fbpx

Kupas Tuntas Jurusan Arkeologi: Definisi hingga Prospek Karir

Pada dasarnya, jurusan arkeologi adalah kajian yang mempelajari manusia pada masa lalu maupun sekarang melalui peninjauan material yang ada. Dalam arkeologi, kamu bisa mempelajari fosil yang berusia jutaan tahun di Afrika, maupun gedung-gedung tinggi pada abad ke-20 di New York. Dengan demikian, dalam jurusan ini, kamu akan menganalisis peninggalan fisik dari kebudayaan masa lalu untuk memahami kebudayaan manusia secara menyeluruh.

Jenis-jenis kajian arkeologi

Jurusan arkeologi adalah jurusan yang menggabungkan geografi dengan sejarah
Sumber: online.norwich.edu

Arkeologi merupakan kajian yang melibatkan berbagai bidang, terutama geologi dan sejarah. Kebanyakan, para arkeolog akan berfokus pada satu kawasan atau topi tertentu di dunia. Spesialisasi tersebut pada akhirnya membuat seorang arkeolog mengembangkan keahlian mereka terhadap isu-isu tertentu.

Maka dari itu, jenis-jenis kajian arkeologi menjadi beragam. Sejumlah jenis kajian yang ada di jurusan arkeologi adalah sebagai berikut:

  1. Bioarchaeology, arkeologi manusia
  2. Zooarchaeology, arkeologi hewa
  3. Paleoethnobotany, tanaman kuno
  4. Lithics, peralatan bebatuan, dan lainnya.

Di seluruh dunia, metode arkeologi yang digunakan tidaklah berbeda. Akan tetapi, di sejumlah tempat seperti Amerika, arkeologi telah menjadi bagian dari antropologi. Sedangkan, di bagian dunia yang lain, arkeologi merupakan kajian independen atau bagian dari penelitian sejarah. Maka dari itu, biasanya terdapat kebingungan mengenai perbedaan antara antropologi dan arkeologi di kalangan pelajar.

Apa yang dipelajari?

Ketika kamu menempuh studi S1 untuk jurusan arkeologi, maka sejumlah topik yang akan kamu pelajari adalah, metode arkeologi, konsep-konsep dasar dalam arkeologi, arkeologi kebudayaan, serta metode lapangan dan laboratorium.

Di sisi lain, mata kuliah lain yang bisa kamu pelajari tergantung dari spesialisasi yang kamu pilih, meskipun sebagian besar akan berfokus pada sejarah kuno. Dalam hal geografi, maka mata kuliah yang dapat kamu temui akan tergantung dari wilayah yang kamu fokuskan, seperti Asia Tenggara, China kuno, Yunani dan Romawi Kuno, dan sebagainya.

Kemudian, kamu juga harus bersiap untuk mempelajari bahasa yang berhubungan dengan wilayah yang kamu fokuskan, seperti mandarin, sansekerta, latin, dan lainnya.

Apa yang bisa saya lakukan setelah lulus?

Salah satu prospek jurusan arkeologi adalah menjadi kurator museum
Sumber: in.pinterest.com

Para lulusan arkeologi biasanya dapat bekerja sebagai arkeolog profesional di museum maupun pusat konservasi. Sejumlah peran yang bisa kamu jalankan adalah kurator museum, kartografer, arsiparis, peneliti sosial, pemandu wisata, dan lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa menempuh karir di bidang yang masih berhubungan dengan arkeologi, seperti pendidikan, media, periklanan, maupun bekerja di sektor pemerintahan. Kemudian, ada juga lulusan arkeologi yang memutuskan untuk melanjutkan studi dan menjadi dosen ketika telah lulus.

Jurusan-jurusan arkeologi terbaik di dunia

Berdasarkan pemeringkatan dari QS World University Rankings by Subject 2020, berikut merupakan daftar universitas yang menyediakan jurusan arkeologi terbaik di dunia:

  1. University of Oxford, Inggris
  2. Durham University, Inggris
  3. Harvard University, Amerika Serikat
  4. University of California, Berkeley (UCB), Amerika Serikat
  5. Sapienza University of Rome, Italia
  6. Leiden University, Belanda
  7. Australian National University, Australia
  8. Eberhard Karls Universität Tübingen, Jerman
  9. Universite Paris 1 Pantheon-Sorbonne, Perancis
  10. Peking University, China

Nah, demikianlah pembahasan kami mengenai jurusan arkeologi, Kawan Rantau. Jurusan satu ini merupakan salah satu akar dari ilmu humaniora. Jadi, apabila kamu tertarik mempelajari sejarah dan juga geografi secara bersamaan, maka memilih jurusan arkeologi merupakan keputusan yang tepat.

Baca juga pembahasan mengenai Antropologi di UNAM, Meksiko, jurusan antropologi terbaik di Kawasan Amerika Latin.

For Your Information

Apa itu jurusan arkeologi?

Pada dasarnya, jurusan arkeologi adalah kajian yang mempelajari manusia pada masa lalu maupun sekarang melalui peninjauan material yang ada. Dalam arkeologi, kamu bisa mempelajari fosil yang berusia jutaan tahun di Afrika, maupun gedung-gedung tinggi pada abad ke-20 di New York.

Mengapa jurusan arkeologi sering dianggap sama dengan antropologi?

 Di sejumlah tempat seperti Amerika, arkeologi telah menjadi bagian dari antropologi. Sedangkan, di bagian dunia yang lain, arkeologi merupakan kajian independen atau bagian dari penelitian sejarah. Maka dari itu, biasanya terdapat kebingungan mengenai perbedaan antara antropologi dan arkeologi di kalangan pelajar.

Apa prospek karir dari lulusan jurusan arkeologi?

Temukan pembahasan lengkapnya di artikel ini, Kawan Rantau.

Ingin mengetahui cerita lain di Beijing?