fbpx

Mengenal 3 Universitas Terbaik di Jepang untuk Jurusan Psikologi

Psikologi merupakan salah satu program studi yang diminati di kala isu kesehatan mental terus digaungkan. Faktanya, kebutuhan akan praktisi di bidang ini terus dibutuhkan setiap tahunnya. Apabila kamu tertarik untuk melanjutkan studi di jurusan Psikologi, maka berikut akan kami paparkan 3 universitas terbaik di Jepang yang menawarkan jurusan tersebut.

1. University of Tokyo

Sumber: berkuliah.com

Berdasarkan pemeringkatan QS World University Rankings by Subject 2020, program Psikologi di University of Tokyo menduduki peringkat 51-100. Hal ini membuat University of Tokyo resmi menjadi universitas terbaik di Jepang untuk jurusan Psikologi.

Salah satu program yang menarik dari University of Tokyo adalah Psikologi Sosial yang berada di bawah naungan Graduate School of Humanities and Sociology. Meskipun bidang psikologi sosial masih termasuk baru dalam ilmu sosial, bidang satu ini telah memberikan dampak yang luar biasa. Untuk program Psikologi Sosial di University of Tokyo sendiri bertujuan untuk menciptakan disiplin ilmu yang terintegrasi supaya bisa menjembatani antara ilmu sosial dan humaniora dengan sains.

Kemudian, untuk bidang psikologi lainnya yang tersedia di University of Tokyo adalah sebagai berikut:

  1. Department of Psychology
  2. Department of Cognitive and Behavioral Science
  3. Division of Educational Psychology
  4. Division of Clinical Psychology

2. Kyoto University

Sumber: usnews.com

Universitas kedua untuk jurusan psikologi terbaik di Jepang diraih oleh Kyoto University. Universitas yang berada di ibu kota kuno dari Jepang ini menawarkan salah satu program psikologi unggulan.

Untuk program studi Psikologi, kamu bisa menemukannya di Division of Behavioral Studies yang berada di bawah naungan Faculty of Letters. Melalui Departemen Psikologi, kamu akan diajak untuk memahami cara kerja pikiran dan pengoperasian otak untuk melakukan eksperimen dan observasi.

Pada dasarnya, terdapat tiga departemen utama di Kyoto University yang berfokus pada bidang psikologi selain di Faculty of Letters. Yakni, program Priskologi yang ada di Faculty of Education dan Faculty of Integrated Human Studies. Ketiganya pun akhirnya bergabung dan menjadi Kyoto University Psychology Union.

Tujuan utama dari Kyoto University Psychology Union adalah untuk menyediakan pemahaman komprehensif mengenai fungsi mental dengan mengintegrasikan pendekatan eksperimental, bidang, dan juga klinis ke dalam pikiran.

3. Keio University

Sumber: manoa.hawaii.edu

Universitas terakhir yang masuk ke dalam jajaran jurusan psikologi terbaik dunia adalah Keio University. Universitas swasta yang berada di Tokyo ini telah mengajarkan psikologi sejak tahun 1877. Dengan demikian, sejarah pengajaran Psikologi di Keio sangatlah panjang dan penuh tradisi. 

Berbagai macam topik pun diajarkan di program psikologi Keio, mulai dari neurosains, behavior metrik, psikosinematik, psikologi klinis, psikiatri, dan lainnya. Kemudian, para mahasiswa Keio diharapkan mampu membuat penelitian menggunakan perspektif internasional. Hal ini didasarkan dari upaya Keio untuk tetap bisa mengambil sisi global dari Psikologi.

Itulah daftar 3 universitas terbaik di Jepang untuk jurusan Psikologi, Kawan Rantau. Apakah kamu tertarik untuk mencoba menempuh studi di Negeri Sakura tersebut? Kalau iya, cari tahu lebih lanjut mengenai program yang ditawarkan dan keistimewaan dari masing-masing program.

Baca juga daftar 5 universitas perempuan favorit yang ada di Jepang.

For Your Information

Apakah saya bisa kuliah Psikologi di Jepang?

Mengapa tidak, Kawan Rantau. Sejumlah universitas di Jepang menawarkan program studi Psikologi yang menarik untuk kamu masuki.

Dimana jurusan psikologi terbaik di Jepang berada?

Bacalah artikel ini untuk mendapat jawaban lengkapnya.

Ingin mengetahui cerita lain di Kyoto?