fbpx

Mahasiswa STEM Temui Kesulitan Ikuti Kuliah Daring

Perkuliahan daring telah menjadi tren baru di dunia pendidikan akibat pandemi COVID-19. Berdasarkan hasil survei, banyak siswa menyatakan bahwa pelaksanaan perkuliahan daring ternyata jauh lebih baik daripada yang dibayangkan sebelumnya. Akan tetapi, ternyata para mahasiswa STEM menemui kesulitan saat mengikuti kuliah daring.

Sisi positif dan negatif dari kuliah daring

Sumber: productschool.com

Di Belanda, mahasiswa menyatakan bahwa para dosen menjadi jauh lebih responsif ketika dihubungi, khususnya melalui surel. Kemungkian hal ini disebabkan oleh banyaknya waktu yang dihabiskan para dosen di depan komputer. Jadi, otomatis mereka bisa merespons surel jauh lebih cepat.

Akan tetapi, para mahasiswa menemui kesulitan untuk berkomunikasi dengan dosen ketika pelajaran dimulai. Ketika menjalani perkuliahan biasa, mahasiswa dapat menggunakan gerakan tubuh dan kontak mata untuk bertanya.

Akan tetapi, selama pelaksanaan kuliah daring, hal tersebut sulit dilakukan. Tidak mudah untuk langsung bertanya ketika pelajaran dimulai.

Tak mudah bagi mahasiswa STEM

Sumber: usnews.com

Salah satu kelompok mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam mengikuti kuliah daring adalah mahasiswa STEM. Tentunya hal ini disebabkan oleh banyaknya perkuliahan mereka yang seharusnya dilakukan secara praktik, suatu hal yang tidak bisa dilakukan secara daring.

Lalu, ada juga praktik di laboratorium yang seharusnya dilakukan oleh para mahasiswa STEM ini. Akan tetapi, karena ada kebijakan lockdown yang diterapkan, maka hal tersebut tidak dapat dilaksanakan. Maka dari itu, banyak juga yang khawatir bahwa masa perkuliahan mereka tertunda akibat pandemi.

Apalagi, permasalahan baru muncul karena biaya kuliah yang harus mereka keluarkan bisa jadi bertambah. Di tengah pandemi ini, tentu hal tersebut tidak mudah dihadapi.

Para mahasiswa pada akhirnya berharap bahwa ada solusi yang bisa ditawarkan untuk menjalankan perkuliahan daring ini, khususnya bagi para mahasiswa di bidang STEM.

Baca juga cara mahasiswa Indonesia di Italia dalam menghadapi lockdown akibat COVID-19.

For Your Information

Apakah pelaksanaan kuliah daring selalu lancar?

Sejauh ini pelaksanaan kuliah daring memang terus ditingkatkan kualitasnya. Meskipun demikian, masih ada mahasiswa yang mengalai kesulitan menjalani perkuliahan daring.

Apa kesulitan yang dialami mahasiswa STEM dalam menjalani kuliah dairng?

Baca pembahasannya di artikel berikut ini.

Ingin mengetahui cerita lain di The Hague?