fbpx

Mengapa Pergerakan Pelajar Internasional Dapat Terjadi?

Pada dasarnya, pergerakan pelajar internasional telah menjadi salah satu fokus kajian migrasi yang baru. Pembahasan mengenai topik ini pun terus berkembang. Kali ini, kami akan membahas lebih lanjut mengapa pergerakan pelajar internasional dapat terjadi.

Tentunya, topik mengenai pergerakan pelajar telah menjadi pembahasan secara akademis. Baik pembahasan geografi maupun migrasi memiliki fokus terhadap topik yang satu ini.

Munculnya pembahasan mengenai pergerakan pelajar internasional

Pergerakan pelajar internasional - bagian dari kajian migrasi
Sumber: qs.com

Awalnya, dalam kajian migrasi, pembahasan mengenai pergerakan pelajar asing disamakan dengan migran profesional dan terampil. Baru kemudian pada tahun 2000-an, pembahasan khusus mulai muncul.

Pada akhirnya, dipahami bahwa migrasi yang dilakukan oleh pelajar akan berbeda dengan migrasi yang dilakukan oleh migran profesional.

Keuntungan mendapatkan pendidikan internasional

Dalam tulisannya yang berjudul Geographies of International Education: Mobilities and the Reproduction of Social (Dis)advantages, Johanna L. Waters memaparkan perspektif kritis dari internasionalisasi pendidikan.

Menurut Waters, pendidikan formal memang akan memberikan keuntungan, meski hanya pada kelompok-kelompok tertentu. Dalam hal pendidikan internasional, maka individu tersebut bersama keluarganya akan mendapat keuntungan berupa akumulasi modal.

Akumulasi modal inilah yang akhirnya dapat berdampak pada pembentukan status keluarga dan generasi selanjutnya.

Mengapa seseorang memutuskan untuk melanjutkan kuliah di luar negeri?

alasan mengapa pergerakan pelajar internasional dapat terjadi
Sumber: pinterest.com

Dalam hal ini, Waters menjelaskan memang ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang memutuskan melanjutkan kuliah di luar negeri. Salah satunya adalah, kegagalan dalam sistem pendidikan domestik.

Akan tetapi, harus digarisbawahin bahwa yang dimaksud kegagalan ini dapat berbeda bagi setiap orang. Kegagalan tersebut dapat berarti ketidakmampuan dalam mengakses universitas dalam negeri, tidak tersedianya jurusan yang diinginkan, hingga mendapatkan penolakan dari institusi paling elite di dalam negeri.

Sejumlah pelajar di Inggris memilih untuk kuliah di luar negeri setelah gagal masuk ke Oxford atau Cambridge. Bagi mereka, institusi yang mampu mengungguli Oxbridge adalah institusi Ivy League di Amerika Serikat.

Hal lainnya yang mendorong seseorang untuk melanjutkan kuliah di luar negeri adalah keyakinan bahwa sistem pendidikan di negara lain lebih baik daripada di dalam negeri. Kemudian, mendapatkan perspektif lain di universitas di luar negeri juga menjadi faktor pendorong lainnya.

Pada akhirnya, motivasi untuk berkuliah di luar negeri memang bisa didorong oleh apa saja. Kesempatan bisa diraih dengan jalan apa saja. Asalkan selalu berusaha, maka berkuliah di luar negeri bukan sekadar mimpi.

Baca juga tips dan trik memilih jurusan yang tepat di luar negeri.

For Your Information

Apakah pergerakan pelajar internasional termasuk dalam kajian migrasi?

Awalnya, dalam kajian migrasi, pembahasan mengenai pergerakan pelajar asing disamakan dengan migran profesional dan terampil. Baru kemudian pada tahun 2000-an, pembahasan khusus mulai muncul.

Mengapa pergerakan pelajar internasional dapat terjadi?

Bacalah artikel ini untuk tahu jawaban lengkapnya.

Ingin mengetahui cerita lain di Cambridge?