Kuliah di Tokyo, Kota Ramah Pelajar Nomor Dua di Dunia

Sebagai salah satu wilayah perkotaan paling padat di dunia, kemajuan Tokyo di berbagai aspek keilmuan memang tidak ada “matinya”. Terbukti, Tokyo dinobatkan sebagai salah satu QS Best Student Cities, dengan predikat kota ramah pelajar nomor dua di dunia pada tahun 2018.

Banyak faktor yang mendukung ibu kota Negara Jepang ini menjadi salah satu sasaran para mahasiswa internasional. Bagaimana pemerintah menyajikan kualitas hidup, ketersediaan lapangan kerja bagi lulusan perguruan tinggi, hingga tersedianya tenaga profesional pendukung merupakan tiga dari sekian banyak hal yang mendukung keberhasilan Tokyo sebagai tempat ramah pelajar.

Tokyo sebagai Best Student City tentu memiliki institusi perguruan tinggi bertaraf internasional yang sudah diakui. Berikut, kami akan rangkum lima pilihan universitas terbaik di Tokyo untuk kamu:

1. University of Tokyo

Sumber: Nikkei Asian Review

Sebagai universitas kekaisaran pertama yang didirakan pada tahun 1877, University of Tokyo semakin menunjukkan keunggulannya dengan menduduki posisi ke-22 di dunia versi QS Global World Ranking. Terdiri dari lima kampus yang terletak di lima distrik yang berbeda pula, Hongo, Komaba, Kashiwa, Shirokane, dan Nakano, University of Tokyo tetap mempertahankan sisi budayanya meski berada di tengah-tengah kota metropolitas dengan karakter urban yang beragam.

Keistimewaan lainnya, kampus ini telah dinobatkan sebagai “center of excellence” untuk tiga bidang penelitian baru oleh Kementerian Pendidikan dan Sains Jepang.

2.   Tokyo Institute of Technology

Sumber: Student Portal

Sebagai perguruan tinggi dengan moda utama penelitian dan sains, Tokyo Tech menduduki posisi ke -58 di dunia versi QS Global World Ranking. Sebagai universitas dengan tingkat hasil penelitian yang tinggi, Tokyo Tech juga menyediakan program sarjana dengan pengantar berbahasa Inggris, Global Scientists and Engineers Program (GSEP) untuk program Sarjana Teknik Transdisipliner dan International Graduate Programs (IGP) untuk program sains dan teknik.

3.   Waseda University.

Sumber: Nikkei Asian Review

Menduduki peringkat ke-196 di dunia versi QS Global World Ranking, Waseda University merupakan salah satu institut pendidikan tinggi terkemuka di Jepang yang paling global dengan lebih dari 5000 siswa internasional dari 100 negara. Didirakan dengan menjalankan tiga prinsip utama: kemandirian akademik, inovasi praktis, dan kewarganegaraan yang tercerahkan, Waseda University menghasilkan lulusan berupa tujuh perdana menteri serta pemimpin lainnya di berbagai bidang.

4. Keio University

Sumber: tgu.mext.go.jp

Keio University merupakan lembaga pendidikan tinggi swasta di Jepang yang saat ini menduduki peringkat ke-200 di dunia versi QS Global World Ranking. Seiring perkembangannya bersama lembaga pendidikan lainnya, Keio terus berusaha mempertahankan kualitas terbaik dari fakultas pendidikan dengan menyediakan fasilitas yang superlatif bagi mahasiswanya.

5. Tokyo Medical and Dental University

Sumber: CampusWish

Kampus yang bergerak di bidang kesehatan ini menduduki posisi ke-359 di dunia versi QS Global World Ranking dengan empat sistem pendidikan dan pascasarjana: Ilmu Kedokteran Umum dan Kedokteran Gigi, Ilmu Kesehatan, Ilmu Biomedis Divisi Pendidikan, dan Ilmu Biomedis Divisi Penelitian. TMDU memiliki visi tidak hanya melatih para profesional medis untuk membantu masyarakat tetapi juga memungkinkan para lulusan untuk menjadi peneliti dan pemimpin.

Jepang-terutama Tokyo-memang tidak tanggung-tanggung dalam memfasilitasi perkembangan sektor pendidikannya. Tinggal kamu, calom mahasiswa mau pilih kampus yang mana?