Mengapa Masih Banyak Orang yang Ingin Dapatkan Gelar MBA?

Dewasa ini, banyak sekali orang-orang yang ingin melanjutkan studi mereka untuk dapatkan gelar Master of Business Administration (MBA). Tentunya, mendapatkan gelar ini menjadi salah satu satu langkah penting bagi seseorang yang menata karirnya di bidang bisnis. Akan tetapi, tiba-tiba saja muncul pernyataan, “apabila seseorang yang dropout bisa menjadi milyuner dan juga CEO, lalu siapa yang masih membutuhkan gelar MBA?”. Tentu pernyataan tersebut tidak semata-mata dapat dibenarkan. Kali ini, kami akan membahas mengapa pada akhirnya banyak orang yang ingin dapatkan gelar MBA hingga sekarang.

Dunia bisnis sangatlah kompetitif

Dapatkan gelar MBA
Sumber: topmba.com

Sebagai orang yang sama sekali belum pernah terjun ke dunia bisnis. maka mendapatkan gelar MBA menjadi satu hal yang bisa jadi langkah awalmu. Dengan memiliki gelar MBA, maka kamu bisa mendapatkan pengalaman yang berharga di bidang bisnis.

Lalu, kamu juga bisa mendapatkan bayaran yang setimpal setelah lulus. Bagaimanapun, dunia bisnis itu sangat kompetitif. Kalau kamu tidak memiliki pembeda dengan orang lainnya, maka kamu tidak akan bisa bersaing sepenuhnya. Memiliki gelar MBA akan menambah nilai dirimu sebagai seorang profesional di dunia bisnis.

Mengembangkan kemampuan

Sumber: togambaconsulting.com

Dengan berkuliah di jurusan ini, maka akan banyak kemampuan kamu yang akan diasah. Meskipun setiap sekolah bisnis memiliki kurikulum yang berbeda-beda, kompetensi yang diajarkan kurang lebih sama. Berikut adalah beberapa kemampuan yang secara langsung maupun tidak yang diajarkan:

  • Meningkatkan kemampuan memimpin dan mengatur orang.
  • Kemampuan untuk mengembangkan, mengiklankan, dan menjual produk atau jasa.
  • Mampu membangun jejaring atau kemitraan dengan pihak yang dibutuhkan.
  • Menyiapkan kamu menghadapi situasi yang sulit, seperti krisis finansial.
  • Mampu mengumpulkan, mengintrepretasi, dan membuat laporan berdasarkan data.

Dengan berkuliah di jurusan ini, kamu akan dipaksa keluar dari zona amanmu. Mengapa demikian? Karena kamu harus mampu memahami tren bisnis internasional terbaru, menerapkan alat serta teknik manajemen terbaru, serta kamu akan ditantang untuk meningkatkan bisnis, tim, serta kolaborasi yang telah kamu miliki.

Ingin membuat bisnis sendiri

Dapatkan gelar MBA
Sumber: nerwallet.com

Banyak pelajar yang memilih MBA karena mereka ingin menjadi seorang wirausaha sehingga perlu belajar dari awal untuk mengembangkan bisnis. Banyak dari mereka yang berkeinginan untuk mewujudkan mimpi mereka menjadi kenyataan.

Ketika menjalani kuliah MBA, maka para dosen yang akan temui akan membagikan pengalaman mereka saat merintis bisnis. Akan ada hal-hal yang seharusnya kamu hindari dan juga harus kamu lakukan supaya bisnismu tetap berkembang dan stabil keadaanya.

Akan tetapi, yang harus kamu ingat, kamu harus bisa memanfaatkan seluruh pelajaran yang kamu dapatkan untuk bisa menciptakan bisnis yang unik. Bagaimanapun, tidak hanya kamu saja yang ingin menciptakan bisnismu sendiri.

Di mana saya bisa mendapatkan gelar MBA terbaik?

Amerika Serikat masih menjadi rumah sekolah bisnis terbaik di dunia. Akan tetapi, tidak berarti universitas di negara lainnya tidak memberikan kualitas yang sama. Berikut beberapa universitas yang tawarkan gelar MBA terbaik di dunia:

Harvard Business School. Sumber: news.harvard.ed/Jenna Lang.
  1. Stanford University, Amerika Serikat
  2. Harvard University, Amerika Serikat
  3. London Business School, Inggris
  4. HEC Paris, Perancis
  5. ESSEC Business School, Perancis
  6. University of British Columbia, Kanada
  7. Melbourne Business School, Australia
  8. Peking University, China
  9. National University of Singapore, Singapura
  10. INSEAD, Singapura

Dengan mendapatkan gelar MBA, maka kamu memiliki nilai tambah saat akan berkompetisi di dunia bisnis. Keseluruhan alasan di atas adalah sedikit banyak penjelasan mengapa masih banyak orang yang ingin mendapatkan gelar MBA.

Sebagai tambah referensi, kamu juga bisa membaca daftar sekolah bisnis terbaik di Asia.

Apa itu MBA?

MBA atau Master of Business Administration merupakan jurusan yang tepat bagi orang-orang yang ingin memulai karir di bidang bisnis.

Di mana saya bisa dapatkan gelar MBA terbaik?

Beberapa universitas di Amerika Serikat masih menjadi unggulan, seperti Stanford University dan Harvard Universiti. Untuk Asia sendiri, ada Peking University dan juga National University of Singapore.

Mengapa saya harus mendapatkan gelar MBA?

Satu jawaban paling tepat karena dunia bisnis itu sangat kompetitif. Untuk alasan lainnya, silakan baca artikel ini untuk mendapatkan gambaran lebih jauh.