fbpx

Kuliah Jurusan Matematika: Gerbang untuk Karir yang Luas dan Beragam

Dear, Kawan Rantau! Apakah kamu suka hitung-hitungan? Bagaimana kalau melanjutkan kuliah di jurusan matematika? Well, pada dasarnya, jurusan yang satu ini akan membuka gerbang ke berbagai jenjang karir. Mulai dari industri, perbankan, hingga asuransi. Apakah kamu penasaran dengan manfaat memilih jurusan matematika untuk kuliah? Berikut pembahasan kami selengkapnya.

Apa itu jurusan matematika?

Sumber: pexels.com

Jurusan matematika merupakan jurusan yang bisa memberikan pemahaman mengenai teori matematika dan penerapannya. Sejumlah universitas menawarkan jurusan yang satu ini sebagai progam BA atau BSc. Ada program yang memberikan pengetahuan secara umum, ada juga yang lebih terspesialisasi.

Jadi, apabila kamu tertarik untuk mengambil jurusan ini, maka kamu bisa melihat detailnya di masing-masing universtas yang kamu tuju.

Berapa lama waktu yang saya butuhkan untuk menyelesaikan kuliah jurusan matematika?

Untuk menyelesaikan kuliah di jurusan matematika, maka kamu akan memerlukan waktu 3-4 tahun. Hal ini tergantung dari program yang ditawarkan oleh masing-masing universitas.

Apa saja yang akan saya pelajari?

Sumber: pexels.com

Tentu apa yang kamu pelajari di jurusan ini akan berbeda di masing-masing institusi. Akan tetapi, pada tahun pertama, biasanya kamu akan diajarkan pengetahuan dan kemampuan matematika dasar. Baru kemudian kamu bisa mempelajari aspek lainnya lebih lanjut.

Program ini tidak hanya berfokus pada proyek individu, lho. Kamu juga bisa mendapatkan tugas untuk melakukan proyek berkelompok.

Sejumlah mata kuliah yang bisa kamu ambil ketika kuliah jurusan ini pun bisa beragam. Kamu bisa juga mempelajari topologi, teori coding, statistika, dan lainnya.

Apa yang bisa saya lakukan setelah lulus?

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, banyak sekali pilihan karir yang bisa kamu pilih. Kamu bisa bekerja di industri perbankan, akuntansi, konsultansi, pendidikan, atau penelitian pasar.

Jenis pekerjaan yang bisa kamu lakukan pun beragam, mulai dari analisis keuangan, pendidik, ahli statistik, atau akuntan.

Apabila kamu berminat untuk melanjutkan kuliah, kesempatan tersebut juga terbuka lebar. Banyak program MSc di bidang matematika yang bisa kamu pilih. Program lainya yang berhubungan juga bisa kamu pertimbangkan.

Di mana jurusan-jurusan matematika terbaik berada?

Selain MIT, University of Cambridge, maupun Stanford University, kamu juga bisa melanjutkan studi jurusan matematika di sejumlah universitas berikut ini. Kualitas pengajaran universitas berikut juga tidak kalah dibandingkan universitas lainnya.

  1. University of Tokyo, Jepang
  2. EPFL, Swiss
  3. University of British Columbia, Kanada
  4. Yale University, Amerika Serikat
  5. Tsinghua University, China
  6. University of Warwick, Inggris
  7. University of Michigan Ann-Arbor, Amerika Serikat
  8. Universite PSL, Perancis
  9. University of Melbourne, Australia
  10. University of Auckland, Selandia Baru

Demikianlah pembahasan mengenai jurusan Matematika, Kawan Rantau. Melalui jurusan ini, kamu bisa berkarir di bidang apa saja. Menarik, bukan?

Jangan lupa untuk mendalami lebih lanjut apa yang dimaksud dengan administrasi sosial, jurusan unik yang bisa kamu temukan di Universiti Malaya, Malaysia.

For Your Information

Apa itu jurusan matematika?

Jurusan matematika merupakan jurusan yang bisa memberikan pemahaman mengenai teori matematika dan penerapannya. Sejumlah universitas menawarkan jurusan yang satu ini sebagai progam BA atau BSc.

Apa yang akan saya pelajari dalam jurusan matematika?

Tentu apa yang kamu pelajari di jurusan ini akan berbeda di masing-masing institusi. Akan tetapi, pada tahun pertama, biasanya kamu akan diajarkan pengetahuan dan kemampuan matematika dasar. Baru kemudian kamu bisa mempelajari aspek lainnya lebih lanjut.

Apa manfaat yang bisa saya dapatkan dengan kuliah jurusan matematika?

Kamu bisa menemukan jawabannya di artikel berikut ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Auckland?