fbpx

Malaysia Melarang WNI Masuk Negaranya, Apa Dampaknya bagi Pelajar?

Pada awal Agustus 2020, Education Malaysia Global Service (EMGS) mengumumkan bahwa para pelajar internasional diperbolehkan untuk masuk kembali ke Malaysia. Sedangkan, para mahasiswa baru yang akan memulai perkuliahan di Malaysia pada tahun ini belum bisa memasuki negara tersebut. Akan tetapi, tampaknya kebijakan tersebut berubah. Dilansir dari Bloomberg, Pemerintah Malaysia baru saja mengeluarkan kebijakan untuk melarang warga negara Indonesia (WNI) untuk masuk ke negaranya.

Pelarangan tersebu ternyata tidak hanya berlaku bagi Indonesia, tapi juga warga negara Filipina dan India. Apa yang sebetulnya terjadi? Berikut pembahasan lengkap kami.

Malaysia melarang WNI masuk

Sumber: malaymail.com

Terhitung 7 September 2020, Malaysia melarang warga Indonesia, Filipina, dan juga Indonesia untuk masuk ke negaranya. Pelarangan ini juga akan berdampak pada orang-orang yang memiliki izin tinggal dalam jangka waktu yang lama, yakni termasuk pelajar internasional dan juga ekspatriat.

Kebijakan tersebut disampaikan oleh Menteri Pertahanan Malaysia, Ismail Sabri Yaakob dalam konferensi pers yang digelar pada Selasa (25/08/2020). Pada dasarnya, Malaysia telah melarang kedatangan Paris sejak bulan Maret 2020.

Saat ini, Malaysia telah memperpanjang upaya pencegahan penyebaran pandemi hingga akhir 2020. Hal ini disebabkan oleh kenyataan bahwa virus COVID-19 masih secara aktif tersebar di seluruh dunia.

Alasan utama

Filipina yang diikuti oleh Indonesia memiliki jumlah terbesar untuk kasus COVID-19 di Kawasan Asia Tenggara. Sedangkan, India memiliki jumlah total hampir 4 juta orang yang terinfeksi. 

Dengan demikian, sampai waktu yang belum ditentukan, Pemerintah Malaysia akan terus mengawasi situasi ini. Kemungkinan, pelarangan ini bisa merambat ke negara lainnya apabila kasus penyebaran virus COVID-19 terus bertambah.

Dampak terhadap pelajar Indonesia

Sumber: twitter.com

Dengan berlakunya kebijakan ini, maka kebijakan sebelumnya yang memungkinkan pelajar untuk masuk ke Malaysia tidak akan berlaku. Jadi, kemungkinan para pelajar Indonesia yang berencana untuk melanjutkan kuliah di Malaysia tahun 2020 ini belum bisa untuk masuk ke Negeri Jiran.

Maka dari itu, pastikan terlebih dahulu mengenai aturan yang berlaku, Kawan Rantau. Jangan lupa untuk mengonfirmasi ke universitas yang kamu tuju mengenai mekanisme yang ada. Apakah memungkinkan untuk masuk ke Malaysia dan menjalani perkuliahan secara tatap muka.

Pada akhirnya, akibat pandemi COVID-19, banyak sekali pelaksanaan perkuliahan yang tidak dapat berjalan secara normal. Bahkan, pelaksanaan perkuliahan pada musim semi mendatang masih penuh ketidakpastian.

Baca juga pertimbangan apakah memungkinkan untuk melanjutkan kuliah di Asia ada tahun 2020.

For Your Information

Mengapa warga negara Indonesia dilarang masuk ke Malaysia?

Hal ini berkaitan dengan penyebaran COVID-19 di berbagai negara di dunia.

Apa dampak dari kebijakan tersebut?

Bagi para warga negara asing, meskipun yang memiliki izin tinggal, mereka juga tidak diperbolehkan untuk masuk ke Malaysia.

Ingin mengetahui cerita lain di Kuala Lumpur?