fbpx

Kupas Tuntas Jurusan Performing Arts, Jurusan Seni yang Kompleks

Secara umum, jurusan performing arts berbasis seni praktis atau akademis. Terkadang, sejumlah universitas juga mengombinasikan kerja praktis dengan analisis latar belakang dari suatu subjek. Dengan demikian, saat kamu mengambil jurusan performing arts, kamu akan mendapatkan pengajaran secara campuran, yakni pelatihan praktis dan perkuliahan biasa.

Kebanyakan jurusan performing arts akan memberi kamu pondasi untuk berbagai disiplin, sebelum kemudian kamu memilih spesialisasi. Umumnya, terdapat tiga cabang utama dari performance arts, yakni musik, tari, dan juga drama. 

Apa itu jurusan performing arts?

Sumber: thejakartapost.com

Performing arts atau seni pertunjukan merupakan bentuk aktivitas kreatif yang ditampilkan di depan penonton. Bentuk dari seni tersebut adalah musik, tari, dan drama. Jurusan yang berfokus pada seni satu ini memang dikenal sebagai salah satu jurusan yang kompleks karena sangat praktikal. 

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, akan ada banyak spesialisasi yang ada di jurusan ini, termasuk akting, tari, suara, teater fisik, teater musik, desain suara, dan video digital. Dengan demikian, ketika kamu mengambil jurusan ini, kamu bisa menemukan berbagai bentuk seni pertunjukan yang beragam.

Biasanya, perkuliahan performing arts akan memakan waktu tiga sampai empat tahun untuk tingkat sarjana. Hal tersebut tergantung dari universitas tujuanmu. Setelah lulus, kamu akan mendapatkan gelar Bachelor of Arts (BA) atau Bachelor of Performing Arts (BPA).

Siapa yang bisa masuk ke jurusan ini?

Pada dasarnya, untuk bisa menjadi seorang mahasiswa performing arts kamu tidak diharapkan memiliki jurusan yang linear. Akan tetapi, pada saat pendaftaran kamu diharuskan untuk menjalani audisi, baik secara langsung maupun virtual. Audisi yang diterapkan pun beragam, mulai dari audisi secara solo, kelompok, dan lainnya.

Apa yang bisa saya lakukan setelah lulus?

Sejumlah pekerjaan yang berhubungan langsung dengan jurusan ini adalah, aktor, pekerja seni kontemporer, penari, terapis musik, atau sutradara teater.

Akan tetapi, kamu bisa bernapas lega karena ada banyak sekali jenis pekerjaan yang bisa kamu lakukan dengan gelar yang kamu miliki. Sejumlah pilihan karir yang bisa kamu jalani adalah sebagai berikut, penulis naskah, manajer panggung teater, pendidik, maupun seorang presenter. 

Akan sangat penting bagimu untuk memiliki jejaring saat berkuliah performing arts. Kebanyakan, kesempatan kerja datang dari mulut ke mulut dibandingkan dari iklan. Maka dari itu, manfaatkan waktu berkuliah dengan baik dengan bergaul dengan banyak orang.

Jurusan-jurusan performing arts terbaik di dunia

Juilliard School. Sumber: whatcomtalk.com

Supaya kamu bisa mengikuti jejak para aktor dan aktris profesional seperti Tom Hanks yang menempuh studi teater di California State University atau Meryl Streep yang menempuh studi drama di Yale University, maka berikut merupakan daftar sekolah performing arts terbaik di dunia:

  1. Juilliard School, Amerika Serikat
  2. University of Music and Performing Arts Vienna, Austria
  3. Royal College of Music, Inggris
  4. Sibelius Academy, University of the Art Helsinki, Finlandia
  5. Hong Kong Academy for Performing Arts, Hong Kong
  6. Conservatoire national supérieur de musique et de danse de Paris (CNSMDP), Perancis
  7. University of Melbourne, Australia
  8. Norwegian Academy of Music, Norwegia
  9. McGill University, Kanada
  10. The Central Academy of Drama, China

Demikianlah pembahasan kami mengenai jurusan performing arts, Kawan Rantau. Pada dasarnya, jurusan satu ini memang merupakan jurusan seni yang kompleks. Akan tetapi, apabila kamu memang memiliki minat dan ketertarikan pada jurusan ini, kamu pasti menjalani perkuliahannya dengan baik.

Baca juga alasan-alasan mengapa kamu harus kuliah seni dan desain. 

For Your Information

Apa itu jurusan performing arts?

Jurusan performing arts merupakan jurusan yang berbasis seni praktis dan akademis. Jurusan ini menekankan pada aktivitas kreatif yang ditampilkan di depan penonton.

Apa yang akan dipelajari di jurusan performing arts?

Sangat beragam, Kawan Rantau. Kamu bisa mempelajari seluruh seluk-beluk dari jurusan satu ini sembari mendalami salah satu spesialisasi, yakni di antara musik, drama, maupun tari.

Apa yang bisa saya lakukan setelah lulusan?

Temukan jawaban lengkapnya di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Helsinki?