fbpx

Menangani Isu Rasisme Harus Jadi Prioritas Universitas

Pada dasarnya, setiap universitas di dunia harus secara serius menangani isu rasisme yang ada. Dengan demikian, langkah strategi yang mereka ambil harus berdasarkan prinsip kesetaraan dan keberagaman. Menangani isu rasisme ini tak kalah penting dengan upaya universitas mempertahankan peringkat mereka dalam sistem pemeringkatan yang ada, maupun upaya mereka mendapat pendanaan.

Ciri universitas yang baik

Sumber: unsplash.com

“Kita harus memikirkan kembali apa yang kita pikirkan ketika kita memikirkan apa itu universitas yang hebat,” ujar Leslie M. Harrison, profesor Sejarah dari Northwestern University. Hal ini disampaikan oleh Harrisson melalui forum daring yang diselenggarakan oleh Times Higher Education pada 19 Juni 2020.

Protes anti-rasisme yang terus menggema akhir-akhir ini menjadi momen penting bagi semua pihak untuk berubah. Dalam artian, berupaya secara kreatif menciptakan universitas yang setara bagi semua.

Isu mengenai keberagaman ras haruslah mendapat porsi pemikiran dan perencanaan strategis dari pihak universitas. Bagaimanapun, menciptakan lingkungan yang setara masih menjadi tantangan bagi berbagai universitas.

Pemahaman dari akar

Sumber: unsplash.com

Wayne Frederick selaku presiden dari Howard University menyatakan bahwa rasisme hadir secara sistemik. Dengan demikian, pemahaman mengenai isu ini seharusnya bisa disediakan oleh universitas sebagai intitusi akademis.

Penting bagi pihak uniersitas untuk mengkaji lebih lanjut program dan komitmen mereka untuk ikut andil dalam isu keberagaman dan dekolonisasi.

Profesor Olonisakin dari King’s College menyatakan bahwa, “tanpa mengetahui ketidakadilan historis, dan juga pola ketidakadilan pada akhir-akhir ini, kita tidak bisa meyakinkan masyarakat bahwa kita bisa bertanggung jawab untuk membuat perubahan.”

Kemudian, ia juga menamabhkan, “ketika kita ingin membangun lingkungan yang membuat setiap staf dan mahasiswa merasakan sense of belonging, maka jelas sasarannya adalah kurikulum. Bagaimanapun, kurikulum telaj menjadi jantung dari satu universitas.”

Pada dasarnya, pemfokusan terhadap kurikulum masih akan menemui benturan karena adanya kerangka yang diberikan oleh pemerintah. Akan tetapi, bukan tidak mungkin untuk mengupayakan komitmen terhadap isu ini.

Baca juga rekomendasi buku bagi kamu yang ingin mempelajari multikulturalisme lebih lanjut.

For Your Information

Bagaimana cara universitas menangani isu rasisme?

Salah satunya dengan menciptakan lingkungan sesuai dengan prinsip kesetaraan dan keberagaman.

Mengapa universitas harus menangani isu rasisme?

Karena universitas mampu mengubah pandangan masyarakat dan perubahan tersebut harus diolah dari akarnya. Baca penjelasan lengkapnya di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Amsterdam?