fbpx

Mengenal 5 Universitas Terbaik Australia dalam Hasilkan Lulusan Siap Kerja

QS Graduate Employability Rankings merupakan sebuah pemeringkatan tahunan yang memetakan universitas-universitas di dunia dalam menghasilkan lulusan siap kerja. Australia merupakan salah satu negara dengan universitas terbaik yang menghasilkan lulusan siap kerja. Maka dari itu, kali ini akan membahas 5 universitas terbaik Australia dalam menghasilkan lulusan siap kerja.

5. Australian National University (ANU)

universitas australia siap kerja - ANU
Sumber: cecs.anu.edu.au

Lulusan dari ANU telah dikenal sebagai lulusan paling siap kerja di Australia. Hal ini menunjukkan bahwa para lulusan ANU merupakan lulusan paling dicari di bidang pemerintahan, industri, dan juga bisnis di Australia maupun luar negeri.

Berdasarkan pemeringkatan QS, ANU menduduki peringkat ke-66. Hal ini membuat ANU menduduki posisi ke-5 terbaik dalam menghasilkan lulusan siap kerja di Australia.

Salah satu hal yang mendorong pencapaian ini adalah kualitas pengajaran yang baik dengan memanfaatkan ukuran kelas yang kecil. Kemudian, ANU juga mendorong para mahasiswanya untuk mencari pengalaman ke berbagai institusi terbaik, termasuk ke luar negeri. Tak heran apabila para lulusan ANU telah mendapatkan seperangkat keahlian sebelum mereka lulus.

4. University of Queensland

Sumber: law.uq.edu.au

Dalam hal lulusan siap kerja, University of Queensland berhasil menduduki peringkat pertama di Queensland, dan keempat di Australia.

University of Queensland selalu berupaya membuat program dan aktivitas yang memungkinkan para mahasiswa meningkatkan kemampuan dan keahlian mereka. Tentunya, kemampuan dan keahlian tersebut akan dibutuhkan ketika mereka turun ke dunia bisnis dan industri.

Dengan semakin berkembangnya teknologi, University of Queensland mendorong supaya mahasiswa dapat menguasai berbagai kemampuan dan pengetahuan di berbagai bidang. Hal ini ditujukan untuk membuat lulusan dari University of Queensland dapat bertahan di bidang karir yang berbeda-beda.

Pengembangan aktivitas kewirausahaan juga menjadi salah satu hal yang dikembangkan oleh University of Queensland. Tak lupa pula pemberian kesempatan bagi para mahasiswa untuk melakukan magang di industri dan perusahaan yang telah bermitra dengan University of Queensland.

3. University of New South Wales (UNSW)

universitas australia siap kerja - UNSW
Sumber: unsw.adfa.edu.au

University of New South Wales (UNSW) berhasil menduduki peringkat ketiga dalam hal menghasilkan lulusan siap kerja di Australia.Naik satu tingkat dari posisi sebelumnya ke peringkat ke-27 dunia, UNSW terus berkembang sedemikian rupa.

Selain sebagai salah satu penghasil lulusan siap kerja terbaik, UNSW juga menghasilkan lulusan dengan median penghasilan tertinggi di Australia. Berdasarkan Graduate Outcomes Survey 2018, para lulusan sarjana dari UNSW memiliki median pendapatan sebesar AU$61.000. Sedangkan, untuk lulusan pascasarjana, median pendapatan lulusan UNSW mencapai AU$83.300.

UNSW menekankan bahwa mereka berupaya selalu memberikan kesempatan bagi para mahasiswanya untuk selalu mengembangkan diri. Hal inilah yang membuat mereka memenuhi kualifikasi di pekerjaan-pekerjaan tertentu dengan penghasilan yang fantastis.

2. University of Melbourne

Sumber: alumni.unimelb.edu.au

Selama lebih dari 160 tahun, University of Melbourne hadir untuk terus berkontribusi pada masyarakat dan menarik para pelajar dan peneliti terbaik untuk bergabung dengan University of Melbourne.

Tahun ini, University of Melbourne berhasil mempertahankan posisinya di peringkat ke-7 QS Graduate Employability Rankings 2020. 

The Melbourne Model dipercaya menjadi salah satu kunci kesuksesan University of Melbourne dalam menghasilkan lulusan siap kerja terbaik.

Pada dasarnya, the Melbourne Model ini hadir untuk merespons perubahan dunia kerja. Dengan kehidupan profesional yang semakin kompleks, maka University of Melbourne berupaya untuk membekali para siswanya dengan berbagai keahlian yang beragam dan fleksibel. 

Sejumlah keahlian yang dipupuk melalui model ini adalah kemampuan teknis, komunikasi, dan interpersonal.

1. University of Sydney

universitas australia siap kerja - University of Sydney
Sumber: sydney.edu.au

Posisi pertama dari universitas terbaik di Australia yang menghasilkan lulusan siap kerja ditempati oleh University of Sydney. Pencapaian dari University of Sydney merupakan suatu hal yang membanggakan karena ia berhasil mengungguli Harvard University.

Sama seperti dengan universitas lainnya, University of Sydney juga melakukan kemitraan dengan sejumlah industri. Uniknya, mitra industri dari University of Sydney termasuk perusahaan-perusahaan besar seperti Accenture, Adobe, Ernst and Young, MS Research, Westpac, dan lainnya.

Kemudian, University of Sydney juga tergabung dalam Airbus Global University Partner Program. Melalui program ini, para mahasiswa bisa mendapat kesempatan untuk bepergian ke luar negeri untuk bekerja langsung dalam proyek Airbus di Inggris.

Selain kelima universitas di atas, Monash University, University of Technology Sydney, dan RMIT University juga bisa menjadi universitas pilihanmu karena mereka juga memiliki pencapaian baik dalam hal Graduate Employability Rankings.

Jadi, apakah kamu siap untuk berkuliah di Australia, Kawan Rantau? Kalau iya, jangan lupa cari tahu terlebih dahulu jurusan-jurusan favorit yang ada di Australia berikut ini.

For Your Information

Apa itu QS Graduate Employability Rankings?

QS Graduate Employability Rankings merupakan sebuah pemeringkatan tahunan yang memetakan universitas-universitas di dunia dalam menghasilkan lulusan siap kerja.

Universitas saja yang menjadi 5 terbaik di Australia?

Baca pembahasannya di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Canberra?