fbpx

Mari Mengenal 5 Sekolah Arsitektur Terbaik di Dunia

Dokter, pilot, dan guru menjadi beberapa pekerjaan yang menjadi cita-cita kita semasa kecil. Begitu pula dengan arsitek. Apabila kamu masih ingin menjadi seorang arsitek, maka tak salah apabila kamu berkunjung ke halaman ini. Mengapa? Karena kami akan membahas 5 sekolah arsitektur terbaik di dunia.

Harvard University – Amerika Serikat

Harvard University - Sekolah Arsitektur Terbaik di Dunia
Sumber: Dezeen.com

Kajian Arsitektur di Harvard University masuk ke dalam Faculty of Arts and Science dengan konsentrasi Sejarah Seni dan Arsitektur. Nantinya, ketika kamu mengambil kajian ini, akan ada dua peminatan yang dapat kamu pilih selama menjalani kajian arsitektur, yakni:

  1. Sejarah dan teori. Dalam peminatan ini, kamu akan mempelajari kajian arsitektur, kota, lanskap, objek desain, ornamen, fotografi arsitektur, serta budaya material. Uniknya, semua hal tersebut akan kamu pelajari dari berbagai belahan dunia dan juga waktu yang berbeda.
  2. Kajian desain. Kalau untuk peminatan yang satu ini, kamu akan lebih memahami dimensi sosial dan estetika dari suatu arsitektur kontemporer, lanskap, kota, dan juga teritori.

ETH Zurich – Swiss

ETH Zurich - Sekolah Aristektur Terbaik di Dunia
Salah satu karya dari mahasiswa ETH Zurich. Sumber: arch20.com

Department of Architecture (D-ARCH) menjadi salah satu fakultas arsitektur yang paling mumpuni di dunia. Didorong oleh teknik pengajaran serta hasil penelitian dengan kualitas tinggi, membuat D-ARCH dari ETH Zurich menawarkan kajian arsitektur yang holistik.

Ketika kamu menjalani perkuliahan di D-ARCH ETH Zurich, maka kamu perlu menghabiskan waktu selama 6 semester untuk program sarjana dan 4 semester untuk program magister.

Untuk peminatannya sendiri, terdapat 5 institut yang berada di bawah naungan D-ARCH, yakni:

  1. Institute of Design and Architecture (IEA)
  2. Institute for the History and Theory of Architecture (GTA)
  3. Institute of Construction History and Preservation (IDB)
  4. Institute of Technology in Architecture (ITA)
  5. Institute of Landscape and Urban Studies (LUS)

Delft University of Technology – Belanda

Delft University of Technology - Sekolah Arsitektur Terbaik Dunia
Delft University of Technology. Sumber: en.wikipedia.org

Secara nasional dan internasional, Faculty of Architecture dari Delft University of Technology telah menjadi salah satu sekolah arsitektur terbaik di dunia. Selain menawarkan program sarjana dan pasca sarjana terbaik di bidang arsitektur, fakultas ini juga menawarkan disiplin terbaik lainnya termasuk arsitektur lanskap, perumahan, dan juga desain iklim dan keberlanjutan.

Kalau kamu ingin menjalani perkuliah progra sarjana arsitektur di universitas ini, maka kamu harus menempuh waktu perkuliahan selama 6 semester.

Massachusetts Institute of Technology (MIT) – Amerika Serikat

MIT - Sekolah Arsitektur terbaik di dunia
MIT. Sumber: dezeen.com

Keunikan dari Departemen Arsitektur, MIT adalah komitmen mereka dalam menciptakan budaya eksperimen untuk memperluas disiplin dan perubahan dunia. Dengan demikian, para mahasiswa didorong untuk memahami bahwa pembangunan lingkungan bisa dilihat dari kondisi budaya, teknologi, sosial, dan juga ekologinya.

Departemen arsitektur merupakan satu dari empat departemen awal yang ada di MIT. Hingga tahun 2019, departemen ini telah berumur lebih dari 150 tahun.

University College London, Inggris

UCL - Sekolah Aristektur terbaik di dunia
The Bartlett School of Architecture, University College London. Sumber: ucl.ac.uk

The Bartlett School of Architecture, University College London berhasil dinobatkan menjadi sekolah arsitektur nomer 1 di dunia. Telah berdiri sejak tahun 1841, UCL menjadi universitas di Inggris pertama yang membuka studi arsitektur.

Untuk program sarjana, kamu harus menghabskan waktu 3, 4, hingga 5 tahun untuk menyelesaikannya. Program-program yang bisa kamu temui di departemen ini adalah:

  1. Architecture
  2. Engineering & Architectural Design
  3. Architectural & Interdisciplinary Studies

Ternyata cukup beragam juga ya sekolah-sekolah arsitektur yang ada di dunia. Kamu tidak hanya bisa menemukannya di Amerika Serikat dan Inggris, tapi juga Belanda dan Swiss.

Kamu juga bisa membaca ulasan kami tentang Development Studies di Sussex University, sekolah kajian pembangunan terbaik di dunia.

For Your Information

Di negara mana saya bisa kuliah arsitektur?

Banyak sekali universitas-universitas di luar negeri yang menawarkan jurusan arsitektur terbaik di dunia, termasuk di Amerika Serikat, Swiss, Belanda, dan juga Inggris.

Apakah saya bisa kuliah S2 arsitektur di luar negeri?

Tentu bisa. Banyak sekali pilihan program S2 arsitektur yang bisa kamu pilih di luar negeri.

Di mana sekolah arsitektur terbaik di dunia berada?

Mari simak artikel berikut ini untuk tahu jawabannya lebih lanjut.

Ingin mengetahui cerita lain di Amsterdam?