fbpx

Mengenal 3 Universitas Terbaik di Jepang untuk Jurusan Hukum

Jurusan Hukum termasuk jurusan favorit di rumpun ilmu sosial. Sebagai salah satu ilmu yang praktikal, jurusan ini menarik minat banyak pelajar. Banyak yang merasa bahwa para lulusan hukum akan mudah mendapatkan karir, baik di bidang industri, pemerintahan, maupun organisasi non pemerintah. Kali ini, kami akan membahas lebih lanjut mengenai 3 universitas di Jepang yang tawarkan jurusan hukum terbaik.

1. University of Tokyo

Universitas terbaik Jepang untuk jurusan hukum - University of Tokyo
Sumber: u-tokyo.ac.jp

Berdasarkan pemeringkatan QS World University Rankings 2020 by Subject, University of Tokyo menduduki peringkat ke-20 dunia. Pencapaian ini termasuk sangat memuaskan karena hal itu berarti, University of Tokyo merupakan satu-satunya universitas Jepang yang masuk daftar 20 besar. Kemudian, pencapaian tersebut juga mengantar University of Tokyo menduduki peringkat pertama di Jepang untuk jurusan hukum terbaik.

Ketika kamu berkuliah di Fakultas Hukum dari University of Tokyo, kamu tidak hanya akan belajar dan melakukan penelitian tentang hukum. Kamu juga akan mempelajari subjek lainnya yang berkaitan, seperti ilmu politik hingga administrasi. 

Kemudian, University of Tokyo menekankan bahwa para lulusan dari Fakultas Hukum tidak hanya akan menjadi seorang pengacara. Banyak lulusan hukum dari University of Tokyo yang menempuh karir di berbagai bidang. Jadi, dapat dipastikan kamu bisa menemukan pengalaman yang menyenangkan ketika menjalani perkuliahan hukum di University of Tokyo.

Di Fakultas Hukum, University of Tokyo, kamu bisa menemukan tiga departemen utama, yakni sebagai berikut:

  1. General Legal Studies Course
  2. Legal Profession Course
  3. Political Science Course

2. Kyoto University

Sumber: hamamoto.law.kyoto-u.ac.jp

Reputasi dari Kyoto University tidaklah jauh berbeda dengan University of Tokyo. Dalam pemeringkatan kali ini, Kyoto University berhasil menduduki peringkat ke 51-100 dunia untuk jurusan hukum. Maka dari itu, Kyoto University berhasil menjadi universitas terbaik kedua yang menawarkan jurusan hukum di Jepang.

Selama beberapa dekade terakhir, Fakultas Hukum dari Kyoto University telah memainkan peran penting bagi aktivitas pengajaran dan penelitian hukum dan ilmu politik di Jepang. Dalam setiap pengajaran, pihak fakultas selalu menekankan komitmen mereka untuk memperkuat kemampuan mahasiswa dalam hal pengetahuan, opini, kebijaksanaan, dan pemikiran logis.

Untuk program pascasarjana, kamu bisa menempuh program Master of Laws (LL.M.) ataupun Doctor of Laws (LL.D) di universitas ini. Kemudian, jenjang sarjana pun juga tersedia di universitas ini. Jadi, kamu tidak perlu khawatir, Kawan Rantau.

3. Waseda University

Universitas terbaik Jepang untuk jurusan hukum - Waseda University
Sumber: llm-guide.com

Waseda University merupakan universitas swasta yang terletak di Shinjuku, Tokyo. Universitas ini telah berdiri sejak tahun 1882 sebagai Tokyo Senmon Gakko dan beralih nama menjadi Waseda University pada tahun 1902.

Berdasarkan pemeringkatan QS, jurusan hukum dari Waseda University menempati posisi yang sama dengan Kyoto University, yakni berada dalam peringkat 51-100. Dengan demikian, Waseda sama-sama menjadi universitas terbaik kedua di Jepang untuk jurusan hukum.

Mempelajari hukum di perguruan tinggi bagi lulusan sekolah menengah memang tidak mudah. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya pembelajaran hukum yang tersedia. Akan tetapi, Waseda University meyakinkan bahwa para mahasiswa hukum akan belajar dari awal. Tentunya, program Sarjana maupun Pascasarjana tersedia di Waseda. Jadi, kamu bisa memilih program yang kamu butuhkan di universitas satu ini.

Selain ketiga universitas di atas, universitas lainnya yang bisa menjadi pilihanmu adalah Osaka University, Hitotsubashi University, dan Kobe University. Dengan demikian, kamu bisa menemukan jurusan hukum terbaik di Jepang melalui universitas-universitas di atas. Jadi, apakah kamu tertarik untuk melanjutkan studi hukum di Jepang, Kawan Rantau?

Baca juga daftar 5 universitas terbaik untuk jurusan hukum.

For Your Information

Mengapa jurusan hukum jadi jurusan favorit?

Jurusan Hukum termasuk jurusan favorit di rumpun ilmu sosial. Sebagai salah satu ilmu yang praktikal, jurusan ini menarik minat banyak pelajar. Banyak yang merasa bahwa para lulusan hukum akan mudah mendapatkan karir, baik di bidang industri, pemerintahan, maupun organisasi non pemerintah.

Dimana jurusan hukum terbaik di Jepang berada?

Temukan jawaban lengkapnya di artikel ini, Kawan Rantau.

Ingin mengetahui cerita lain di Kyoto?