fbpx

Mari Mengenal Sekolah-sekolah Film Favorit di Dunia

Tanggal 30 maret tiap tahunnya diperingati sebagai hari film nasional. Nah, ternyata jurusan perfilman juga menarik untuk dikupas lebih lanjut. Banyak para mahasiswa Indonesia yang tertarik untuk mendalami jurusan ini. Berikut akan kami kupas sekolah-sekolah film favorit yang ada di berbagai belahan dunia.

American Film Institute (AFI)

sekolah film favorit - american film institute
Sumber: screenaustralia.gov.au

American Film Institute (AFI) merupakan sekolah film paling terkenal di Los Angeles, bahkan Amerika. Sepanjang tahun, banyak sekali festival dan juga acara yang diselenggarakan oleh AFI.

Selama kamu berkuliah di AFI, maka kamu bisa membuat empat film pribadi dan mendapatkan masukan langsung dari sang ahli. Sebagai contoh, kamu bisa mendapatkan arahan langsung dari Steve McQueen, sutradara 12 Years a Slave. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan arahan dari produser South Park, Anne Garefino dan juga sutradara Black Swan, Darren Aronofsky.

Toronto Film School

Sumber: smapse.com

Kalau membicarakan sekolah film favorit dan juga terbaik di Kanada, maka nama Toronto Film School akan menjadi salah satunya. Kurikulum yang diterapkan di Toronto Film School sangat beragam, mulai dari produksi televisi dan film, hingga dekorasi interior sebuah set.

Toronto Film School berfokus untuk menghasilkan lulusan dengan pengetahuan praktis yang dibutuhkan oleh industri perfilman.

London Film School

sekolah film favorit - london film school
Sumber: twitter.com

Sebagai salah satu sekolah film terkemuka di Eropa, London Film School hanya membuka program untuk mahasiswa pasca sarjana. Terletak di jantung kota London, London Film School telah berdiri sejak lebih dari 60 tahun yang lalu.

Meskipun jumlah mahasiswa London Film School hanya 220 orang, sekolah film satu ini tetap memberikan kesempatan bagi para mahasiswa internasional. Tercatat ada 30 mahasiswa internasional dari berbagai negara yang menjadi mahasiswa di London Film School.

La Femis

Sumber: letudiant.fr

Terletak di Paris, La Femis dikenal sebagai salah satu sekolah film terbaik di Paris. Program yang ditawarkan memang menggunakan bahasa Perancis. Akan tetapi, kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk melakukan pertukaran pelajar di institusi-institusi yang ada di Amerika Serikat seperti CalArts dan Columbia University.

Jumlah mahasiswa di universitas ini ada sekitar 200 orang dan 8% di antaranya merupakan mahasiswa internasional.

Korean Academy of Film Arts (KAFA)

sekolah film favorit - korean academy of film arts
Sumber: variety.com

Sekolah film yang terletak di Busan ini merupakan salah satu sekolah film terkemuka di Korea Selatan. Salah satu alumni dari KAFA yang terkenal adalah Bong-Joon Ho, sutradara dari Parasite dan juga Snowpiercer.

Telah berdiri sejak tahun 1984, KAFA telah memegang peran penting dalam industri perfilman nasional Korea.

Selain kelima sekolah film di atas, ada juga Beijing Film Academy, Lodz Film School, Vancouver Film School, CalArts, dan juga Los Angeles Film School yang bisa menjadi pilihanmu. Jadi, apakah kamu tertarik untuk mempelajari industri perfilman lebih lanjut, Kawan Rantau?

Kamu juga bisa membaca universitas pilihan di Amerika Serikat untuk dalami fotografi.

For Your Information

Di negara mana saya bisa kuliah perfilman?

Pilihan untuk belajar perfilman ada di mana-mana, Kawan Rantau. Banyak sekolah film tersedia di Amerika, Kanada, Inggris, Perancis, bahkan Korea Selatan.

Apakah saya bisa kuliah S2 perfilman di luar negeri?

Tentu bisa. Kamu bisa memilih London Film School yang hanya menyediakan program pasca sarjana.

Di mana sekolah film favorit di dunia berada?

Bacalah artikel ini untuk tahu jawaban lengkapnya.

Ingin mengetahui cerita lain di Busan?