fbpx

Kuliah Jurusan Teknik Perminyakan untuk Bisa Jadi Ahli Minyak dan Gas

Bidang teknik merupakan salah satu bidang studi yang sangat luas. Kamu bisa menemukan berbagai jenis penjurusan dalam bidang ini. Salah satunya adalah jurusan teknik perminyakan. Pada dasarnya, teknik perminyakan adalah bidang teknik yang banyak berfokus pada aktivitas yang berhubungan dengan produksi hidrokarbon, bisa untuk produksi minyak mentah ataupun gas alam.

Apa yang akan dipelajari?

Sumber: Youtube.com

Melalui jurusan teknik perminyakan, kamu akan diajak untuk menilai apakah sumber daya minyak dan gas yang ada di suatu tempat dapat mendatangkan keuntungan. Kamu akan mempelajari geologi dari wilayah yang akan digali dan dimanfaatkan sumber dayanya. 

Sebagai salah satu bagian dari STEM, maka kamu akan mendapatkan manfaat apabila kamu menguasai aljabar, trigonometri, dan kalkulus. Tak lupa, kamu juga harus menguasai biologi, kimia, dan juga fisika untuk lebih mudah memahami perkuliahan di jurusan ini.

Asal mula teknik perminyakan

Pada dasarnya, jurusan teknik perminyakan pertama pertama kali tersedia di University of Pittsburgh pada tahun 1915. Sejak saat itu, jurusan ini terus bekermbang dan tersedia di berbagai universitas di dunia.

Secara historis, para lulusan teknik perminyakan memiliki pendapatan yang sangat tinggi dibandingkan dengan lulusan teknik lainnya. Hal ini disebabkan oleh tingginya risiko pekerjaan yang mereka lakukan. Belum lagi, berbagai tempat pengeboran minyak akan berada jauh di lepas pantai. Maka dari itu, banyak pengorbanan yang menyertai para lulusan teknik perminyakan yang langsung bekerja di industri ini.

Jurusan teknik perminyakan terbaik di dunia

Sumber: eng.nus.edu.sg

Berdasarkan pemeringkatan QS World University Rankings by Subject 2020, berikut merupakan daftar sejumlah universitas yang menawarkan jurusan teknik perminyakan terbaik di dunia:

  1. National University of Singapore, Singapura
  2. University of Texas at Austin, Amerika Serikat
  3. Technical University of Denmark, Denmark
  4. Imperial College London, Inggris
  5. University of Adelaide, Australia
  6. University of Alberta, Kanada
  7. King Fahd University of Petroleum & Minerals, Arab Saudi
  8. Delft University of Technology, Belanda
  9. Politecnico di Torino, Italia
  10. Middle East Technical University, Turki

Demikianlah pembahasan kami mengenai jurusan yang paling diminati ini, Kawan Rantau. Ketika kamu lulus dari jurusan teknik perminyakan, maka kamu bisa mendapatkan seperangkat kemampuan yang sangat penting dalam berkarir. Selain mendapat kemampuan analitis, kamu juga diasah untuk menjadi pribadi yang kreatif, memiliki kemampuan interpersonal, matematika, dan menyelesaikan masalah dengan baik.

Baca juga perbedaan mendasar dari masing-masing jurusan teknik yang ada.

For Your Information

Apa itu jurusan teknik perminyakan?

teknik perminyakan adalah bidang teknik yang banyak berfokus pada aktivitas yang berhubungan dengan produksi hidrokarbon, bisa untuk produksi minyak mentah ataupun gas alam.

Apa keistimewaan dari jurusan teknik perminyakan?

Jurusan satu ini dikenal memiliki proyeksi pendapatan paling tinggi di antara jurusan teknik lainnya.

Apa saja universitas terbaik untuk jurusan teknik perminyakan?

Temukan jawaban lengkapnya di universitas berikut ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Adelaide?