fbpx

Kumpulan Jurnal September 2020: Manajemen Air hingga Teori Musik

Bulan September 2020 telah hadir, Kawan Rantau. Bagi kamu yang merupakan pelajar, tentu mencari bahan bacaan menjadi satu kewajiban. Maka dari itu, berikut kami akan membagikan sejumlah kumpulan jurnal untuk September 2020.

Yang pasti, kumpulan jurnal ini bisa membantu kamu untuk menemukan pandangan baru di bidang akademis. Penasaran? Simak pemaparan kami lebih lanjut.

Development Studies

Sumber: earthprotect.com

“Alternative solutions for long missing streamflow data for sustainable water resources management,” International Journal of Water Resources Development

Penulis: Buket Mesta, O. Burak Akgun dan Elcin Kentel (Middle East Technical University, Turki)

Manajemen sumber daya air membutuhkan serangkaian data aliran sungai yang panjang. Dalam artikel jurnal ini, model FRB dikembangkan untuk merekonstruksi periode yang hilang dalam data aliran sungai harian, suatu masalah umum di negara berkembang. 

Dengan menggunakan masukan yang tepat, model FRB dapat digunakan untuk mengisi kekurangan dalam strategi manajemen perairan yang ada.

Kesehatan

Sumber: urbanupdate.in

“COVID-19: can it transform urban planning in Africa?,” Cities & Health

Penulis: Patrick Brandful Cobbinah (University of Melbourne, Australia), Michael Erdiaw-Kwasie (University of Southern Queensland), dan Ellis Adjei Adams (University of Notre Dame, Amerika Serikat)

Pandemi COVID-19 menimbulkan pertanyaan mengenai keefektifan dari praktik perencanaan urban di Afrika. Kemudian, hal tersebut juga menawarkan kesempatan bagi Afrika untuk merefleksikan lebih jauh mengenai protokol yang konstruktif untuk perencanaan yang dapat mendukung agenda kesehatan masyarakat.

Dalam artikel ini, terdapat tiga hal yang akan dianalisis, yakni: integrasi antara sektor informal ke dalam proses perencanaan formal, perencanaan regional, dan pertimbangan kesehatan umum dalam praktik perencanaan urban.

Seni

Sumber: en.wikipedia.org

“What Can Performance and Theory Teach Each Other?,” Journal of Musicological Research

Penulis: Andrew M. Friedman (Harvard University, Amerika Serikat) 

Akhir-akhir ini, teori musik sangat sedikit memiliki hubungan dengan pertunjukan. Entah karena memang mengabaikan sepenuhnya atau merendahkan hubungan di antara keduanya. Akibatnya, dialog di antara kedua domain tersebut, terutama pada abad ke-20 ini, lebih kepada monolog paternalistik yang tidak dapat dipahami.

Beruntungnya, sebuah pendekatan ulang muai digunakan untuk melihat kedekatan di antara kedua domain tersebut. Melalui artikel jurnal ini, Andrew M. Friedman mencoba untuk melacak kembali mengenai teori dan praksis sejak zaman Hellenic dan menggarisbawahi gagasan filosofis dan budaya yang membentuk pertunjukan sekarang ini. Selain itu, Friedman juga melakukan analisis pertunjukan untuk memperkuat gagasannya.

Pada akhirnya, Friedman menyimpulkan bahwa pendekatan baru yang ia tawarkan bisa menjadi salah satu cara untuk menginterpretasikan suatu pertunjukan.

Kumpulan jurnal untuk September 2020 tidak hanya terbatas dari ketiga jurnal di atas. Ada banyak sekali topik yang diangkat bulan ini, mulai dari dampak COVID-19, hingga pentingnya terapi emosi. Semoga, rekomendasi kami ini dapat membantu kamu ya, Kawan Rantau.

Baca juga rekomendasi buku untuk Kawan Rantau bulan September 2020.

For Your Information

Apakah ada jurnal mengenai COVID-19 pada bulan September 2020?

Ada, Kawan Rantau. Bahkan pembahasannya dikupas dari sudut pandang yang berbeda, yakni dari perencanaan urban.

Apa saja kumpulan jurnal yang bisa dibaca pada bulan September 2020?

Temukan jawabannya di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?