fbpx

Mengenal 2 Universitas Terbaik di Singapura dalam Hasilkan Lulusan Siap Kerja

Apabila kita membicarakan universitas terbaik di Singapura, maka kita tidak bisa begitu saja mengabaikan keberadaan trio universitas prestisius di Negeri Singa tersebut. Ketiga universitas tersebut adalah National University of Singapore (NUS), Nanyang Technological University (NTU), dan Singapore Management University (SMU). Akan tetapi, ternyata berdasarkan QS Graduate Employability Rankings 2020, hanya dua universitas di Singapura yang masuk dalam pemeringkatan universitas terbaik dalam hasilkan lulusan siap kerja.

Kira-kira, universitas mana yang berhasil masuk pemeringkatan dunia tersebut? Berikut pembahasan kami selengkapnya.

National University of Singapore (NUS)

Universitas terbaik di Singapura dalam hasilkan lulusan siap kerja -  National University of Singapore
Sumber: law.nus.edu.sg

NUS berhasil membuktikan diri sebagai universitas terbaik di Singapura. Selain memiliki pencapaian akademis yang luar biasa, ternyata NUS juga peduli terhadap nasib para lulusannya. Maka dari itu, NUS pun berhasil meraih peringkat ke-24 dalam pemeringkatan QS. Hal ini menjadikan NUS sebagai universitas terbaik di Singapura dalam hasilkan lulusan siap kerja.

Misi utama dari NUS adalah mendidik para pemimpin untuk perusahaan besar Asia untuk masa depan. Para profesor yang mengajar di NUS berasal dari berbagai universitas di dunia, seperti Oxford, Harvard, dan juga MIT.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Forbes, persentase para lulusan NUS mendapatkan pekerjaan setelah lulus mencapai 94%. Hal ini diyakini merupakan hasil pembekalan di NUS yang tidak hanya berfokus pada bidang akademis semata, tapi juga soft skill seperti manajemen komunikasi yang harus diikuti oleh setiap mahasiswa NUS. 

Sejumlah jurusan terbaik yang ada di NUS adalah sebagai berikut:

  1. Teknik perminyakan
  2. Teknik sipil dan struktural
  3. Geografi
  4. Komunikasi dan kajian media
  5. Bisnis dan manajemen

Singapore Management University (SMU)

Universitas terbaik di Singapura dalam hasilkan lulusan siap kerja - SIngapore Management University
Sumber: law.smu.edu.sg

Apabila kamu mengira bahwa NTU yang akan menduduki peringkat kedua dalam daftar ini, maka sayang sekali perkiraan kamu tidaklah benar. Menduduki peringkat 201-250, Singapore Management University menjadi universitas terbaik kedua di Singapura dalam hasilkan lulusan siap kerja.

Untuk mendukung pencapaian tersebut, SMU menyediakan bimbingan karir yang mumpuni bagi mahasiswanya. Bahkan, para mahasiswa bisa mendapatkan pembimbing karir yang berdedikasi untuk masing-masing. Dalam bimbingan tersebut, mahasiswa akan diberikan panduan mengenai berbagai pengalaman di dunia industri secara mendalam.

Proses tersebut pada akhirnya membuat para lulusan SMU unggul dalam memahami dunia kerja. Selain itu, perlu digarisbawahi bahwa SMU memiliki kemitraan yang baik dengan sejumlah perusahaan besar di Singapura maupun dunia.

Sejumlah jurusan terbaik yang ada di SMU adalah sebagai berikut:

  1. Bisnis dan manajemen
  2. Akuntansi dan keuangan
  3. Ekonomi dan ekonometrika

Itulah pembahasan kami mengenai dua universitas terbaik di Singapura dalam hasilkan lulusan siap kerja, Kawan Rantau. Sebagai salah satu negara yang dekat secara geografis dengan Indonesia, Singapura telah menjadi negara favorit para mahasiswa. Tak heran apabila informasi mengenai universitas penghasil lulusan kerja terbaik akan terus dicari.

Baca juga jurusan-jurusan favorit yang bisa kamu pilih di Singapura.

For Your Information

Mengapa Singapura menjadi favorit pelajar Indonesia?

Lokasinya yang dekat serta kualitas dari pendidikan tingginya yang mumpuni menjadi sejumlah alasan.

Dimana universitas terbaik di Singapura dalam hasilkan lulusan siap kerja?

Baca pembahasan lengkapnya dia artikel ini, Kawan Rantau.

Ingin mengetahui cerita lain di Singapore?