fbpx

Mengapa Kuliah di Spanyol Tergolong Murah di Eropa?

Apabila kamu ingin kuliah di Eropa tapi tak ingin mengeluarkan biaya yang cukup mahal, maka kamu harus mempertimbangkan Spanyol sebagai pilihan. Spanyol telah menjadi salah negara yang populer untuk para turis dan juga mahasiswa internasional. Biaya kuliah yang murah, cuaca yang hangat, dan juga budaya yang unik menjadi beberapa faktor menarik untuk bersekolah di Spanyol.

Apakah kamu penasaran bagaimana caranya supaya bisa kuliah murah di negeri matador ini? Terus baca artikel ini supaya kamu jauh lebih tahu.

Tentang Tuition Fee

Kuliah Murah Spanyol
Sumber: centromundolengua.com

Meskipun Spanyol tidak menerapkan sistem no tuition fee seperti di Jerman, dapat dibilang kalau biaya perkuliahan di negara ini cukup terjangkau. Di Spanyol, ada kurang lebih 70 institusi pendidikan tinggi yang tersedia. Untuk universitas negeri, besarnya tuition fee diatur oleh masing-masing Autonomous Community. Hal ini akan bergantung pada masing-masing wilayah.

Kebanyakan, biaya kuliah di universitas negeri di Spanyol berkisar pada EUR 150-3,500 untuk program sarjana dan juga magister. Sedangkan, untuk universitas swasta, biaya yang harus kamu keluarkan tidak akan lebih dari EUR 20,000 per tahunnya.

Manakah jurusan yang paling murah?

Tidak dapat dipungkiri bahwa besarnya tuition fee akan bergantung dengan jurusan apa yang kamu ambil. Tentu kamu pernah mendengar bahwa jurusan kedokteran biasanya menetapkan tuition fee yang jauh lebih besar.

Di Spanyol sendiri, ada beberapa jurusan yang memiliki tuition fee cukup rendah. Untuk program sarjana, kamu bisa mempertimbangkan untuk memilih jurusan hukum, teknik, ilmu sosial, maupun fisika. Kemudian, untuk program magister, ilmu sosial, humaniora, biologi, dan kimia bisa menjadi pilihanmu.

Rata-rata tuition fee di universitas populer di Spanyol

Universitat Internacional de Catalunya. Sumber: uic.es

Berikut beberapa biaya perkuliahan dari universitas-universitas yang cukup populer di Spanyol. Biaya perkuliahan dari universitas ini beragam karena tergantung dari universitas, jenis jurusan, dan juga kewarganeraan yang kalian miliki.

Di Spanyol, kalian bisa memilih banyak sekali jurusan dari berbagai bidang, mulai dari seni dan literatur hingga sains dan teknik–tentunya dengan biaya yang sangat murah. Selain biaya kuliah yang murah, biaya hidup di Spanyol tidak akan setinggi di negara-negara Eropa lainnya seperti Perancis dan Inggris.

Kamu juga bisa membaca ulasan kami tentang Italia yang jadi negara pusat belajar fashion dan seni di tahun 2020.

For Your Information

Di mana saya bisa kuliah murah di Eropa?

Eropa memang menjadi salah satu pusat pendidikan tinggi yag menjadi tujuan favorit para mahasiswa. Apabila kamu ingin kuliah murah di Eropa, coba pilihlah Spanyol sebagai negara tujuanmu.

Mengapa kuliah di Spanyol tergolong murah?

Biaya perkuliaha di universitas-universitas yang ada di Spanyol telah diatur sedemikian rupa sehingga menjadi lebih terjangkau. Lalu, biaya hidup di negara ini tidak setinggi di negara lainnya di eropa.

Di universitas mana saja saya bisa berkuliah di Spanyol?

Baca artikel ini untuk mengetahui ulasan kami lebih lanjut tentang kuliah murah di Spanyol.

Ingin mengetahui cerita lain di Madrid?