fbpx

Mengapa Kamu Harus Memilih Sekolah Bisnis di China dan Hong Kong?

Amerika Serikat dan Eropa telah menjadi kawasan tujuan umum para pelajar internasional untuk sekolah bisnis. Akan tetapi, tidak ada salahnya bagi kamu untuk mempertimbangkan sekolah bisnis yang ada di China dan Hong Kong.

Sebagai perekonomian terbesar kedua di dunia dan China menjadi salah satu bahasa yang paling dituturkan, maka menempuh studi di China dan Hong Kong sangatlah tepat bagi kamu yang ingin sukses berkarir di bidang bisnis.

Berikut merupakan alasan-alasan mengapa kamu harus mempertimbangkan untuk sekolah bisnis di China dan Hong Kong.

Sekolah bisnis terbaik

Sumber: pimnetwork.org

Selama beberapa tahun terakhir, sekolah bisnis di China dan Hongkong secara konsisten terus merangkak naik dalam pemeringkatan dunia. Berdasarkan QS Global MBA Rankings Asia 2019, China Europe International Business School (CEIBS) dan University of Hong Kong masuk ke dalam tiga institusi terbaik dalam menawarkan program MBA penuh waktu di Kawasan Asia.

Lalu, menurut The Economist, ketika Financial Times pertama kali merilis daftar 100 program MBA terbaik di dunia pada tahun 1999, tidak ada sama sekali sekolah bisnis di Asia yang masuk. Akan tetapi, sekarang ini, terdapat 9 sekolah bisnis China yang berhasil masuk ke dalam daftar tersebut. Bahkan, mereka juga mendapatkan akreditasi triple crown, sama seperti sekolah bisnis lainnya di Amerika, Belgia, maupun Inggris.

Dalam pemeringkatan Financial Times’ Global MBA Ranking 2020, CEIBS dan HKUST Business School berhasil menduduki peringkat ke-5 dan 19. Kemudian, dalam daftar 50 besar, kamu bisa menemukan Fudan University School of Management, Shanghai Jiao Tong University, Antai, Renmin University of China Business School (RMBS), Shanghai University of Finance and Economics, College of Business, dan CUHK Business School.

Biaya yang terjangkau

Tentunya, salah satu faktor penentu dalam memilih sekolah bisnis adalah masalah biaya. Dengan kualitas pendidikan yang setara, maka China dan Hong Kong berhasil memberikan keuntungan yang sangat dibutuhkan pelajar internasional. Dibandingkan dengan biaya perkuliahan di Amerika dan Eropa, biaya perkuliahan di China dan Hong Kong jauh lebih terjangkau.

Sebagai contoh, Biaya MBA bagi pelajar internasional di Renmin University of China Business School pada tahun 2019 mencapai RMB178.000 (US$26.000). Kemudian, biaya MBA di HKUST Business School dapat mencapai US$105.000.

Sedangkan, biaya MBA rata-rata di Amerika dapat mencapai US$123.000 dan US$118.1000 di Eropa.

Tidak diragukan lagi, China dan Hong Kon menawarkan biaya yang lebih terjangkau dibandingkan dua kawasan lainnya.

Kesempatan kerja

Sumber: cnbc.com

China merupakan rumah bagi sejumlah pusat keuangan global dan korporasi terkenal di dunia, termasuk ByteDance, Huawei, dan Alibaba. Otomatis, kesempatan kamu untuk berkarir di perusahaan raksasa dunia tersebut dapat terbuka dengan lebar. 

Sejumlah kota besar di China daratan pada dasarnya masuk ke dalam top 100 list  in the 27th edition of the Global Financial Centers Index. Beberapa kota yang masuk ke dalam daftar tersebut adalah, Shanghai, Beijing, Shenzhen, Guangzhou, Chengdu, Hangzhou, Qingdao,dan Tianjin.

Diperkirakan, reputasi dari sekolah bisnis di China dan Hong Kong ini akan terus meningkat. Bagaimanapun, minat para pelajar untuk menempuh studi di Asia juga semakin besar meskipun pandemi COVID-19 melanda. 

Bagaimana dengan kamu, Kawan Rantau? Apakah kamu tertarik untuk menempuh studi bisnis di kedua negara ini?

Baca juga mitos dan fakta soal sekolah bisnis yang harus kamu tahu.

For Your Information

Apa keuntungan kuliah bisnis di China dan Hong Kong?

Kamu bisa mendapatkan pilihan sekolah bisnis yang terjangkau dengan kualitas pendidikan yang setara dengan sekolah bisnis di kawasan lainnya.

Apakah saya bisa mendapatkan pekerjaan setelah lulus dari sekolah bisnis di China dan Hong Kong?

Tentu saja bisa. Bagaimanapun, China dan Hong Kong telah menjadi salah satu pusat perekonomian dunia.

Ingin mengetahui cerita lain di Beijing?