fbpx

Kuliah Jurusan Kedokteran di 5 Universitas Terbaik Belanda Berikut Ini

Belanda. Negara yang berada di Kawasan Eropa Barat ini memang memiliki kedekatan historis yang erat dengan Indonesia. Maka dari itu, tak heran apabila negara satu ini menjadi salah satu negara favorit untuk melanjutkan studi bagi para pelajar Indonesia. Kali ini, kami akan membahas lebih lanjut mengenai 5 universitas terbaik di Belanda untuk jurusan kedokteran.

Penasaran universitas mana saja yang termasuk ke dalam daftar ini? Berikut merupakan pembahasan kami selengkapnya.

1. University of Amsterdam

Sumber: bestageing.eu

Ketika membicarakan universitas terbaik di Belanda, maka kita tidak dapat begitu saja meninggalkan University of Amsterdam. Universitas yang berada di ibu kota Negeri Kincir Angin ini mendapatkan peringkat ke-30 dalam QS World University Ranking by Subject 2020 untuk jurusan kedokteran. Otomatis, University of Amsterdam menjadi universitas terbaik di Belanda untuk jurusan kedokteran.

Pada dasarnya, Fakultas Kedokteran dari UvA merupakan salah satu pusat akademis bidang kedokteran terkemuka di Belanda. Setidaknya, AMC memiliki tiga tugas utama, yakni sebagai berikut:

  • Memberikan pengobatan dan perawatan kepada pasien
  • Penelitian akademis untuk bidang kedokteran
  • Memberikan pendidikan kedokteran

Untuk bisa masuk ke Fakultas Kedokteran dari UvA kamu harus bisa menguasai Bahasa Belanda. Jadi, jangan lupa untuk mempersiapkan diri dalam tes Bahasa Belanda yang harus kamu jalani.

Di UvA, kamu bisa menemukan jenjang sarjana maupun magister untuk jurusan kedokteran. Untuk program sarjana, kamu akan menjalani perkuliahan selama tiga tahun.

2. Erasmus University Rotterdam

Sumber: amphora-project.eu

Menyusul di bawah University of Amsterdam, ada Erasmus University Rotterdam yang berada di peringkat ke-37. Universitas yang berada di Rotterdam. Meskipun terkenal sebagai sekolah bisnis dan ekonomi terbaik, Erasmus University Rotterdam juga memiliki jurusan kedokteran terbaik.

Jurusan kedokteran di Erasmus University Rotterdam termasuk ke dalam skema Erasmus University College (EUC). EUC sendiri merupakan program sarjana internasional yang tersedia di EUR. Tentunya, terdapat empat departemen utama yang ada di EUC, yakni ekonomi dan bisnis, humaniora, ilmu sosial dan behavioral, dan ilmu kehidupan.

Pre-Med menjadi salah satu program yang ditawarkan di EUC. Program ini pada dasarnya merupakan program yang berguna mempersiapkan kamu untuk masuk ke program pre-master di Erasmus Medical Centre (Erasmus MC), School of Medicine di St. George’s University, Grenada, atau program magister biomedis lainnya. 

Dengan mendapatkan gelar BSC dari EUC, maka kamu bisa masuk ke Erasmus MC Medical Master dengan lebih mudah.

3. Leiden University

Sumber: en.wikipedia.org

Ketika membicarakan universitas tertua di Belanda, maka kita harus menyebutkan Leiden University. Universitas yang berada di kota Leiden ini telah berdiri sejak tahun 1575. Berdasarkan pemeringkatan QS, jurusan kedokteran dari Leiden University berhasil menduduki peringkat ke 51-100.

Apabila kamu ingin menempuh studi kedokteran, maka kamu bisa memilih jenjang sarjana dan magister di program Kedokteran, Leiden University. Selama masa studimu, kamu akan belajar mengenai segala hal tentang tubuh manusia dan juga molekul serta sistem yang berada di dalam tubuh.

Pada dasarnya, pembelajaran kedokteran di Leiden akan dilaksanakan di Leiden University Medical Centre (LUMC). Dengan demikian pengajaran, penelitian, maupun perawatan pasien di pusat kesehatan tersebut akan saling terkait.

4. Maastricht University

Sumber: maastrichtuniversity.nl

Pilihan jurusan kedokteran terbaik lainnya di Belanda berada di Maastricht University. Dengan menjalani studi kedokteran di Maastricht, kamu akan mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi secara langsung dengan pasien dari awal perkuliahan. 

Sama seperti dengan jurusan kedokteran di universitas lainnya, durasi perkuliahan kedokteran di Maastricht memakan waktu tiga tahun. Akan tetapi, untuk bahasa pengantar, di Maastricht terdapat International Track in Medicine, jadi program akan dijalankan dalam Bahasa Inggris. 

Maastricht University termasuk universitas yang menekankan pendekatan praktis dalam setiap pengajaran yang diberikan. Maka dari itu, ketika kamu lulus dari program sarjana kedokteran di Maastricht, kamu bisa langsung melanjutkan studi di program magister Kedokteran.

5. University of Groningen

Sumber: rug.nl

Universitas terakhir yang berada dalam daftar ini adalah University of Groningen. Sama seperti dengan Leiden dan Maastricht, jurusan kedokteran dari University of Groningen mendapatkan peringkat ke 51-100. Hal ini menjadikan University of Groningen menjadi salah satu universitas terbaik di Belanda untuk jurusan kedokteran.

Fakultas kedokteran dari University of Groningen merupakan sekolah kedokteran tertua kedua di Belanda. Sama dengan University of Groningen, fakultas kedokteran ini juga didirikan pada tahun 1614. Sejak Groningen University Hospital dirikan pada tahun 1797, rumah sakit dan fakultas kedokteran Groningen saling bekerja sama dengan baik.

Selain di kelima universitas di atas, jurusan kedokteran terbaik di Belanda juga bisa kamu temukan di Utrecht dan Radboud University. Dengan demikian, kamu memiliki banyak universitas pilihan untuk melanjutkan studi kedokteran di Belanda.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk melanjutkan studi di Negeri Kincir Angin, Kawan Rantau?

Baca juga program pra doktoral yang bisa kamu manfaatkan sebelum memutuskan kuliah PhD di Belanda.

For Your Information

Mengapa saya harus kuliah kedokteran di Belanda?

Kebanyakan universitas di Belanda menekankan pendekatan praktis dalam setiap pengajarannya. Hal ini akan membuat kamu bisa turun ke dunia kedokteran secara langsung.

Apa saja universitas terbaik di Belanda untuk jurusan kedokteran?

Temukan jawaban selengkapnya di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Amsterdam?