fbpx

Kupas Tuntas 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Kuliah di Rusia

Menurut Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD), Rusia memiliki populasi paling teredukasi di dunia, bahkan mengungguli Kanada, Jepang, Israel, dan juga Amerika Serikat. Lebih dari setengah populasi warga di Rusia memiliki kualifikasi pendidikan tinggi. Kemudian, tercatat pula ada lebih dari 270.000 orang dari 168 negara yang memilih untuk kuliah di Rusia. Kali ini, kami akan mengupas lebih lanjut alasan mengapa kamu harus kuliah di Rusia.

1. Pendidikan universitas yang komprehensif

Lomonosov Moscow State University. Sumber: themoscowtimes.com

Di Rusia, kamu bisa mendapatkan pemahaman mendasar mengenai berbagai macam bidang ilmu pengetahuan. Akan tetapi, tidak dapat dipungkiri bahwa negara satu ini dikenal sebagai sekolah STEM terkuat di dunia.

Rusia memang dikenal sebagai tempat menempa para ilmuwan di dunia, baik di bidang matematika, fisika, kimia, geologi, teknik, dan lainnya. Pada akhirnya, jurusan-jurusan bidang STEM memang sangat menonjol di Negeri Beruang Putih ini.

2. Program studi yang beragam

Ketika kamu memilih untuk berkuliah di Rusia, maka kamu bisa memilih satu dari 741 universitas yang ada di 82 negara bagian di Rusia. Mulai dari Kaliningrad hingga Vladivostok, kamu bisa menemukan berbagai universitas pilihan di Rusia.

Kemudian, program studi yang ditawarkan oleh universitas tersebut pun sangat beragam. Meskipun bidang STEM mendominasi, jurusan lainnya baik di bidang seni, humaniora, maupun ilmu sosial juga bisa kamu temukan di Rusia.

3. Biaya yang terjangkau

Moscow. Sumber: masterstudies.com

Pada tahun 2020, biaya perkuliahan di universitas Rusia untuk program S1 penuh waktu membutuhkan biaya sebesar 83.000 rouble selama setahun (setara dengan Rp16.612.642,-). Biaya tersebut akan bergantung pada program studi apa yang diambil dan letak dari universitas itu sendiri.

Kemudian, biaya tertinggi untuk perkuliahan di salah universitas paling prestisius di Rusia mencapai 586.000 rouble selama setahun (setara dengan Rp117.289.258,-).

Apabila kamu mempertimbangkan untuk memilih universitas di luar Moscow dan St. Petersburg, maka kamu bisa mendapatkan biaya perkuliahan dan hidup yang jauh lebih terjangkau.

4. Kesempatan beasiswa

Rusia termasuk ke dalam daftar negara yang memberikan kesempatan bagi pelajar internasional untuk mendapatkan beasiswa, salah satunya adalah pembebasan biaya perkuliahan. Setiap tahunnya, Pemerintah Rusia menyediakan kuota beasiswa bagi pelajar internasional.

Sebagai contoh, pada tahun 2020, terdapat 15.000 kuota yang dialokasikan bagi pelajar internasional untuk mendapatkan pembebasan biaya perkuliahan tersebut.

Kemudian, Pemerintah Rusia juga menawarkan beasiswa penuh bagi para pelajar internasional berbakat yang menempuh studi di Rusia. Psst. Kamu tidak perlu melampirkan sertifikat TOEFL atau IELTS, lho!

5. Kesempatan untuk belajar bahasa Rusia

Sumber: aminoapps.com

Bahasa Rusia digunakan oleh lebih dari 260 juta orang di dunia. Kemudian, ada pula 10.5 juta orang yang mempelajari bahasa tersebut.

Pada dasarnya, universitas-universitas di Rusia membuka kelas persiapan Bahasa Rusia yang bisa dimanfaatkan oleh para pelajar internasional. Selain mempelajari bahasa Rusia, para pelajar juga akan belajar budaya dan juga sejarah dari Rusia itu sendiri.

Pada dasarnya, Rusia merupakan negara yang tepat dijadikan negara tujuan kuliah karena begitu kaya dengan berbagai hal. Kamu bisa menemukan berbagai macam iklim, kota penuh budaya, dan lainnya. 

Ada berjuta alasan mengapa harus kuliah di Rusia, Kawan Rantau. Akan tetapi, kapan lagi kamu bisa tinggal dan belajar di tempat para musisi, seniman, dan filsuf dunia berasal? Well, asal kamu tahu saja, Leo Tolstoy, Feodor Dostoevsky, Sergey Rakhmaninov, dan Pyotr Tchaikovsky merupakan para tokoh seni di dunia yang berasal dari Rusia.

Baca juga kisah Hartomy Akbar yang melanjutkan studi S2 di Kazan Federal University, Rusia.

For Your Information

Apa keunikan dari Rusia?

Menurut Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD), Rusia memiliki populasi paling teredukasi di dunia, bahkan mengungguli Kanada, Jepang, Israel, dan juga Amerika Serikat.

Mengapa harus kuliah di Rusia?

Temukan jawabannya di artikel berikut ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Moscow?