fbpx

Mahasiswa Baru Tahun 2020 Tak Diizinkan Masuk ke Amerika Serikat

Dear, Kawan Rantau! Apakah kamu termasuk mahasiswa baru yang akan kuliah di Amerika Serikat tahun 2020? Sayangnya, kalau iya, kamu tidak akan diizinkan untuk masuk ke Amerika apabila universitasmu mengadakan perkuliahan secara daring.

US Immigration and Customs Enforcement (ICE) mengonfirmasi aturan terbarunya. “Pelajar non migran yang baru saja diterima pada 9 Maret tidak akan bisa masuk ke Amerika Serikat apabila keseluruhan perkuliahan diadakan secara daring.” 

Hingga saat ini, universitas-universitas di Amerika Serikat belum mengkonfirmasi lebih lanjut mengenai perencanaan perkuliahan untuk semester ke depan. Akan tetapi, sejumlah universitas seperti Harvard telah mengumumkan bahwa perkuliahan semester musim gugur akan diadakan secara daring.

Kasus COVID-19 di Amerika Serikat

Sumber: liputan6.com

Per tanggal 23 Juli, jumlah kasus COVID-19 terkonfirmasi di Amerika Serikat mencapai 4 juta, dengan penambahan 50.000-70.000 untuk beberapa hari terakhir.

Hal ini membuat pihak universitas kesulitan untuk mengadakan perkuliahan tatap muka. Kekhawatiran akan penyebaran COVID-19 antar siswa semakin besar.

Mempertimbangkan kembali

Para pelajar internasional yang mulanya akan mulai berkuliah di Amerika Serikat pada September ini, banyak yang mempertimbangkan untuk mengundur awal perkuliahan mereka menjadi bulan Januari. 

Bagi para mahasiswa S1, menjalani perkuliahan daring bukan suatu masalah besar. Mereka masih bisa merasakan untuk kuliah di Amerika Serikat selama tiga setengah tahun ke depan. Sedangkan, untuk pelajar pascasarjana, mereka lebih memilih memundurkan awal perkuliahan mereka. Waktu perkuliahan mereka yang singkat membuat mereka mempertimbangkan kembali awal mula perkuliahan mereka.

Sumber: undocumented.harvard.edu

Apalagi, ditambah fakta bahwa kemungkinan tidak akan ada perbedaan biaya perkuliahan meskipun para mahasiswa harus menjalani perkuliahan daring. 

Lalu, para mahasiswa baru ini juga khawatir apabila harus melakukan perjalanan ke negara berisiko tinggi seperti Amerika Serikat. Bagaimanapun, terdapat suatu ketidakpuasan internasional terhadap tindakan Amerika Serikat dalam menghadapi COVID-19.

Bagaimana dengan kamu, Kawan Rantau? Apakah kamu akan tetap memulai perkuliahanmu secara daring atau menundanya untuk semester ke depan?

Baca juga keputusan Trump yang batalkan kebijakan deportasi pelajar internasional setelah digugat Harvard dan MIT.

For Your Information

Mengapa mahasiswa baru 2020 tidak diizinkan masuk Amerika Serikat?

Hal ini berdasarkan aturan terbaru dari ICE yang mengonfirmasi bahwa para mahasiswa baru tidak dapat masuk ke Amerika Serikat apabila keseluruhan perkuliahan mereka dilaksanakan secara daring.

Bagaimana tanggapan dari mahasiswa?

Bacalah pembahasannya di artikel berikut ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Boston?