fbpx

Mahasiswa Westminster College Temukan Fosil Triceratops Berusia 66 Juta Tahun

Sekelompok mahasiswa S1 dari Westminster College, Missouri sedang melakukan perjalanan mengumpulkan fosil di Dakota Selatan. Pencarian mereka membawa hasil yang memuaskan. Setidaknya, para mahasiswa Westminster ini menemukan fosil kepala triceratops yang diperkirakan berusia 66 juta tahun.

Berawal dari penemuan tahun 2019

Profesor David Schmidt, pelopor tim penggalian fosil Westminster College.
Sumber: fultonsun.com

Pada tahun 2019, para mahasiswa yang didampingi oleh profesor paleontologi, David Schmidt melakukan perjalanan mengumpulkan fosil. Kemudian, seorang penjaga taman bertanya apakah mereka bisa mengidentifikasi lebih lanjut satu objek yang terlihat beberapa bulan sebelumnya.

Kelompok mahasiswa tersebut menyadari bahwa apa yang ditemukan mirip dengan tanduk dari triceratops. Akan tetapi, karena penelitian dan penggalian lebih lanjut membutuhkan izin secara legal, kelompok ini harus menunggu sampai tahun 2020.

Merupakan suatu kebahagiaan tersendiri bagi tiga mahasiswa Westminster College dan empat alumni mengikuti kegiatan penggalian tersebut. Penggalian dilakukan sejak bulan Juni dan kelompok tersebut menginap selama dua bulan di daerah tersebut. 

Mereka berupaya dengan keras untuk bisa menggali kepala dinosaurus tersebut sampai ke permukaan. Bahkan, mereka menamai fosil tersebut sebagai Shady, sesuai dengan Shadehill, kota terdekat dari lokasi tersebut.

Sebuah keberuntungan

Mahasiswa Westminster College temukan fosil berusia 66 juta tahun
Sumber: newstribune.com

“Selama kami terus menggali bagian dari tengkorak tersebut, saya masih tidak percaya,”ujar Schmidt kepada St. Louis Public Radio. “Saya berpikir, ‘ini tidak mungkin sebuah tengkorak. Seberapa beruntung saya? Hal itu mungkin hanya dapat terjadi pada sebagian kecil manusia di planet ini. Tidak mungkin saya menjadi salah satunya.

Akan tetapi, nyatanya penggalian tersebut memang menuai hasil yang luar biasa. Fosil hasil galian para mahasiswa ini kemudian dipindahkan ke Kampus Westminster dan akan digunakan sebagai bahan penelitian lebih lanjut.

Pada dasarnya, masih banyak sekali tulang-belulang dari triceratops di bawah tanah. Maka dari itu, Profesor Schmitt dan para mahasiswa Westminster College akan kembali pada musim panas mendatang untuk mengadakan penggalian fosil kembali.

Tentunya, penemuan ini akan menambah sumber pengatahuan dan penelitian bagi bidang paleontologi. Melakukan penggalian fosil dan berhasil menjaganya supaya tidak rusak bukanlah pekerjaan yang mudah. Maka dari itu, kita harus menghargai usaha yang telah dilakukan mahasiswa Wesmisnter ini.

Baca juga perbedaan dari jurusan antropologi dan arkeologi.

For Your Information

Bagaimana awal mula ditemukannya fosil oleh mahasiswa Westminster College?

Pada dasarnya, penemuan ini telah digadang sejak tahun 2019. Baca artikel ini untuk tahu jawaban lengkapnya.

Apa yang terjadi pada fosil yang telah ditemukan?

Sekarang ini, fosil tersebut dipindahkan ke Westminster College.

Ingin mengetahui cerita lain di South Dakota?