fbpx

Kuliah STEM di Australia Jadi Lebih Murah Dibanding Seni dan Humaniora

Halo, Kawan Rantau! Apakah kamu sedang mempertimbangkan untuk melanjutkan kuliah di bidang STEM? Apabila iya, kamu bisa mempertimbangkan kuliah STEM di Australia. Mengapa? Karena Pemerintah Australia baru saja mengusulkan perombakan biaya universitas sehingga kuliah STEM akan jadi lebih murah dibanding kuliah humaniora.

Ingin tahu informasi lebih lanjut? Mari simak pembahasan berikut ini

Usulan pemerintah

Dan Tehan. Sumber: smh.com.au

Pemerintah Australia telah mengusulkan perombakan biaya universitas yang bertujuan pada penurunan biaya kuliah di bidang STEM. Sebaliknya, usulan pemerintah tersebut berdampak pula pada kenaikan biaya kuliah di bidang seni dan humaniora.

Tujuan dari pengusulan tersebut untuk meningkatkan kontribusi mahasiswa hingga 6%. Hal tersebut diharapkan dapat menciptakan lebih banyak tempat di universitas tanpa perlu meningkatkan pendanaan pemerintah.

Rencana ini disampaikan oleh Menteri Pendidikan Dan Tehan dalam pidatonya di National Press Club pada 19 Juni 2020.

Dampak bagi pelajar internasional

Sumber: gizmodo.com.au

Tentu perubahan kebijakan ini dapat memberikan dampak positif bagi para pelajar internasional, khususnya yang tertarik untuk melanjutkan kuliah jurusan STEM di Australia.

Di bawah perencanaan ini, maka jurusan agrikultur dan matematika yang biasanya membutuhkan biaya sebesar AUD $28.600, turun menjadi AUD $11.000. Hal ini berlaku pula untuk jurusan keperawatan, psikologi klinis, sains, kesehatan, arsitektur, teknologi informasi, dan teknik.

Di sisi lain, bagi para pelajar yang berminat untuk melanjutkan studi di bidang seni dan humaniora, biaya perkuliahan bisa meningkat dua kali lipat. Sebagai contoh, untuk jurusan sejarah atau cultural studies, biaya perkuliahan meningkat sebesar 113%.

Perombakan biaya perkuliahan ini didasarkan oleh prediksi Pemerintah Australia terhadap pertumbuhan industri selama lima tahun ke depan. Sederhananya, pemerintah Australia cenderung menginginkan lebih banyak lulusan di bidang kesehatan, sains, teknologi, dan konstruksi.

Perubahan biaya yang ada

Bagi kamu yang penasaran dengan perubahan biaya perkuliahan yang ada, berikut daftar perubahan biaya yang dilansir dari The Guardian Australia.

Jadi, bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah STEM di Australia, kamu bisa bernapas lega karena biaya dari perkuliahan ini akan menjadi lebih murah. Sedangkan, bagi kamu yang berminat pada bidang seni dan humaniora, bersiaplah denga biaya yang lebih mahal dari biasanya.

Baca juga pilihan kuliah MBA yang terjangkau di Asia.

For Your Information

Mengapa kuliah STEM di Australia jadi lebih murah?

Hal ini disebabkan oleh adanya perombakan biaya yang diusulkan oleh pemerintah Australia.

Mengapa Pemerintah Australia melakukan perombakan biaya perkuliahan?

Tujuan dari pengusulan tersebut untuk meningkatkan kontribusi mahasiswa hingga 6%. Hal tersebut diharapkan dapat menciptakan lebih banyak tempat di universitas tanpa perlu meningkatkan pendanaan pemerintah.

Apa dampak perombakan biaya ini pada pelajar internasional?

Bacalah artikel ini untuk mengetahui jawabannya lebih lanjut.

Ingin mengetahui cerita lain di Canberra?