bisnis, teologi, dan juga humaniora. 

Untuk jurusan hukum, Tilburg University berhasil masuk ke dalam jajaran 100 universitas terbaik dunia. Berdasarkan pemeringkatan QS, jurusan hukum dari Tilburg University berhasil menduduki peringkat ke 50-100.

Di Tilburg Law School, kamu bisa menemukan berbagai program di bidang hukum maupun administrasi negara. Setidaknya, kamu bisa memilih satu dari 5 program S1 ataupun 10 program S2 yang ada. Yang pati, Tilburg Law School telah menjadi salah satu fakultas hukum terbaik di Belanda.

5. Utrecht University

Sumber: uu.nl

Ketika membahas universitas terbaik di Belanda untuk jurusan hukum, maka kita tidak dapat begitu saja melupakan Utrecht University. Sebagai salah satu universitas tertua di Belanda, tentu Utrecht memiliki ciri khas dan kualitas akademis yang mumpuni.

Berdasarkan pemeringkatan QS, Utrecht berhasil mendapatkan posisi yang sama dengan Maastricht dan Tilburg. Iya, ketiganya menduduki peringkat ke 51-100 dunia.

Utrecht University dikenal sebagai salah satu universitas riset terbaik di berbagai bidang hukum, mulai dari hukum perdata, pidana, administratif dan konstitusional, maupun internasional. Sejumlah mitra asing pun banyak yang berkolaborasi dengan Utrecht. Pada akhirnya, penelitian hukum di Utrecht akan sangat kaya dan beragam.

Selain kelima universitas di atas, kamu juga bisa memilih universitas pilihan lainnya seperti Erasmus University Rotterdam, University of Groningen, dan Vrije Universiteit Amsterdam. Tentunya, bisa melanjutkan studi hukum di negara yang memiliki sistem hukum yang serupa merupakan kesempatan yang luar biasa. Maka dari itu, mengapa tidak untuk kuliah hukum di Belanda, Kawan Rantau!

Baca juga informasi mengenai program Hukum Hak Anak Internasional yang disediakan oleh Leiden University.

For Your Information

Mengapa Belanda menjadi negara tujuan favorit para pelajar Indonesia?

Salah satu hal yang tidak dapat dipungkiri adalah karena adanya kedekatan historis.

Dimana jurusan hukum terbaik di Belanda berada?

Temukan daftar lengkapnya di artikel ini. Yang pasti, Leiden University termasuk ke dalam daftar ini, Kawan Rantau.

Ingin mengetahui cerita lain di Amsterdam?