fbpx

Kumpulan Jurnal Oktober 2020: Mulai dari HIV, Turisme, hingga Mode

Tak terasa, kita sudah mendekati ujung tahun, Kawan Rantau. Tak terasa pula sudah hampir tujuh bulan kita tidak bisa keluar rumah dengan bebas karena pandemi. Untuk itu, berikut kami akan membagikan sejumlah kumpulan jurnal untuk Oktober 2020.

Kami berharap, kumpulan jurnal ini dapat menambah pengetahuanmu serta membantu kamu dalam perkuliahan. Simak ulasan kami selengkapnya berikut ini.

Kesehatan 

Sumber: qz.com

“Resilience, self-esteem, self-efficacy, social support, depression and ART adherence among people living with HIV in Sichuan, China,” AIDS Care

Penulis: Jing Wen (Sichuan University), Tsu-Pei Yeh (China Medical University), Hong Xie (Sichuan University), Xingli Yu (Southwest Medical University), Jian Tang (Southwest Medical University) dan Yanhua Chen (Southwest Medical University)

Orang-orang yang hidup dengan HIV harus mengalami konsekuensi secara fisik, psikologis, maupun sosial. Pada akhirnya, tantangan yang mereka hadapi terus meningkat secara signifikan. Dalam artikel ini, para peneliti mencoba untuk melihat hubungan antara ketahanan, kepercayaan diri, efikasi diri, dukungan sosial, depresi, dan juga terapi antiretroviral bagi orang dengan HIV. Penelitian ini dilakukan di Sichuan, China dari Mei sampai Agustus 2018.

Lingkungan dan keberlanjutan

Sumber: destinationthink.com

“Improving the resident-tourist relationship in urban hotspots,” Journal of Sustainable Tourism

Penulis: Huy Quan Vu (Deakin University), Birgit Muskat (Australian National University), Gang Li (Deakin University), dan Rob Law (Hong Kong Polytechnic University)

Jumlah turis yang sangat tinggi sering kali menjadi ancaman bagi turisme dan penurunan kualitas hidup dari warga lokal, khususnya di destinasi wisata urban yang atraktif. Sekarang ini, hanya terdapat sedikit sekali kajian yang menyajikan solusi masalah over-turisme ini. Maka dari itu, melalui artikel jurnal ini, tim peneliti berupaya memberikan potensi solusi yang didasarkan pada data analitik. 

Politik dan hubungan internasional

Sumber: time.com

“Is Vladimir Putin a strong leader?,” Post-Soviet Affairs

Penulis: Kenneth Wilson (Dongguk-University Seoul)

Seorang pemimpin yang kuat sering kali dianggap sebagai hal yang penting di dunia politik kontemporer. Vladimir Putin selalu menampilkan diri sebagai jenis pemimpin yang demikian. Dalam artikel ini, Wilson akan membahas apakah Putin merupakan pemimpin yang kuat, dalam artian mampu menggunakan power-nya untuk melakukan hal yang baik bagi Rusia. 

Analisis Wilson dimulai dengan melihat power yang dimiliki Putin sebagai pemimpin. Kemudian, Wilson juga akan menganalisis apakah power yang Putin miliki tersebut digunakan dalam mengatasi permasalahan pembangunan ekonomi dan lainnya.

Seni

Sumber: gq.com

“Exploring the Third Gender in Fashion: From Consumers’ Behavior to Designers’ Approach towards Unisex Clothing,” The Journal of Design, Creative Process & The Fashion Industry

Penulis: Aurore Bardey (London Metropolitan University), Judith Achumba-Wollenstein (London College Fashion) dan Park Chiu (London College Fashion)

Pakaian uniseks dapat didefinisikan sebagai pakaian yang dapat digunakan oleh laki-laki dan juga perempuan. Nyatanya, jenis pakaian ini lambat-laun telah menjadi mode baru. Proyek penelitian ini berfungsi untuk meninjau proses psikologi dibalik pakaian uniseks. Para penulis menggunakan pendekatan yang holistik untuk meneliti hal ini.

Teknik dan teknologi

Sumber: unsplash.com

“A note on independence in probability,” International Journal of Mathematical Education in Science and Technology

Penulis: Martin Griffiths (University of Essex)

Melalui artikel jurnal ini, Martin Griffiths mempertimbangkan dua pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa sarjana tahun pertama dalam statistika. Kala itu, pertanyaan yang diajukan menyangkut aspek kemandirian dari probabilitas. Gagasan tentang kemandirian memang cenderung tidak lebih intuitif dibandingkan dengan konsep probabilitas mendasar lainnya. Melalui bentuk diagram, Griffith mencoba memberikan solusi untuk pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Nah, itulah sejumlah jurnal yang dapat kamu manfaatkan pada bulan Oktober 2020. Semoga kumpulan jurnal ini dapat membantu kamu di kemudian hari.

Baca juga daftar jurnal ilmu sosial yang pasti kami perlukan ketika menjalani perkuliahan.

For Your Information

Apakah ada jurnal kesenian yang bisa saya baca pada bulan Oktober?

Ada, Kawan Rantau. Kali ini, Aurore Bardey, et.al., mengajak kamu memahami proses psikologis dibalik pakaian uniseks.

Apa saja jurnal yang dapat saya baca bulan Oktober 2020?

Temukan jawaban lengkapnya di artikel berikut ini, Kawan Rantau.

Ingin mengetahui cerita lain di Hong Kong?