fbpx

Kupas Tuntas Tes TOEFL: Apa yang Harus Kamu Tahu

Menyiapkan diri untuk mengikuti tes TOEFL memang bukan perkara gampang. Berhubung hasil tes yang satu ini menjadi salah satu prasyarat untuk mendaftar ke perguruan tinggi di luar negeri, maka tuntutan mengikuti TOEFL menjadi jauh lebih berat. Akan tetapi, apakah sebenarnya TOEFL itu? Apa saja yang harus kamu persiapkan untuk mengikuti tes TOEFL? Apa saja jenis-jenisnya?

Berikut paparan kami selengkapnya.

Tentang TOEFL

Test of English as a Foreign Language atau TOEFL merupakan tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam menggunakan dan memahami bahasa Inggris di tingkat universitas.

Tes ini nantinya akan mengukur seberapa baik kamu dalam mengombinasikan kemampuanmu dalam membaca, mendengarkan, berbicara, dan menulis dalam bahasa Inggris. Tentunya, kemampuan tersebut akan berguna saat kamu mengikuti perkuliahan di universitas di luar negeri.

Siapa yang mendaftar tes TOEFL?

Test TOEFL memang umum digunakan untuk mendaftar di universitas. Akan tetapi, ada lebih dari 35 juta orang dari seluruh dunia yang mengambil tes TOEFL untuk mengukur kecakapan berbahasa Inggris mereka.

Orang-orang tersebut termasuk ke dalam kategori berikut ini:

  • Pelajar yang ingin melanjutkan studi di institusi pendidikan tinggi.
  • Kandidat penerima beasiswa dan sertifikasi
  • Pelajar dan juga pekerja yang sedang melakukan pendaftaran visa

Siapa yang menerima nilai tes TOEFL?

Nilai tes TOEFL memang diterima di lebih dari 11,000 universitas dan intitusi lainnya di seluruh dunia. Termasuk universitas-universitas yang ada di Australia, Kanada, Australia, Selandia Baru, Amerika, Eropa, maupun Asia.

Dengan demikian, dapat dibilang apabila kamu memiliki nilai tes TOEFL, kamu akan memiliki kesempatan lebih luas untuk melanjutkan studi di luar negeri.

Apa saja jenis tes TOEFL?

Ketika mendengar tes TOEFL, pasti kamu bertanya-tanya, apa itu TOEFL iBT dan juga ITP. Apa perbedaannya? Kali ini kami akan bahas satu-persatu.

Yang pertama akan kami bahasa adalah TOEFL iBT atau TOEFL internet-based test. Pada dasarnya, TOEFL iBT adalah satu-satunya TOEFL resmi yang diterima secara global dan hanya ETS saja yang merupakan penyelenggara resmi. Untuk detail pelaksanaan tesnya, kamu bisa melihat detailnya di gambar berikut ini:

Sumber: ets.org, diolah oleh Tim Rantau.

Untuk pelaksanaannya, akan ada waktu istirahat 10 menit di antara sesi Listening dan Speaking. Nilai tertinggi untuk tes TOEFL adalah 120 dan rata-rata nilai yang dibutuhkan untuk masuk perguruan tinggi adalah di atas 90.

Yang kedua, ada yang namanya TOEFL ITP atau institutional testing program. Dari namanya, jelas bahwa hasil tes yang satu ini hanya bisa digunakan terbatas. Maksimal skor untuk tes TOEFL ITP mencapai 677.

Biasanya, skor tes ITP ini digunakan untuk keperluan terbatas. Jadi kamu harus memperhatikan persyaratan skor tes kecakapan bahasa inggris mana yang kamu butuhkan.

Untuk pelaksanaannya, tes TOEFL ITP akan terbagi menjadi dua tingkat. Kamu bisa membaca detailnya melalui kedua gamabr di bawah ini:

Sumber: ets.org, diolah oleh Tim Rantau.
Sumber: ets.org, diolah oleh Tim Rantau.

Dengan kompleksnya tes TOEFL tersebut, maka kamu harus mulai bersiap dari sekarang, Kawan Rantau. Ayo persiapkan diri untuk mengikuti tes TOEFL sesegara mungkin. Kita tidak pernah tahu kapan kita betul-betul bisa mendapat kesempatan untuk kuliah di luar negeri, bukan? Demikilan kupas tuntas tes TOEFL yang dapat kami sajikan.

Kamu juga bisa membaca tentang seluk beluk perbedaan GRE dan GMAT. Mana sih yang seharusnya kamu pilih?

For Your Information

Apa itu tes TOEFL?

Test of English as a Foreign Language atau TOEFL merupakan tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam menggunakan dan memahami bahasa Inggris di tingkat universitas.

Apa saja kemampuan yang dinilai saat mengikuti tes TOEFL?

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, ada sejumlah kemampuan yang diuji saat kamu mengambil tes TOEFL, yakni dari kemampuan reading, listening, writing, dan juga speaking.

Apa saja jenis-jenis tes TOEFL?

Temukan jawaban lengkapnya di artikel berikut ini ya, Kawan Rantau.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?